Olahraga

3 Pemain Asal Indonesia yang Sukses di Sepak Bola Amerika, Ada Kakak dari Gelandang Timnas

Jakarta, Ruangpers.com – Ada sejumlah pemain asal Indonesia yang sukses di sepak bola Amerika. Jika selama ini yang banyak diekspos adalah pemain yang berkiprah di Eropa, maka tidak heran jika belum banyak yang tahu sejumlah pemain asal Indonesia yang berkarier di Amerika.

Pemain sepak bola asal Indonesia yang bermain di Amerika memang belum banyak. Sebelumnya sempat ada beberapa nama yang memang pernah merumput di Benua Amerika.

Sebut saja seperti Jajang Mulyana yang sempat dipinjamkan ke klub asal Rio de Janeiro, Brasil, Boavista, saat dirinya masih berseragam Persita Tangerang bertahun-tahun silam.

Selain itu, ada juga Syamsir Alam yang pernah bermain bersama klub asal Uruguay, Penarol, pada tahun 2008-2009. Ia juga diketahui pernah membela klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat, DC United.

Sayangnya, keduanya tidak berkarier dalam waktu yang lama dan belum menorehkan prestasi yang berarti.  Kendati demikian, saat ini sebenarnya ada sejumlah talenta asal Indonesia yang meniti karier sepak bola di Amerika. Usia mereka masih muda dan masih sangat potensial untuk di panggil Timnas di kemudian hari kelak.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berikut 3 pemain asal Indonesia yang sukses di sepak bola Amerika yang dilansir iNews.id, Jumat (19/8/2022).

1.Donnie Leahy

Nama pertama pemain asal Indonesia yang berkiprah di Amerika adalah Donnie Leahy. Donnie Leahy diketahui merupakan striker kelahiran Banyuwangi dan sempat jadi perbincangan para pencinta sepak bola Tanah Air.

Pasalnya, penyerang berusia 20 tahun itu tampil gemilang di ajang NCAA atau kompetisi antar kampus bergengsi di Amerika Serikat. Penampilan Donnie Leahy di kompetisi Amerika Serikat bisa dibilang begitu impresif. Meski hanya di level universitas, Donnie Leahy berhasil meraih sejumlah prestasi individu.

Salah satu yang paling mentereng adalah gelar pemain terbaik sebanyak tiga kali untuk tim sekolah, hingga membuat namanya dilirik sejumlah kampus ternama Amerika Serikat. Melalui akun Instagram miliknya, Donnie Leahy menunjukkan kans ingin menjadi bagian Timnas Indonesia.

2.George Brown

Nama berikutnya adalah George Brown. Ia adalah kakak kandung dari punggawa Timnas Indonesia U-19, Jack Alan Brown ata Jack Brown. Gelandang berusia 22 tahun itu diketahui cukup impresif di Amerika. Khususnya ketika memperkuat tim kampus Ashland University di ajang Great Lakes Intercollegiate Athletic Conference atau GLIAC.

GLIAC adalah kompetisi atletik antar perguruan tinggi di daerah Barat Amerika Serikat yang berafiliasi dengan Divisi II NCAA (National Collegiate Athletic Association). George Brown menjadi pemain tumpuan tim dan berhasil membantu Ashland University meraih gelar juara pada akhir kompetisi.

Trofi Great Lakes Intercollegiate Athletic Conference atau GLIAC yang diterima George Brown pada tahun 2021 adalah gelar kedua sepanjang keikutsertaan George di kompetisi tersebut.

3.Welberlieskott de Halim Jardim

Dilansir iNews.id dari Sportstars, Jumat (12/8/2022), Welberlieskott adalah talenta muda kelahiran Banjarmasin 25 April 2007.

Ia terlahir dari pasangan Elisangelo de Jesus dan Lielyana Halim, wanita keturunan Banjar. Sang ayah adalah mantan pesepakbola profesional yang pernah merumput di Indonesia sebelum akhirnya memboyong keluarganya ke Sao Paulo. Nama Welber mulai santer menjadi sorotan sejak usianya masih 13 tahun, ketika media Brasil menyoroti bakatnya.

Welberlieskott de Halim Jardim menyita perhatian setelah media olahraga Brasil, Esporte Fantastico, mengangkat kisahnya dan menjulukinya sebagai Neymar dari Indonesia.

Melalui kanal YouTube, Esporte Fantastico mengulik kehidupan pribadi bocah berbakat keturunan Indonesia tersebut. Julukan sebagai Neymar dari Indonesia itu bukan asal-asalan.

Welber memang merupakan wonderkid dengan bakat mumpuni yang cukup mengesankan.  Di usianya yang belia, Welber telah menorehkan berbagai prestasi. Antara lain adalah menjuarai Dana Cup 2019 di Denmark dan Adidas Madewis Cup U-12 2019 di Perancis.

Selain itu, Welber juga pernah menorehkan prestasi di turnamen yang kerap disebut Piala Dunia anak-anak, Gothia Cup Swedia pada Juli 2019. Itulah 3 pemain asal Indonesia yang sukses di sepak bola Amerika. Tiga talenta muda tersebut patut menjadi incaran PSSI guna memperkuat Timnas Indonesia di masa depan.

 

Sumber : iNews.id

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

16 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

17 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

17 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

24 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

24 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

1 hari ago