Lintas Provinsi

4 Fakta Mengejutkan Temuan Boneka Mirip Jenglot di Kuburan

Luwu, Ruangpers.com – Mengejutkan, 5 boneka mirip jenglot ditemukan saat warga menggali kuburan. Penemuan boneka yang terbungkus kain kafan dan tertusuk jarum pentul itu terjadi di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Penemuan boneka mirip jenglot ini juga viral di media sosial. Bone itu tampak berwarna coklat dan dibungkus kain kafan. Boneka-boneka itu terlihat disimpan warga dalam sebuah kardus.

Warga yang ada dalam video viral menyebut boneka-boneka itu dipenuhi tusukan jarum pentul. Mulai kepala, mata, pipi, leher, hingga ke kaki.

Disebutkan pula penemuan boneka tersebut terjadi di Kecamatan Larompong, Luwu, pada Rabu (22/12).

1.Ditemukan Saat Gali Kubur

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kapolsek Larompong AKP Ramli, mengungkapkan pihaknya belum menerima laporan dari warga terkait penemuan tersebut. Namun demikian, Ramli mengaku sudah mendengarkan informasi dari masyarakat.

“Menurut keterangan yang saya dapat di masyarakat bahwa pada saat ada salah satu warga yang meninggal mau digali kubur, baru mungkin setengah galian kuburan itu, didapat itu barang,” kata Kapolsek Larompong AKP Ramli kepada detikcom, Kamis (23/12/2021).

Ramli menyebut penggalian kubur itu dilakukan di sebuah pemakaman di belakang Puskesmas Larompong. Hal itu berdasarkan informasi yang diterima Ramli dari warga.

“Yang mana (ditemukan) boneka ada beberapa dengan jarum-jarum pentul. Terus didapatkan juga BH, celana dalam,” beber Ramli.

Namun Ramli menegaskan penjelasan di atas masih sebatas informasi. Pihaknya tengah menindaklanjuti kebenaran di lapangan.

“Sementara kita tindak lanjuti informasi itu,” pungkas Ramli.

2.Boneka Dibakar

Setelah mendapatkan informasi lebih lanjut, Ramli mengatakan boneka itu dipercayai warga sebagai santet. Boneka mirip jengklot tersebut kemudian dimusnahkan.

“Sudah dimusnahkan dengan cara dibakar,” kata Ramli.

Ramli kemudian memastikan bahwa penemuan boneka mirip jenglot itu memang di pemakanan di belakang Puskesmas Larompong pada Rabu (22/12) kemarin. Penemuan itu terjadi sekitar pukul 15.00 Wita, saat warga menggali kubur.

“Awal mula warga sementara menggali kubur di mana adanya warga yang meninggal dunia akibat sakit,” kata Ramli.

3.1 Boneka Berbentuk Laki-laki, 4 Perempuan

Ramli menambahkan bahwa boneka mirip jenglot itu juga berbentuk jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Boneka itu dipenuhi tusukan jarum pentul.

“Adapun bentuk boneka yang ditemukan 1 boneka berbentuk jenis kelamin (serupa dengan) laki-laki, 4 boneka yang menyerupai perempuan yang dipenuhi dengan jarum pentul, dan 1 buah BH dan 1 buah celana perempuan,” katanya.

Sontak, penemuan tersebut menggegerkan warga setempat dan viral di media sosial. Warga juga sempat mengamankan lima boneka itu dengan menyimpannya ke sebuah kardus.

Kemudian pada Kamis (23/12), warga memutuskan membakar kelima boneka mirip jenglot tersebut karena diyakini warga sengaja dikuburkan untuk keperluan santet.

“Menurut kepercayaan warga, boneka tersebut dijadikan sebagai ilmu santet,” ungkap Ramli.

4.CD-Bra Wanita Ditemukan di Lokasi

Ramli menambahkan bahwa warga juga menemukan celana dalam (CD) dan bra wanita di lokasi boneka mirip jenglot itu ditemukan.

“Itu pada saat penggalian selain boneka ditusuk pentul memang ada juga celana dalam sama BH,” kata Ramli.

Penemuan boneka mirip jenglot itu dan CD serta bra wanita itu, kata Ramli, satu paket. Hal itu berdasarkan penuturan warga.

“Jadi semuanya satu paket menurut keterangan warga,” ungkap Ramli.

Warga sendiri mempercayai bahwa boneka dibungkus kain kafan penuh tusukan jarum pentul tersebut sebagai praktik santet, tak terkecuali celana dalam wanita dan bra tersebut.

“Semuanya (boneka-pakaian dalam wanita) dipercaya santet sama warga makanya kemarin semuanya dibakar sama mereka tanpa terkecuali,” beber Ramli.

 

Sumber : detik.com

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Polsek Perdagangan Evakuasi Jasad Purnawirawan TNI yang Meninggal di Pemandian Wisata Alam Indah

Simalungun, Ruangpers.com - Polsek Perdagangan - Polres Simalungun mengevakuasi penemuan jasad seorang pria yang meninggal…

3 jam ago

Beroperasi Besok, Tol Lima Puluh-Kisaran Gratis

Medan, Ruangpers.com - Jalan tol Indrapura-Kisaran seksi Lima Puluh-Kisaran akan beroperasi mulai besok. Untuk sementara…

4 jam ago

Polda Sumut Ungkap 386 Kasus Narkotika Dalam Dua Pekan, Polres Pematangsiantar Sumbang 8 Kasus

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polda Sumut telah mengungkap 386 kasus narkotika dalam dua pekan terakhir, menunjukkan…

4 jam ago

Kabupaten Humbang Hasundutan Terima Penghargaan Opini WTP 8 Kali Berturut-turut dari BPK

Medan, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) kembali menerima penghargaan atas pencapaian opini…

4 jam ago

Polda Sumut Sita Ratusan Kilogram Sabu dan 100.120 Butir Ekstasi

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Di era kepemimpinan Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, semakin…

4 jam ago

Cantiknya Air Terjun Sitimbulan Marancar, Cocok untuk Healing

Medan, Ruangpers.com - Tapanuli Selatan memiliki banyak objek wisata alam yang cocok dikunjungi saat libur…

10 jam ago