Lintas Provinsi

7 Fakta Tabrakan KA Brantas vs Truk di Semarang: Penumpang Kaget Kereta Rem Mendadak

Jakarta, Ruangpers.com  – Kereta Api (KA) Brantas dengan rute Jakarta-Blitar menabrak truk trailer di perlintasan Jalan Madukoro, Semarang, Jawa Tengah. Kecelakaan itu terjadi pada Selasa (18/7/2023) sekitar pukul 19:32 WIB.

Sempat terjadi ledakan ketika lokomotif kereta menabrak kepala truk. Walau begitu, tak ada korban jiwa dalam insiden itu, hanya satu penumpang mengalami luka ringan. Simak fakta tabrakan KA Brantas vs truk di Semarang berikut ini.

1.Kronologi Tabrakan KA Brantas vs Truk Trailer

Insiden KA Brantas jurusan Jakarta-Blitar menghantam truk terjadi pada Selasa (18/7/2023) malam sekitar pukul 19.32 WIB. Dalam video viral, terekam momen horor ketika kereta menyeruduk truk warna putih di Jalan Madukoro Raya, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Tampak posisi truk dengan nomor polisi B-9943-IG berhenti di tengah jalan perlintasan sebidang kemudian tertabrak KA Brantas. Truk itu terseret hingga jembatan jalur rel yang di bawahnya terdapat sungai. Seketika muncul ledakan keras disertai kobaran api.

Advertisement. Scroll to continue reading.

2.Penumpang Kaget Kereta Rem Mendadak

Salah satu penumpang KA Brantas, Suharyono menyampaikan momen ketika kereta yang dia tumpangi bersama ratusan penumpang lainnya melakukan pengereman tak wajar. Karena curiga terjadi apa-apa saat perjalanan, dia pun mengecek gerbong kereta yang berada di depan atau dimana masinis berada.

Saat dicek, Suharyono dikagetkan dengan kobaran api yang nyaris merambat ke lokomotif penumpang. Dia pun bersama penumpang lainnya langsung berkemas untuk turun secara darurat.

“Kaget tiba-tiba mengeremnya tidak seperti biasa, langsung mengerem mendadak dan ternyata nabrak kontainer,” ujar warga Kediri itu di lokasi tabrakan pada Selasa (18/7/2023).

“(Kepala) lepas sampe di bawah jembatan. Kepala truknya. Terus posisi saya pas kejadian ada di ekonomi 1,” sambungnya.

3.Nasib Sopir-Kernet Truk

Dalam kecelekaan itu, sopir dan kernet truk sudah turun ketika mengetahui kendaraannya mogok di tengah rel kereta api. Mereka sempat meminta tolong ke petugas palang pintu kereta.

 

“Sopir dan kernet sempat melompat, kan mobil mogok kemudian dia tinggal untuk meminta tolong ke petugas palang kereta api,” kata Kapolresta Semarang Kombes Irwan Anwar.

Irwan menegaskan truk itu tidak menerobos, tapi mogok ketika di tengah perlintasan. Dia mengatakan palang pintu belum tertutup ketika truk melintas. “Tidak nerobos, truk mogok di rel kereta. Belum (tertutup palang pintu saat melintas),” ujarnya.

4.Cara Masinis Selamatkan Diri

Manager Humas PT KAI Daop IV Semarang, Ixfan Hendri Wintoko mengungkap kondisi masinis dan asisten masinis KA Brantas yang mengalami kecelakaan. Berdasarkan keterangan di lokasi saat kejadian, masinis KA Branras langsung melompat ke sungai.

“Masinis berenang ke sisi barat sungai, sementara asisten masinis ke sisi timur sungai. Kondisi masinis dan asisten masinis selamat, serta para penumpang tidak ada yang terluka,” ungkap Ixfan.

5.Penumpang Luka karena Lompat

Dipastikan tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan KA Brantas dengan truk trailer itu. Walau begitu ada seorang penumpang terluka ketika lompat ke sungai untuk menyelamatkan diri.

“Untuk korban jiwa tidak ada dari kejadian ini. Namun ada satu terluka dari penumpang karena melompat,” ucap Kombes Irwan Anwar.

6.9 Perjalanan Kereta Terdampak

Akibat kejadian itu sejumlah perjalanan kereta terdampak. Tercatat ada 9 perjalanan kereta yang tertahan.

Kereta-kereta yang mengalami keterlambatan akibat kecelakaan KA Brantas antara lain KA 112 Brantas selama 87 menit, KA 178 Kamandaka selama 66 menit, KA 199F Kaligung selama 80 menit. Selain itu ada KA 111 Brantas selama 26 menit, KA 129 Gumarang selama 55 menit.

Kemudian KA 220 Kertajaya selama 27 menit, KA 20F Argo Merbabu selama 47 menit, KA 160 Joglosemarkerto selama 14 menit, dan KA 58 Brawijaya selama 6 menit.

7.Polisi Selidiki Kobaran Api

Sementara itu, polisi masih menyelidiki asal mula kobaran api dalam insiden tabrakan KA Brantas dengan truk. Sejauh ini sumber api masih belum bisa dipastikan. Walau begitu ada kemungkinan berasal dari bagian kepala truk trailer yang berisi bahan bakar minyak (BBM).

“Masih kita dalami penyebab kebakaran, apakah dari kepala tronton yang berisi bahan bakar minyak, kemungkinan dari situ,” ucap Kombes Irwan.

 

Sumber : Suara.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

15 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

16 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

16 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

23 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

23 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

23 jam ago