Lintas Provinsi

Aksi Heroik Prajurit TNI Gendong Warga Lumpuh untuk Ambil BLT

Solok, Ruangpers.com – Aksi heroik dilakukan Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu, Kodim 0309/Solok Sertu Osman Gumandra.

Dia menggendong warga lumpuh yang kesulitan menjemput BLT anggaran dana desa di Nagari Persiapan Pekonina Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat (Sumbar).

“Saya mendapatkan kabar dari warga, ada seorang warga yang mendapatkan BLT, namun mengalami lumpuh sehingga tidak bisa berjalan untuk menjemput bantuan tersebut ke Kantor Wali Nagari,” ujar Sertu Osman Gumandra, Rabu (6/10/2021).

Tanpa berpikir panjang, prajurit TNI pun langsung menuju ke lokasi dan menggendong warga yang mengalami lumpuh tersebut menuju tempat penerimaan BLT DD.

Dia mengatakan, warga tersebut bernama Aris (44) berasal dari Jorong Taratak Tinggi Nagari Persiapan Pekonina Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo. Yang bersangkutan tidak bisa berjalan normal karena mengalami lumpuh.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sementara, jalan yang harus ditempuh dari rumah menuju kantor wali nagari sangat sulit dilalui Aris sebab harus melewati pematang sawah. Salah satu cara yang dilakukan yakni menggendong Aris supaya bisa sampai ke kantor wali nagari untuk mengambil BLT DD.

“Jarak dari rumah Aris ke kantor wali nagari sekitar 20 kilometer. Dari rumahnya ke pinggir jalan sekitar 150 meter, melewati pematang sawah, kemudian menuju kantor wali nagari saya antar menggunakan kendaraan dinas,” ujarnya.

Dia turut prihatin kepada Ari yang sudah dua bulan tidak mendapat dana BLT dengan alasan wajib dijemput orang yang bersangkutan dan tidak bisa diwakilkan.

“Saya sebagai Babinsa berkewajiban mengantarkan yang bersangkutan untuk datang ke kantor wali nagari karena tidak bisa diwakilkan. Bagi kami itu termasuk dalam delapan wajib TNI, yakni yang kedelapan menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha kesulitan rakyat di sekeliling,” ucapnya.

Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo mengapresiasi aksi heroik yang dilakukan Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu, Kodim 0309/Solok Sertu Osman Gumandra tersebut.

“Karena tugas TNI memang melakukan pengabdian untuk membantu masyarakat tanpa mengharap imbalan apa pun. Selain itu, beliau juga prajurit TNI yang memiliki jiwa kemanusiaan sangat tinggi. Salah satunya pernah membantu mengevakuasi anak kecil saat penanganan banjir di Solok Selatan,” ujarnya.

Dia berharap Babinsa jajaran Kodim 0309/Solok ke depan harus mampu membantu dan mengatasi kesulitan masyarakat di sekeliling mereka. Danramil 03/Sungai Pagu Kapten Inf Suryadi juga mengapresiasi dan bangga terhadap aksi Sertu Osman yang menggendong warganya melewati persawahan menuju kantor wali nagari untuk mendapatkan BLT DD tersebut.

 

Sumber : iNews.id

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

14 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

14 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

14 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

21 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

21 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

22 jam ago