Sumut

Anggota DPRD Sumut Dapil IX Kunker ke Humbahas, Viktor Silaen : Ada 3 Aspirasi Bupati Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com – Rombongan anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara daerah pemilihan IX, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas), dan diterima Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor bersama OPD masing-masing, Kamis (23/6/2022).

Dijelaskan Ketua Tim Daerah Pemilihan IX, Viktor Silaen, Bupati Humbahas menyampaikan ada tiga poin penting telah disampaikan Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor agar dimasukan dan dibahas ke tingkat Provinsi.

“Ada tiga poin besar itu disampaikan Bupati kepada DPRD Provinsi Sumut. Terutama mengenai jalan provinsi,” sebut Viktor kepada wartawan melalui telepon seluler, Jumat (24/6/2022).

Aspirasi yang disampaikan Bupati Dosmar dalam bidang infranstruktur diantaranya, pembangunan jalan Dolok Sanggul-Baktiraja , jalan Pakkat-Tapteng, dan jalan Parlilitan-Pakpak Bharat.

Dimana, kata Viktor, Bupati berharap Pemerintah Provinsi Sumut mengakomodir pembangunan jalan tersebut.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Terkait jalan itu, lanjutnya, Pemerintah Provinsi sudah mencanangkan anggaran sebanyak Rp 2,7 triliun untuk pembangunan jalan di kabupaten / kota dengan sepanjang 450 kilometer.

Dari 450 kilometer, sekitar 14 kilometer sudah masuk menjadi prioritas Pemerintah Provinsi ke Humbahas.

“Tetapi mungkin beberapa ruas jalan itu dibangun mana yang agak rusaklah yang jelas tujuannya bagaimana agar jalan provinsi dengan status mantap,” kata dia.

Dalam bidang pendidikan, Bupati menyampaikan agar Pemerintah Provinsi juga memperhatikan sekolah, mulai tingkat SD, SMP dan SMA, biarpun SMA sudah ranah Provinsi.

Namun, ia meminta kepada Pemerintah Humbahas harus terintegrasi.

“Kita siap mendukung, tapi kalau boleh tolong dinas terkait Humbahas agar membuat program itu terintegrasi, dan hal – hal apa yang perlu dibutuhkan, semisal untuk pendidikan SMA biarpun ranahnya provinsi,”jelasnya.

Aspirasi lain, terkait pertanian, Pemerintah Humbahas meminta pengawasan DPRD Provinsi Sumut soal pupuk bersubsidi.

Hanya saja, pihaknya tidak dapat melakukan pengawasan jika komunikasi Pemerintah Humbahas dalam hal ini Dinas Pertanian ke DPRD Provinsi Sumut, sepanjang tidak ada.

“Ditekankan semalam agar pengawasan pupuk bersubsidi, kemarin kita sudah menyampaikan dinas terkait dalam hal ini Dinas Pertanian, tolong agar komunikasi.  Karena kami sifat ini kami adalah pengawasan, karena kami tidak tahu apa yang kalian,”katanya.

Untuk itu, ia berharap dalam pertemuan itu, agar saling berkordinasi dengan kerjasama yang baik. Demi tujuan kesejahteraan masyarakat Humbahas.

Perlu diketahui, kunjungan kerja anggota DPRD Sumatera Utara ini, khusus Daerah Pemilihan IX adalah melakukan peninjauan langsung dilapangan atas anggaran APBD Provinsi tahun anggaran 2021, dan APBD tahun anggaran 2022.

“Jadi, pertama kunker ini adalah untuk melihat secara langsung kerja apa yang dilakukan APBD provinsi tahun 2021 dalam rangka LKPJ Gubernur,  dan hal apa yang dilakukan APBD Provinsi di Kabupaten ini (Humbahas) di tahun 2022. Kemudian, apa yang direncanakan daerah ini yang diusulkan ke Provinsi untuk tahun 2023,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, koordinator rombongan, Rahmansyah Sibarani sekaligus Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumut, membawa anggota DPRD Sumut Daerah Pemilihan IX.

Diantaranya, Viktor Silaen sebagai Ketua Tim Dapil IX, Irwan Simamora, Pantur Banjarnahor, dan Jubel Tambunan bersama tim dari sekretariat DPRDSU.

 

(rel/gun)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

13 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

14 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

14 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

21 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

21 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

21 jam ago