Sumut

Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2021, Kapolres Pematangsiantar Ingatkan Personil Profesional dan Humanis

Pematangsiantar, Ruangpers.com – Kapolres Pematangsiantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar S.I.K yang diwakili Kabag Ops Kompol Lamin SPd, memimpin jalannya apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Toba 2021.

Bertindak sebagai perwira apel, Kasat Lantas, AKP Muhammad Hasan, SH  dan komanda apel, Kanit Patroli Parluhutan Manurung,  Senin (15/11/2021) pagi tadi, sekitar pukul 08.30 WIB, di Lapangan Apel Polres Pematangsiantar.

Kegiatan ini juga diikuti Kabag Sumda Polres Pematangsiantar, Kompol Henri Situmorang MM, para Kasat, Perwira, anggota TNI, personil Polres Pematangsiantar, Dinas Perhubungan Pematangsiantar dan Satpol PP Pematangsiantar.

Kapolres Pematangsiantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar S.I.K melalui Kabag Ops, Kompol Lamin SPd,  membacakan amanat Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs. R. Z. Panca Putra S., M.Si.

Dikatakan, bahwa apel gelar pasukan Operasi Zebra Toba – 2021 ini berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : STR/ 1023/ IX/ OPS.1.3./ 2021 tanggal 25 Oktober 2021 tentang direktif / rencana garis besar (RGB) pelaksanaan operasi kepolisian kewilayahan “Zebra – 2021”.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Kapolres Pematangsiantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar S.I.K yang diwakili Kabag Ops Kompol Lamin SPd, memimpin jalannya apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Toba 2021.

Operasi ini akan dilaksanakan selama 14 (empat belas) hari, terhitung mulai tanggal 15 November sampai 28 November 2021, dengan melibatkan Personel Polda Sumut sebanyak 1.295 (seribu dua ratus sembilan puluh lima) personel dengan perincian 100 (seratus) personel dari Satgas Polda dan 1.195 (seribu seratus sembilan puluh lima) dari Satgas kewilayahan yang merupakan operasi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat di bidang lalu lintas dengan mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Operasi ini juga dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas guna memutus penyebaran pandemi Covid-19.

Pada Operasi “Zebra Toba 2021” ini, para pelaksana operasi harus mampu mengantisipasi segala bentuk ambang potensi gangguan, gangguan serta gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran lalu lintas dan bahkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, pada situasi pandemi Covid-19 saat ini, diharapkan para pelaksana operasi mampu memberikan edukasi serta mengantisipasi pada lokasi yang berpotensi menjadi tempat penyebaran virus Covid-19.

Dan pada kesempatan tersebut, Kabag Ops Polres Pematangsiantar menyampaikan, ada beberapa penekanan Kapolda Sumut dalam pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2021 yang harus dilaksanakan seperti  deteksi dini penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat yang rawan terjadi kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta lokasi yang berpotensi penyebaran Covid-19 dan memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta bahaya Covid-19.

Apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Toba 2021, Senin (15/11/2021) pagi tadi, sekitar pukul 08.30 WIB, di Lapangan Apel Polres Pematangsiantar.

Kemudian, memberikan  edukasi dan membangun disiplin masyarakat untuk patuh dan tertib dalam berlalu lintas serta mematuhi protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19 Serta kampanye baik melalui media cetak, elektronik maupun media sosial melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker.

Kepada personel yang akan melaksanakan tugas dipesankan bekerja secara profesional, bermoral dan humanis untuk mendapatkan simpati dari masyarakat.

Sehingga operasi ini dapat berjalan tertib, lancar dan mendapatkan keberhasilan.

Dan meningkatkan kewaspadaan diri para personel dalam bertugas dengan tetap mengantisipasi segala bentuk teror dari pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab, tutup Kapolres Pematangsiantar melalui Kabag Ops Kompol Lamin.

 

(red)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

3 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

3 jam ago

Heboh Emak-Emak Ngamuk-Tampar Polisi Berujung Dilaporkan

Makassar, Ruangpers.com - Seorang emak-emak berinisial M (43) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) marah-marah…

3 jam ago

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

20 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

20 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

20 jam ago