Nasional

Benar Nggak Sih Pertalite Makin Boros-Keruh? Begini Uji Labnya

Jakarta, Ruangpers.com – Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite menjadi pembicaraan setelah harganya naik. Banyak netizen menyebut, Pertalite mengalami perubahan warna dan cenderung lebih keruh hingga lebih boros.

Terkait hal ini, PT Pertamina Persero buka suara. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menyebut jika warna BBM tidak berpengaruh terhadap performa.

“Tadi Pertalite yang sudah kita simpan sampelnya satu tahun lebih warnanya tidak berubah memang ada warna kehijauan seperti itu jadi itu contoh sampelnya yang sesuai warnanya dan kami tegaskan juga bahwa warna itu tidak berimplikasi terhadap performa atau spesifikasi dari BBM itu sendiri,” kata Irto di Integrated Terminal Plumpang, Jakarta Utara, Selasa (27/9/2022).

Dia menambahkan, sampel Pertalite yang sudah disimpan selama satu tahun dan tidak mengalami pengurangan. Ini sekaligus menepis anggapan yang menyebut Pertalite lebih boros dan cepat menguap.

Sementara itu, Eksekutif GM Regional Jawa Bagian Barat, Waljiyanto berpendapat, yang membuat Pertalite terasa lebih boros lebih kepada faktor psikologis.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Dulu kan orang patokannya beli literan. Biasa harga segitu dapat satu liter, kemudian sekarang beda takarannya, secara psikologis ngerasa lebih boros,” ungkapnya.

Irto menjamin BBM yang didistribusikan ke masyarakat sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan pemerintah. Di luar itu, ada regulator yang melakukan sampling secara acak.

“Regulator melakukan hal yang sama, dari Migas, melakukan sampling bahkan diam-diam. Sampling dilakukan secara random dari SPBU. diuji untuk sampelnya, dan itu disimpan di regulator. Untuk itu kami tidak berani, atau lari dari spek yang ditentukan pemerintah,” sambungnya.

Dia menambahkan warna BBM bisa menjadi pembeda. Artinya, masyarakat akan tau mana yang disebut Pertamax, Pertalite, Pertamax Turbo, dan lain-lain.

 

 

Sumber : detik.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

8 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

8 jam ago

Heboh Emak-Emak Ngamuk-Tampar Polisi Berujung Dilaporkan

Makassar, Ruangpers.com - Seorang emak-emak berinisial M (43) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) marah-marah…

8 jam ago

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

1 hari ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

1 hari ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

1 hari ago