Pariwisata

Bikin Bangga Orang Batak, AirAsia Luncurkan Desain Pesawat Bercorak Danau Toba

Medan, Ruangpers.com  – PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) resmi merilis pesawat dengan livery atau corak khas terbaru Danau Toba bertema Lake Toba & Beyond pada Jumat (17/2/23).

AirAsia berkolaborasi dengan PT Toba Tenun Sejahtra (Tobatenun), Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), dan Injourney untuk melukis badan pesawat berjenis Airbus A320 – 200 dengan kode PK – AZR dengan ilustrasi wanita penenun kain ulos berlatar belakang Danau Toba dalam rangka mendukung recovery pariwisata Indonesia usai pandemi Covid-19 dan promosi pariwisata Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

Pesawat AirAsia dengan livery terbaru ini akan mengudara bertepatan dengan Danau Toba yang dijadikan lokasi dari ajang balap speed boat Formula One PowerBoat World Championship (F1 H2O) pada 24-26 Februari 2023.

Bersamaan dengan ajang F1 H2 permintaan penerbangan menuju Silangit dan Medan untuk bisa ke Danau Toba diketahui cukup tinggi.

Hal itu pula yang membuat Air Asia Indonesia menambah frekuensi penerbangan menuju Sumatera menjadi satu kali sehari.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Nantinya, pesawat dengan livery bernuansa Danau Toba ini akan terbang ke berbagai daerah di Indonesia hingga ke Asia Tenggara untuk mempromosikan wisata Danau Toba ke seluruh rute AirAsia.

Dengan demikian akses kepada wisatawan mancanegara dan lokal untuk berkunjung ke Danau Toba semakin terbuka untuk berkunjung ke Danau Toba dan sekitarnya, sehingga pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah setempat dapat terus berkembang.

Tobatenun diketahui mengabiskan waktu selama kurang lebih dua bulan untuk mengerjakan livery bertemakan keindahan alam dan kain tenun Toba dengan memasukkan unsur-unsur yang dapat memperkaya destinasi utama Danau Toba.

Adapun unsur yang diilustrasikan diantaranya potret empat wanita penenun kain ulos yang menggambarkan perjuangan wanita di Danau Toba yang digambarkan sebagai seniman yang bisa berkreasi dan berinovasi sendiri, bukan buruh yang hanya mengerjakan tenun sesuai pesanan.

Di sebelah ke empat wanita penenun kain ulos itu juga terdapat pemandangan Danau Toba yang jadi sumber masyarakat batak.

Selain itu juga terdapat bunga rias atau kecombrang yang sering dipakai di masakan Batak seperti ikan arsik atau sambal rias untuk menambah kekayaan budaya Batak.

Pada desain badan pesawat itu juga terdapat tulisan Come to Lake Toba yang berarti ajakan untuk mengunjungi Danau Toba untuk menikmati keindahan alam dan keragaman budaya.

Upaya yang dilakukan oleh maskapai penerbangan AirAsia ini tentu saja membuat masyarakat batak bangga.

Tokoh Batak, Saut Sirait turut menyampaikan apresiasinya melalui sebuah unggahan di akun Facebook miliknya pada Minggu (19/2/23).

“Terima kasih Air Asia. Las roha, beta naik Air Asia,” tulis Saut Sirait.

Di samping itu, tak sedikit warganet yang mengapresiasi upaya AirAsia melalui komentar di unggahan akun Instagram @airasiasuperapp.id.

“Terima kasih AirAsia Indonesia sudah membantu promosikan wisata Indonesia ke mancanegara,” tulis @ralapza.

“Maju terus wisata toba,” tulis @davetravel07.

“Akhirnya ada juga pesawat terbang orang batak pertama,” tulis @annesbrosihombing.

“Wehh tolongg aku bangga kali jadi orang batak,” tulis @dlytobing.

 

Sumber : tribunnews.cm

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Polsek Siantar Utara Selesaikan Kasus Pencurian HP

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Personil piket SPKT Polsek Siantar Utara - Polres Pematangsiantar, selesaikan perkara pencurian…

7 jam ago

Staf Ahli Bupati Pakpak Bharat Buka Acara MTQ Kecamatan Tinada

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Gema Musabaqah Tilawatil Qur'an telah berkumandang di Kecamatan Tinada. Dusun Kuta…

7 jam ago

Perayaan Paskah Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Penuh Sukacita

Pematangsiantar, Ruangpers.com -  Pagi ini, suasana ceria dan penuh kebersamaan menghiasi Lapas Kelas IIA Pematangsiantar,…

14 jam ago

Anggota DPR Sedih Lihat Alumni IPDN Jadi Ajudan-Bawa Sepatu Bupati

Jakarta, Ruangpers.com - Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang mengungkapkan terdapat sejumlah kepala…

19 jam ago

Terkait Pembebasan Lahan, Bupati Simalungun Lakukan Pertemuan dengan PT Lonsum

Simalungun, Ruangpers.com - Terkait dengan pelepasan lahan di atas lahan HGU (Hak Guna Usaha) PT…

19 jam ago

Pria di Aceh Diciduk saat Lansir 300 Kg Ganja, Ngaku Diupah Rp 50 Ribu Perkilo

Banda Aceh, Ruangpers.com - Seorang pria asal Bener Meriah, Aceh, AM (35) ditangkap polisi karena…

19 jam ago