Sumut

Bupati Dosmar : Keuntungan Kerjasama untuk Petani Tidak Sedikitpun untuk Pemerintah

Humbahas, Ruangpers.com – “Kalau petani sejahtera, itulah keuntungan pemerintah”. Hal itu disampaikan Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, disela-sela kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama program Umbi Berteknologi Pengembangan Food Estate antara offtakerc, dan kelompok tani, Kamis (24/2/2022), di Desa Hutajulu, Kecamatan Pollung.

Hadir pada penandatangan ini, Kepala Dinas Pertanian, Junter Marbun, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, dan Kebersihan, Halomoan Manullang, Kepala BWS Sumatera Utara II, Manager Lapangan Food Estate Sumatera Utara, PPL WKPP Desa Hutajulu, CV. Javamas Agrophos, PT Agricon Indonesia, PT Daya Santosa Rekayasa, PT Eden Pangan Indonesia, PT Indofood dan Anggota Kelompok Tani.

Sebelumnya, Dosmar menjelaskan,  bahwa tanah yang diperjanjikan ini adalah milik petani, dan para offtaker ini hanya menginginkan satu kepastian adalah volume hasil panen untuk dipakai pada industri mereka.

Untuk keberhasilan panen diharapkan semua pihak harus bersinergi yaitu petani, kelompok tani, offtaker dan pemerintah serta stakeholder lainnya, tidak ada yang utama tetapi harus bersinergi.

“Kalau ada kendala dan hambatan bisa disampaikan kepada pemerintah, kita akan secepatnya menangani permasalahan yang ada,”kata Dosmar lagi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Lebih lanjut Dosmar mengatakan, dengan kerjasama ini maka hasil pertanian akan ditampung. “Jadi, tidak perlu khawatir lagi setelah panen nanti kemana hasil pertanian kita di jual. Sebelumnya, ketika kita menanam cabe dan tomat misalnya setelah panen kepastian harga tidak terjamin, tetapi dengan kerjasama ini maka hasil pertanian para petani sudah terjamin,” katanya.

Bupati mengharapkan agar para petani fokus dalam mengikuti metode dari para offtaker.

“Memang saya mengetahui bahwa bapak ibu petani secara umum adalah petani gurem (red) seperti kemenyan, cabe dan lainnya tetapi fokuslah khususnya untuk yang 17 hektare ini. Ikutilah aturan yang disampaikan offtaker karena kita dibantu mulai dari bibit, pupuk pengolahan dengan teknologi,” pintanya.

Dari harapanya itu tadi, lanjut Dosmar, agar dimanfaatkan momen ini dengan satu tujuan adalah untuk mensejahterakan masyarakat. Keuntungan dari kerjasama ini adalah untuk para petani, tidak ada sedikit pun untuk pemerintah. ” Kalau petani sejahtera, itulah keuntungan bagi pemerintah,” katanya.

 

(rel/gun)

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

5 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

6 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

6 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

13 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

13 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

13 jam ago