Sumut

Bupati Humbang Hasundutan Buka Bimtek E-kinerja BKN dan Peningkatan IP ASN

Humbahas, Ruangpers.com – Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, SE, yang diwakili Sekretaris Daerah, Chiristison Rudianto Marbun, membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Penerapan e-kinerja BKN dan peningkatan Indeks Profesional (IP) ASN yang dilaksanakan di Aula Hutamas Perkantoran Tano Tubu Doloksanggul, Selasa (19/3/2024).

Dalam sambutan tertulis Bupati Humbang Hasundutan, yang dibacakan Sekretaris Daerah, Chiristison Rudianto Marbun menyampaikan, bahwa pengelolaan kinerja ASN dengan berbasis digitalisasi dimana satu dengan lain aplikasi terhubung sehingga tercapai otomatisasi.

Orientasi pemerintah bukan diaplikasi e-kinerja akan tetapi target di e-kinerja itu sendiri. Penilaian bukan hanya di e-kinerja tetapi instrumen dalam memandang pengelolaan kinerja pegawai, sebagai alat yang bermanfaat memberikan informasi kepada pimpinan dan pengawai tentang seberapa baik kinerja yang dicapai untuk tujuan organisasi dan ruang apa saja yang membutuhkan perbaikan.

Hal ini juga menjadi dasar memberikan penghargaan dan pembimbingan kepada pegawai.

Salah satu kunci utama pengelolaan kinerja pegawai adalah dialog kinerja. Melalui dialog kinerja akan memberikan fleksibilitas kepada pimpinan untuk menetapkan ekspektasi terhadap pegawainya, sehingga dapat meningkatkan efektifitas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, ujarnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kualitas kinerja merupakan salah satu perilaku pegawai untuk mencapai hasil kerja yang diharapkan sesuai nilai dasar Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu BERAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) dalam rangka mewujudkan aparatur yang profesional.

Saat ini banyak pejabat atau unsur pengelola administrasi kepegawaian tidak memahami tugas-tugas dibidang administrasi kepegawaian khususnya penerapan e-kinerja BKN. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kesempatan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan, bimbingan teknis atau kurangnya koordinasi instansi dengan yang mengelola administrasi.

Untuk itu, dihimbau agar peserta Bimtek ini untuk memanfaatkan pembelajaran ini dengan sebaik-baiknya sehingga dapat mengimplementasikannya di masing-masing OPD dalam rangka penerapan E-Kinerja BKN.

Sementara itu dalam laporan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BDPSDM) Humbang Hasundutan, yang dibacakan Sekretaris Badan, Andi Sihombing menyampaikan bahwa tujuan Bimbingan Teknis ini adalah untuk menerapkan aplikasi E-Kinerja BKN dan Peningkatan IP ASN serta melaksanakan penggunaan aplikasi E-Kinerja BKN dalam rangka urusan kepegawaian masing-masing OPD serhingga tercipta pengelolaan kinerja pegawai yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan Kinerja serta pembinaan ASN.

Selain itu juga untuk penilaian kinerja pegawai dan tindaklanjut hasil, evaluasi kinerja ASN sehingga tercipta penataan administrasi kepegawaian yang baik dan tertib sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pembicara pada kegiatan ini adalah Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Kantor Regional VI BKN Medan, Reyansari SH, MH.

 

(rel)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

12 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

12 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

13 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

19 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

19 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

20 jam ago