Sumut

Covid-19 Belum Berakhir di Simalungun, Ini Dilakukan Pemkab Simalungun

Simalungun, Ruangpers.com – Guna mencegah perkembangan pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menggelar rapat analisa dan evaluasi (Anev) situasi perkembangan Covid-19 karena masih adanya warga yang terkonfirmasi Covid-19.

Rapat tersebut berlangsung dalam dua sesi, di Posko Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Simalungun, di Jalan Asahan Km 6 Kecamatan Siantar, Sumut, Kamis (8/12/2022).

Sesuai update data kasus Covid-19 di Kabupaten Simalungun, yaitu data Posko Covid -19, hari Kamis, 8 Desember 2022, menyebutkan, kasus suspek=0, kasus probable=0, kasus terkonfirmasi=19, sembuh= 4275, kematian (probable=73 dan konfirmasi=353).

Wakil Bupati Simalungun, H Zonny Waldi saat memimpin rapat sesi pertama menyampaikan, bahwa Covid-19 di Kabupaten Simalungun belum berakhir, untuk itu terus diwaspadai.

“Apalagi kita akan menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru). Tentu banyak keluarga kita yang akan berkunjung, yang berasal dari berbagai daerah, oleh karena itu kita harus mengambil langkah-langkah antisipasi untuk meminimalisir perkembangan kasus Covid ini,”kata Wakil Bupati.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Wakil Bupati meminta agar Posko Satgas Covid-19 difungsikan kembali dan Dinas Kesehatan serta seluruh Faskes untuk terus meningkatkan pelaksanaan kegiatan vaksinasi kepada masyarakat yang belum vaksin dan mencari sasaran vaksin.

Kadis Kesehatan, Edwin Toni SM Simanjuntak saat menyampaikan pemaparan.

“Capaian vaksinasi Dosis 3 (D-3/booster) kita masih rendah, dan utamakan lansia (D4),”kata Wakil Bupati sembari meminta Dinas Sosial agar mengkaitkan dengan pembagian bantuan sosial.

Wakil Bupati juga berharap saat menggelar posko pengamanan Nataru juga dilakukan vaksinasi terhadap masyarakat yang belum melakukan vaksinasi.

“Bekerjalah secara teratur, terarah dan konsisten. Data terkait perkembangan Covid-19 agar terus dilaporkan, jadwalkan kembali untuk analisa dan evaluasi perkembangan Covid-19 di Simalungun,”kata Wakil Bupati.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati mengajak peserta rapat untuk menghimbau masyarakat agar menjalankan protokol kesehatan sebagai salah satu upaya dalam memutus mata rantai perkembangan Covid-19 di Kabupaten Simalungun.

Senada disampaikan oleh Sekda, Esron Sinaga saat memimpin rapat pada sesi dua menyampaikan agar posko Satgas Covid-19 diaktifkan dan meminta kepada para Camat dan Kepala Puskesmas untuk melaksanakan vaksinasi kepada warga yang belum melaksanakan vaksin dan mengimbau masyarakat untuk menjalan protokol kesehatan.

Rapat tersebut dihadiri antara lain, Kapolres Simalungun diwakili Kabag OPS, AKP Kristo Tamba dan Kadis Kesehatan, Edwin Toni SM Simanjuntak, Kasatpol PP, Adnadi Girsang, Kalak BPBD, Ramadhan Damanik, Kadis Kominfo diwakili Herna Lindawati Purba, Koordinator BIN Simalungun, Kepala SPKT Polres Simalungun, Iptu Japen Situmorang, Kasat Intel, Iptu Teguh Raya Sianturi, Kakan Kemenag, Ahmad Sopiyan, para Camat dan kepala Puskesmas se-Kabupaten Simalungun.

 

(rel)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

12 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

12 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

13 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

19 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

19 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

20 jam ago