Sumut

Desa Mati di Sumatera Utara, Sisakan Rumah Mewah Jadi Horor, ke Mana Warganya?

Karo, Ruangpers.com – Desa mati di Sumatera Utara tepatnya di Desa Berastepu, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) selalu menjadi sorotan.

Desa yang berada di bawah kaki Gunung Sinabung itu kini tak lagi berpenghuni. Diketahui jika desa ini mulai ditinggal warganya di tahun 2013 karena dahsyatnya letusan Gunung Sinabung. Kini sejumlah bangunan di lokasi tersebut masih berdiri meski tampak terbengkalai ditumbuhi tamanan liar.

Dari data yang dirangkum iNews, Gunung Sinabung kembali meletus pada 2010 tepatnya 27 Agustus September. Letusan ini pertama kali terjadi usai tahun 1600.

Letusan terparah terjadi pada 2013. Letusan disetai awan panas itu meluncur hingga berjarak 1,5 kilometer (km). Bahkan letusan itu menciptakan kolom abu setinggi 8000 m di atas puncak gunung. Kota Medan yang jaraknya 80 km dari Karo pun terkena imbas abu vulkanik. Penduduk dari 21 desa dan 2 dusun di Karo pun akhirnya mengungsi.

Desa Mati di Sumatera Utara

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sejak letusan itu, hingga kini Gunung Sinabung terpantau aktif. Akibat aktivitas gunung tersebut, akhirnya warga di Desa Berastepu pun memilih mengungsi. Desa yang ditinggal penghuninya sudah 9 tahun ini kini jadi lokasi YouTuber membuat konten horor.

Dilansir dari akun YouTube Bucin TV yang diunggah pada September 2022 ini memperlihatkan kondisi Desa Berastepu yang terbengkalai. Bahkan tampak beberapa rumah lantai dua.  Dari informasi yang diperoleh ada 500 rumah di lokasi tersebut.

Sang pengambil video bahkan menyebutkan jika Desa Berastepu ini mirip dengan scene film Hollywood Residen Evil. Pengambil video pun menjelaskan, ada bangunan yang dibangun dengan kayu dan permanen. “Ada rumah tiga lantai,” ucap pengambil video.

Tampak dari video yang diambil di rumah tiga lantai sudah tidak ada perabotan di lokasi tersebut. Ruang tamu lebih banyak di sampah. Namun, ada juga yang meninggalkan kursi hingga tikar. Akses listrik desa mati di Sumatera Utara ini juga sudah diputus.

Padahal jalan di Desa Berastepu ini sudah aspal. Pada siang hari, di desa ini pemandangan Gunung Sinabung tampak jelas. Rupanya tidak hanya Desa Berastepu, ada 17 desa lainnya di Karo yang harus dikosongkan warganya karena aktivitas Gunung Sinabung.

Itu dia penjelasan desa mati di Sumatera Utara di kaki Gunung Sinabung. Kalian tertarik untuk uji nyali mengunjunginya?.

 

Sumber : iNews.id

 

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

3 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

3 jam ago

Heboh Emak-Emak Ngamuk-Tampar Polisi Berujung Dilaporkan

Makassar, Ruangpers.com - Seorang emak-emak berinisial M (43) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) marah-marah…

4 jam ago

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

20 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

21 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

21 jam ago