Sumut

Dihadiri Kemenpan – RB, Pemko Pematang Siantar Bahas Peningkatan Kinerja Instansi dan Reformasi Birokrasi

Pematang Siantar, Ruangpers.com – Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar menggelar peningkatan kinerja instansi dan reformasi birokrasi Tahun 2022, Sabtu (24/9/2022) hingga Minggu (25/9/2022), di Gedung Serbaguna Bappeda Pemko Pematang Siantar.

Pembukaan kegiatan dihadiri Wali Kota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani SpA, Sabtu (24/9/2022), sekitar pukul 13.00 WIB.

Wali Kota Susanti dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang kepada Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan III Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan – RB), Ahmad Hasmy Ak beserta Tim Evaluator.

Menurut Wali Kota Susanti, Kota Pematang Siantar memiliki Angka Harapan Hidup Tertinggi di Sumatera Utara (Sumut). Data tahun 2021 yaitu  73,77 per tahun, melebihi rata-rata provinsi (69,23 per tahun) dan nasional (71,57 per tahun).

Disampaikan Wali Kota Susanti, untuk kegiatan tersebut, seluruh Kepala Perangkat Daerah yang ada di Pemko Pematang Siantar hadir tanpa diwakilkan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Hal itu, katanya, sebagai upaya menunjukkan keseriusan Pemko Pematang Sianțar dalam upaya meningkatkan kualitas implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) guna terciptanya perbaikan Tata Kelola Pemerintahan di Kota Pematang Siantar.

“Sesuai hasil evaluasi Kementerian PAN dan RB yang terakhir, disebutkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran masih rendah, jika dibandingkan dengan capaian kinerjanya. Hal ini disebabkan kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan berorientasi pada hasil di Pemerintah Kota Pematang Siantar masih belum berjalan dengan baik, dan memerlukan perbaikan lebih lanjut,” terangnya.

Wali Kota Susanti melanjutkan, berdasarkan hasil evaluasi tersebut, maka diperoleh gambaran penyelenggaraan pemerintahan di Kota Pematang Siantar masih belum berorientasi hasil.

Atau yang sering disebut, penganggaran belum sepenuhnya menerapkan prinsip “Money Follow Program Priority”.

“Kondisi ini tentunya masih jauh dari yang kita harapkan, sebagaimana amanat Presiden Republik Indonesia Bapak Ir Joko Widodo pada beberapa kesempatan, yaitu pemerintah harus bisa memastikan setiap rupiah dari APBN/APBD bermanfaat untuk rakyat,” sebutnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, dengan kehadiran Asisten Deputi dan tim, Wali Kota Susanti mengajak seluruh jajaran yang ada di Pemko Pematang Siantar untuk bangkit dan maju dalam meningkatkan kualitas implementasi SAKIP.

“Melalui peningkatan kualitas implementasi SAKIP ini diharapkan penyelenggaraan pemerintahan di Kota Pematang Siantar akan lebih efektif dan efisien. Sehingga visi Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas akan lebih mudah terwujud,” jelasnya.

Wali Kota Susanti meminta kepada semua Kepala Perangkat Daerah dan jajaran untuk segera melakukan pembenahan, mengambil langkah-langkah korektif pada masing-masing unit kerja. Sehingga yang menjadi tujuan pelaksanaan reformasi birokrasi bisa segera terwujud, katanya.

Acara dirangkai penyerahan plakat oleh Wali Kota Susanti kepada Asisten Deputi Ahmad Hasmy Ak. Kemudian paparan narasumber dari Kementerian PAN dan RB, diskusi serta tanya jawab, pemaparan dari Bappeda Kota Pematang Siantar, tanggapan dari Tim Evaluator, dan pemaparan dari Inspektorat.

Hadir pada acara tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematang Siantar, Budi Utari Siregar AP, Kabag Organisasi, Farhan Zamzami SH, Tim Monitor Evaluasi Lapangan, Ade Agriawan,  para Staf Ahli dan seluruh pimpinan OPD Pemko Pematang Siantar, serta Camat se-Kota Pematang Siantar.

 

(rel)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

7 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

7 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

8 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

14 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

14 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

15 jam ago