Sumut

Dihadiri Plt. Wali Kota Siantar, Gubsu Paparkan Program Prioritas Saat Musrenbang RKPD Provsu Tahun 2023

Medan, Ruangpers.com – Plt. Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani, Sp.A, menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Tahun 2023, di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Hall Medan, Rabu (30/3/2022).

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), H. Edy Rahmayadi saat membuka Musrenbang tersebut, mengingatkan beberapa poin penting yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten/Kota, mulai Tahun 2022 hingga 2023 mendatang.

Edy akan fokus untuk memperbanyak kegiatan strategis, termasuk pembangunan infrastruktur. Kegiatan strategis atau pembangunan tersebut diuraikan dalam lima misi.

Kelima misi dimaksud adalah bermartabat dalam kehidupan, bermartabat dalam politik, bermartabat dalam pendidikan, bermartabat dalam pergaulan, dan bermartabat dalam lingkungan.

Terkait infrastruktur, katanya, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menargetkan penanganan jalan strategis provinsi dalam kondisi baik.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Jalan tersebut meliputi kawasan wisata, pusat produktivitas, perkotaan, dan kawasan daerah tertinggal sepanjang 497,14 kilometer.

Edy juga menargetkan tingkat kemantapan jalan provinsi mencapai 85 persen.

Selain itu, optimalisasi jaringan irigasi kewenangan provinsi sekitar 78 ribu hektare dalam rangka mempertahankan swasembada beras.

Lalu, pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Medan, Binjai, Deliserdang (Mebidang), pembangunan role model pengurangan luas kawasan kumuh terintegrasi, dan rehabilitasi 1.000 unit rumah tidak layak huni.

Fokus tersebut, turut meliputi penyediaan energi listrik dalam rangka pemenuhan kebutuhan listrik rumah tangga miskin sebanyak 8.745 kepala keluarga (KK) dan dukungan terhadap pelaksanaan sistem pertanian terintegrasi sebanyak tujuh unit pembangkit listrik tenaga surya.

Di bidang pendidikan, ditargetkan peningkatan kualitas dan pemenuhan akses pendidikan melalui beberapa kegiatan strategis.

Di antaranya, pembangunan unit sekolah baru menengah kejuruan dan khusus, bantuan operasional pendidikan siswa SMA, SMK, dan SLB Negeri kurang mampu sejumlah 167 ribu jiwa.

Selanjutnya, membangun Kampung Beasiswa S1, S2, dan S3 di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU).

Kerja sama link and match SMK atau vokasi dengan dunia usaha dunia industri, penyelarasan kurikulum vokasi/SMK dengan 70 kompetensi keahlian, pembelajaran berbasis produk dan bisnis dengan 70 kompetensi keahlian plus pembangunan 33 unit pojok/gerobak baca dan perpustakaan digital.

Di bidang kesehatan, ditargetkan penanganan Covid-19 melalui penguatan 3T (testing, tracing, treatment), percepatan vaksinasi, penyediaan obat-obatan, penguatan kapasitas rumah sakit, dan pemberian insentif tenaga medis, pembangunan dan rehabilitasi RS. Haji Adam Malik Medan serta pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil kurang energi kronis (KEK), balita kurus, dan anak sekolah.

Dilakukan juga peningkatan kapasitas layanan kesehatan melalui penambahan 100 tempat tidur dalam rangka rehabilitasi pasien narkoba, pada RS. Jiwa Prof dr M Ildrem, kampanye Gerakan Masyarakat Sehat, jaminan kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI) kepada masyarakat kurang mampu, penyediaan kontribusi peserta PBI JKN, serta pengadaan mobil medis/bus kesehatan.

Di bidang pertanian, peningkatan produksi daging sapi menjadi sebesar 17.149,75 ton dalam rangka pemenuhan kebutuhan konsumsi, peningkatan produksi daging kambing atau domba menjadi 1.537,50 ton, serta swasembada beras dan jagung dalam rangka pemenuhan kebutuhan konsumsi dan industri.

Kemudian, peningkatan produksi cabai merah 190.011 ton dan bawang putih 1.421 ton serta bawang merah 18.675 ton untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi dan industri, peningkatan produksi perikanan tangkap 459.403,89 ton, dan produksi perikanan budidaya 216.996 ton untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dan ekspor.

Baca Juga : Bupati Simalungun Hadiri Musrenbang Penyusunan RKPD Provsu Tahun 2023

Hal tersebut, menurut Edy, tidak dapat terwujud apabila berjalan sendiri-sendiri. Ia berharap ini menjadi komitmen  untuk mensejahterakan rakyat.

Hadir pada acara tersebut, Forkopimda Provinsi Sumatera Utara, Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, Ketua TP PKK Sumatera Utara, Nawal Lubis,Wali Kota dan Bupati se-Provinsi Sumatera Utara beserta jajarannya, para Pimpinan OPD se-Sumatera Utara serta para tamu undangan.

 

(rel/L. Tumangger)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

15 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

16 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

16 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

23 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

23 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

23 jam ago