Sumut

dr Susanti Bersama Gubernur dan Bupati/Wali Kota se-Sumut Bahas Pasokan dan Kestabilan Harga Sembako Jelang Nataru

Medan, Ruangpers.com – Wali Kota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani SpA, bersama Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) dan Bupati/Wali Kota se-Sumut, membahas ketersediaan pasokan dan kestabilan harga sembako menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pembahasan berlangsung dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) se-Sumut, di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Senin (19/12/2022).

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dalam arahannya, meminta komoditas yang keluar dari daerahnya dikontrol dengan ketat. Tujuannya, untuk mengendalikan harga komoditas terutama komoditas pangan.

“Tidak ada barang yang keluar dari Sumut yang tidak terkendali. Harus dikontrol untuk memastikan ketersediaan komoditas pangan di sini dan menjaga inflasi kita. Satgas Pangan, kabupaten/kota harus pantau ini secara ketat,” kata Edy.

Disampaikan Edy, inflasi Sumut di November 2022 berada di angka 5,03 persen (yoy), turun 0,63 poin bila dibandingkan dengan bulan Oktober (5,66 persen).

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Sumut berhasil menurunkan inflasinya untuk lebih rendah dari nasional yang sebesar 5,42 persen (yoy) di November 2022,” katanya.

Sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi Sumut di Triwulan III Tahun 2022, masih berada di angka 4,97 persen (yoy), lebih rendah dari nasional yang sebesar 5,72 persen (yoy).

Edy berharap di tahun 2023, Sumut bisa meningkatkan pertumbuhan ekonominya di atas 5 persen.

“Dibilang bagus walaupun tak sempurna, masih 4,97 persen pertumbuhan ekonomi, itu sudah dapat hadiah aku ini. Sebelum pandemi kita 5,26 persen. Saya berharap di 2023, kita di atas 5 persen,” kata Edy usai acara.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumut, Doddy mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Sumut diprediksikan masih di angka 4,1-4,9 persen di akhir tahun ini.

Walau begitu, menurutnya tren peningkatan pertumbuhan ekonomi Sumut masih baik.

“Kalau pertumbuhan ekonomi prediksinya masih agak panjang, 4,1-4,9 persen, tetapi tampaknya arahnya ke atas. Memang isunya kita trennya naik, tetapi belum optimal karena masih di bawah nasional. Tetapi intinya momentumnya masih terjaga, semua indikator semuanya bagus,” sebutnya.

Sedangkan untuk inflasi, Doddy menambahkan, di akhir tahun akan mengalami kenaikan karena pengaruh Natal dan Tahun Baru.

“Kalau inflasi juga relatif, Desember ini mau tidak mau pasti naik karena memang pengaruh Natal. Tetapi sejauh ini dibandingkan nasional dan seluruh provinsi lain masih lebih baik,” kata Doddy.

Hadir pada rapat TPID ini, Bupati/Wali Kota se-Sumut, Pimpinan-pimpinan BUMD se-Sumut serta OPD terkait, jajaran Satgas Pangan Sumut dan Kabupaten/Kota, serta lembaga dan instansi terkait.

 

(rel/L.Tumangger)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

2 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

2 jam ago

Heboh Emak-Emak Ngamuk-Tampar Polisi Berujung Dilaporkan

Makassar, Ruangpers.com - Seorang emak-emak berinisial M (43) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) marah-marah…

2 jam ago

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

18 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

19 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

19 jam ago