Sumut

dr Susanti Imbau Kaum Perempuan Rutin Lakukan IVA Test, Ini Tujuannya

Pematang Siantar, Ruangpers.com – Wali Kota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani SpA, mengimbau kaum perempuan, khususnya di Kota Pematang Siantar untuk melakukan IVA Test secara rutin. Tujuannya, mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin.

Imbauan tersebut disampaikan dr Susanti dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Wali Kota, Dra Happy Oikumenis Daely, saat menghadiri acara Gebyar IVA Test Tahun 2023, di Makoramil 03/SS, Jalan Melanthon Siregar, Kecamatan Siantar Marihat, Kota Pematang Siantar, Senin (05/06/2023).

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Happy Oikumenis, dr Susanti mengatakan, kanker merupakan penyebab kematian terbanyak di dunia dan penyakit yang tidak diketahui penyebabnya secara pasti. Kanker, katanya, sebenarnya dapat didiagnosis secara dini. Deteksi dini kanker tidak hanya dapat menurunkan angka kematian akibat kanker, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup penderitanya.

IVA Test, lanjut mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih Pematang Siantar itu, dianjurkan untuk dilakukan kaum wanita yang berusia di atas 30 tahun. Khususnya wanita yang sudah melakukan hubungan suami-istri. Tes ini, dapat diulang setiap lima tahun sekali.

Dalam IVA Test, bila hasil pemeriksaan ada yang harus mendapat penanganan khusus, maka bisa langsung diberikan tindakannya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kami berharap kaum wanita bisa menjaga dan memperhatikan kewanitaannya, serta mau melakukan deteksi sedini mungkin. Diharapkan pelaksanaan Gebyar IVA Test bisa terus berjalan dengan lancar dan bersinergi dengan baik. Dengan demikian para wanita di Kota Pematang Siantar, khususnya di Kecamatan Siantar Marihat bisa terjaga kesehatan kewanitaannya dengan kesadaran sendiri,” sebut dokter spesialis anak tersebut.

Lebih lanjut, Wali Kota perempuan pertama di Pematang Siantar itu mengatakan, pemerintah bersama pemangku kebijakan lain harus bersinergi meningkatkan  kampanye pencegahan, deteksi dini, dan penemuan dini kanker melalui kegiatan preventif dan juga promotif.

“Yakni seperti kegiatan kita saat ini. Selain itu juga perlu dilakukan penyebaran informasi melalui penyuluhan tentang kanker, baik di dalam maupun di luar gedung, oleh instansi pemerintah/swasta, yayasan, organisasi masyarakat/agama, sekolah dan universitas, serta melalui media cetak dan elektronik,” kata alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) Yogyakarta itu.

Masih kata dr Susanti, Gebyar IVA Test akan  dijadikan momen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global terhadap bahaya penyakit kanker. Serta mendorong pencegahan, deteksi dini, serta pengobatan kanker.

“Semoga Gebyar IVA Test ini, melalui adanya koordinasi, sinergitas, dan dilakukan bersama-sama, dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kota Pematang Siantar, sekaligus turut mewujudkan Kota Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas, demi Pematang Siantar Bangkit dan Maju,” ujar dr Susanti, dalam sambutan tertulisnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK dan Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Pematang Siantar, H Kusma Erizal Ginting SH mengatakan, kanker sebenarnya dapat didiagnosis secara dini. Deteksi dini kanker tidak hanya dapat menurunkan angka kematian akibat kangker, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup penderitanya.

“Gebyar IVA Test ini akan dijadikan moment untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global terhadap bahaya penyakit kanker, dan mendorong pencegahan, deteksi dini, serta pengobatan kanker,” kata Erizal, yang juga Ketua Dekranasda Pematang Siantar.

Kanker Serviks, sambungnya, adalah salah satu kanker yang menyerang kaum wanita. Dengan melakukan deteksi sejak dini, peluang kesembuhan kanker serviks dapat meningkat.

“IVA Test adalah cara mudah dan cepat dalam mendeteksi dini kanker serviks, karena hasilnya langsung bisa diketahui apakah seseorang hasilnya positif atau negatif,” tandas Erizal.

Sedangkan Ketua Persit KCK Cabang XXXIV 0207/Simalungun, Ny Tina Yossy dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada tiga pilar, yaitu TNI, ASN, dan Polri serta stakeholder atas kontribusinya dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

“Saya juga mengimbau kepada ibu-ibu sekalian, mari kita deteksi dini kanker, baik individu maupun kelompok, yang akan mengurangi beban dan masalah kanker termasuk kanker serviks,” ajaknya.

Ia juga berpesan kepada ibu-ibu yang mengikuti kegiatan tersebut agar tidak perlu takut untuk melaksanakan IVA Test. Sebab  hal itu sebagai bentuk pencegahan terjadinya penyakit kanker serviks.

Turut hadir, Ketua Bhayangkari Cabang Pematang Siantar diwakili Ny Wirda Muri Yasnal, Dandim 0207/Simalungun diwakili  Danramil 03/Siantar Selatan, Kapten Inf Teguh Sugiono, Kapolres Pematang Siantar diwakili Kapolsek Siantar Marihat, AKP Robert Purba, dan Camat Siantar Marihat, Henri G Purba.

 

(rel/L. Tumangger)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Wakapolres Hadiri Pelantikan Anggota PPK Se – Kota Pematangsiantar

Pematangsiantar, Ruangpers.com – Kapolres diwakili Wakapolres Pematangsiantar, Kompol Ahmad Wahyudi, hadiri pelantikan Anggota Panitia Pemilihan…

3 jam ago

Polsek Siantar Utara Ringkus DPO Pelaku Bongkar Rumah Karyawan BUMN

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Utara berhasil mengamankan Daftar Pencarian Orang (DPO), pelaku pembongkaran rumah…

4 jam ago

Polsek Siantar Martoba Amankan Pencuri Dompet dan HP, Pelaku Tak Berkutik Dikepung Warga

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Martoba yang dipimpin Kanit Reskrim, AIPTU Ricardo Rajagukguk, mengamankan pelaku…

4 jam ago

Tim Panelis Provsu Apresiasi Penurunan Stunting di Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com - Tim Penilai dan Panelis Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sumatera Utara, apresiasi…

6 jam ago

Pohon Tumbang Timpa Kantor Desa dan 3 Rumah Warga di Toba, Rusak Parah Bagian Atap

Toba, Ruangpers.com - Pohon tumbang menimpa empat bangunan rumah warga di Desa Jangga Toruan, Kecamatan…

6 jam ago

Menangis, Azlan Ngaku Diperintah Senior di KPU-Bawaslu hingga Di-OTT Polda

Medan, Ruangpers.com - Tangis anggota Bawaslu Medan nonaktif, Azlansyah, pecah saat mengikuti sidang dengan agenda…

6 jam ago