Sumut

Ephorus HKBP jadi Pengkotbah di Perayaan Paskah Pemkab Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com – Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) melaksanakan perayaan paskah tahun 2022 dengan thema “Tak Terpisahkan Kasih Allah” (Bdk.Roma 8 : 38 – 39), Sabtu (23/4/2022), di Aula Hutamas Perkantoran Tano Tubu.

Acara perayaan paskah ini, dihadiri Ephorus HKBP Pdt DR Robinson Butarbutar didampingi istri, Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor SE, Ketua TP PKK Humbahas, Ny Lidya Dosmar Banjarnahor, Wabup Humbahas, Oloan Paniaran Nababan, Wakil Ketua TP PKK, Ny Erma Oloan Paniaran Nababan, Forkopimda, Sekda Humbahas, Tonny Sihombing, Kepala OPD, tokoh adat, dan tokoh masyarakat.

Ketua Pelaksana Perayaan Paskah Tahun 2022, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs Makden Sihombing, MM menyampaikan, adapun tujuan pelaksanaan paskah ini, merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kasih dan pengorbanan-Nya di kayu salib hingga kebangkitan-Nya kita dapat merasakan kedamaian dan menikmati karya keselamatan dari Allah Bapa.

Dan dalam perayaan ini diikuti oleh masyarakat di 9 kecamatan lainnya melalui video conference (Vidcon).

Adapun themanya ‘Tak Terpisahkan Kasih Allah’ (bdk. Roma 8 : 38 – 39). Dan sub thema “Dengan Perayaan Paskah Pemerintah Bersama Masyarakat Satu dalam Kasih Kristus Membangun Humbang Hasundutan Yang Bermentalitas Unggul dan Maju dalam Bidang Ekonomi”.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Bupati Humbahas, Dosmar dalam sambutannya mengatakan, dengan semangat paskah ini semakin menjadi berkat bagi banyak orang.

Pertama-tama bagi keluarga kita, tetangga, lingkungan dan bagi semua orang.

“Kita semakin giat dalam perbaikan kehidupan yang lebih nyata, sehingga menambah ‘puro-puro’ (dompet-red) para ibu-ibu. Doa para Hamba Tuhan sebagaimana jemaat di bawah naungan gereja akan menuntun pemimpin dan masyarakat kepada kebenaran,”paparnya.

Lebih lanjut dikatakan Dosmar, ia menitipkan pesan dan harapan, kiranya semua tetap berkarya dan memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Humbahas.

“Marilah kita semua meneladani sang Kristus yang rela mengorbankan diri-Nya demi memberikan kehidupan yang baru bagi seluruh umat manusia,”tandasnya.

Sementara dari Forkopimda, Ketua DPRD, Ramses Lumbangaol menyampaikan, untuk memaknai Paskah Tahun 2022 ini, marilah mengimplementasikan thema dan subt hema ini dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dengan demikian , lanjut Ramses, kematian Yesus tidak sia-sia karena tujuan dari paskah adalah untuk menunjukkan adanya pengharapan bagi orang percaya. Dimana kebangkitan Yesus Kristus membuktian bahwa janjinya tidak pernah gagal dan kebangkitan Yesus juga membuktikan bahwa Ia adalah Allah yang berkuasa atas maut.

Ketua PGI Daerah Kabupaten Humbahas, Pdt Daminna Lumbansiantar, S.Th dalam sambutannya menyampaikan, bahwa gereja adalah tubuh Kristus yang nyata.

Oleh karena itu gereja adalah satu dan tidak berbeda-beda.

Dengan semangat paskah tahun ini, gereja juga menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam mewujudkan pembangunan pemerintahan dan kemasyarakat.

Oleh karena itu, gereja siap bergandengan tangan untuk menyampaikan segala sesuatu rencana dan program kepada masyarakat untuk tujuan pembangunan.

Pada kesempatan itu, dalam khotbah paskah dibawa oleh Ephorus HKBP, Pdt DR. Robinson Butarbutar mengatakan, paskah bukan hanya mengalahkan kematian tetapi menjadi ‘source of’ (sumber-red) semangat, sumber inspirasi, sumber kekuatan, sumber inovasi bagi pemimpin, ASN, TNI-Polri, stakeholder.

Dan masyarakat untuk membangun Humbang Hasundutan yang Maju dan Bermentalitas Unggul sebagaimana Visi dan Misi Kabupaten Humbang Hasundutan.

Dikatakannya, tantangan-tantangan yang kita hadapi membuat kita kecut dan takut, tetapi dengan kematian dan kebangkitan Yesus yang telah mengalahkan kematian memberi kita kekuatan. Bagaimanapun besarnya tantangan yang kita hadapi tidak mampu memisahkan kita dari Kasih Yesus Kristus.

Ada tiga hal yang perlu kita maknai dari paskah, pertama kalaupun menderita di dunia ini tidak sebanding dengan apa yang kita terima di surga.

Kedua, karena kasih Allah semua pasti dikaruniakan, diberikan kepada umat manusia karena anak-Nya yang tunggal sudah diberikan. Ketiga, dalam menghadapi tantangan bagaimanapun besarnya tidak bisa memisahkan kita dari Kasih Yesus.

Sekedar diketahui, ibadah Paskah ini dipimpin oleh Pdt. Godman Tampubolon, S.Th, M.Pd, song leader ‘Koor Eklesia GKPI Doloksanggul Kota’ dan ibadah diiringi musik oleh Dompak Sinaga.

 

(rel/gun)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Polri Siap Amankan dan Sukseskan World Water Forum ke-10 di Bali

Simalungun, Ruangpers.com - Kasi Humas Polres Simalungun, AKP Verry Purba, mengumumkan, bahwa Bali akan menjadi…

51 menit ago

Saling Lapor, Polsek Siantar Barat Selesaikan Kasus Penganiayaan dengan Mediasi

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Barat melalui personil piket SPKT dan Unit Reskrim, menyelesaikan perkara…

1 jam ago

Polsek Siantar Selatan Amankan Sejumlah Senjata Tajam Saat Laksanakan KYRD

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polres Pematangsiantar melalui personil Polsek Siantar Selatan dan Koramil 03 Siantar Selatan,…

1 jam ago

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

12 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

12 jam ago

Heboh Emak-Emak Ngamuk-Tampar Polisi Berujung Dilaporkan

Makassar, Ruangpers.com - Seorang emak-emak berinisial M (43) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) marah-marah…

12 jam ago