Sumut

Gerak Cepat !!! 5 Damkar Pemko Siantar dan 3 Damkar PT. STTC Padamkan Kebakaran Gudang Perabot di SBC

Pematang Siantar, Ruangpers.com – Sebanyak 5 unit Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemko Siantar dan 3 unit Damkar PT. STTC, diturunkan untuk memadamkan Gudang Perabot yang terbakar, di Kompleks Siantar Bisnis Center (SBC), jalan Sutomo Pematang Siantar, Minggu (15/1/2023) malam.

Peristiwa yang menghaguskan seisi perabotan dari lantai satu sampai tiga itu, karena sulitnya akses untuk memadamkan kobaran api yang terlihat tertutup tembok.

Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Josua Sihaloho mengatakan, kebakaran terjadi pada satu unit ruko yang dijadikan gudang prabot (Mebel), di Komplek SBC, Jalan Sutomo, Kota Pematang Siantar.

“Yang terbakar satu unit ruko yang dijadikan gudang prabot  seperti spring bad (tempat tidur). Pemilik ruko bapak Suandi,” ungkap Josua di lokasi kebakaran  dan terus berkordinasi dengan personil Damkar PT. STTC agar kobaran api cepat dijangkau (dipadamkan).

Menurut Josua Sihaloho, api sulit dipadamkan karena bahan-bahan (perabot) yang berada dalam Ruko adalah barang dan material yang mudah terbakar, dan lagi akses untuk menyemprotkan air cukup sulit karena ruko tertutup tembok (jendela ruko disemen).

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Anggota Damkar sulit masuk kedalam menyiramkan air, karena jendela dilantai dua sudah ditutup tembok, jadi bara api sulit dijangkau. Barnag-barang juga barang yang mudah terbakar,”ungkapnya, bahwa Damkar Pemko dibantu oleh Damkar PT.STTC untuk memadamkan kebakaran kompleks Bisnis di Siantar itu.

3 unit Damkar PT. STTC, diturunkan untuk memadamkan Gudang Perabot yang terbakar, di Kompleks Siantar Bisnis Center (SBC), jalan Sutomo Pematang Siantar, Minggu (15/1/2023) malam.

Pantauan media, terlihat warga dan pegawai Ruko yang terbakar berusaha mengeluarkan barang-barang (spring bad), sofa yang belum terbakar di lantai satu. Api juga tampak cepat menjalar dari lantai satu sampai lantai tiga.

Terlihat juga, pihak PT. STTC mengeluarkan Damkar Super Canggih memakai pemadaman otomatis (komputerisasi).

“Kita mengeluarkan tiga unit Damkar, salah satunya yang bisa mengakses (menyiram) dengan otomatis komputerisasi,”ungkap Emir Siregar, salah satu kordinator Damkar PT. STTC.

Lebih tiga jam petugas Damkar berupaya padamkan api. Sebanyak 8 unit Damkar dari Pemko Pematang Siantar dan PT. STTC, silih berganti memadamkan api.

Baca Juga : Ruko Gudang Perabotan di Siantar Hangus Terbakar, Diduga karena Ini..

Dari sekitar pukul 20.30 WIB peristiwa kebakaran, sampai pukul 00.00 WIB, Senin (16/1/2023) dini hari, personil Damkar masih berusaha memadamkan api.

Hingga berita ini diturunkan, tidak ada korban jiwa.

“Untuk sementara informasi awalnya yang kami dapat karena korsleting listrik (arus pendek) dan kami serahkan kepada pihak kepolisian untuk menyelidiki penyebab pasti kebakaran,” tutup Josua.

 

(red)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

KPU Tetapkan 45 Anggota DPRD Asahan Terpilih, Ini Nama-namanya

Asahan, Ruangpers.com - KPU menetapkan 45 anggota DPRD Kabupaten Asahan periode 2024-2029 terpilih. Selanjutnya 45…

3 jam ago

Demo Jalan Rusak Tak Digubris, Warga Air Joman Sweeping Kantor Bupati Asahan

Asahan, Ruangpers.com - Puluhan warga di Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) merangsek…

4 jam ago

Mobil Tabrak-Seret 3 Pria di Depan Universitas Nommensen Siantar, 2 Tewas

Siantar, Ruangpers.com - Satu mobil menabrak dan menyeret tiga pria di depan Universitas Nommensen Kota…

4 jam ago

Polsek Siantar Utara Selesaikan Kasus Pencurian HP

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Personil piket SPKT Polsek Siantar Utara - Polres Pematangsiantar, selesaikan perkara pencurian…

14 jam ago

Staf Ahli Bupati Pakpak Bharat Buka Acara MTQ Kecamatan Tinada

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Gema Musabaqah Tilawatil Qur'an telah berkumandang di Kecamatan Tinada. Dusun Kuta…

14 jam ago

Perayaan Paskah Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Penuh Sukacita

Pematangsiantar, Ruangpers.com -  Pagi ini, suasana ceria dan penuh kebersamaan menghiasi Lapas Kelas IIA Pematangsiantar,…

21 jam ago