Internasional

Heboh, Lulusan Kampus Terkenal Jadi Pembantu Rumah Tangga Digaji Rp78 Juta per Bulan

Beijing, Ruangpers.com – Netizen China dikejutkan dengan fenomena para lulusan kampus terkemuka di negara itu mencari pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga.

Ini mengindikasikan semakin tingginya persaingan lapangan pekerjaan di China. Dilaporkan Thepaper, perusahaan agensi pembantu rumah tangga kelas atas di Shanghai, Your Trust Home Service, merilis daftar para lulusan kampus terkemuka di platform online, meski nama mereka tak ditampilkan.

Sontak data itu membuat netizen bertanya-tanya hingga menjadi perbincangan hangat di dunia maya. Mereka terkejut mengetahui lulusan kampus terkemuka bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

“Harap diingat universitas paling bergengsi, seperti Tsinghua dan Universitas Peking, melatih orang-orang berbakat yang diharapkan dapat meningkatkan atau mengubah negara kita serta membawa manfaat bagi semua. Bukankah bekerja sebagai tutor keluarga menyia-nyiakan bakat seperti itu,” komentar seorang netizen, sebagaimana dilaporkan kembali SCMP, Sabtu (29/5/2021).

“Fakta bahwa lulusan Tsinghua bekerja sebagai tutor keluarga merupakan hasil dari persaingan yang tinggi di pasar kerja,” kata netizen lainnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sosok dimaksud adalah seorang perempuan 29 tahun asal Nanjing lulusan Universitas Tsinghua, kampus yang masuk peringkat 15 terbaik dunia menurut QS World University Rankings 2020. Meski demikian tidak disebutkan disiplin ilmu yang dia pelajari.

Dia fasih berbahasa Mandarin dan Inggris, pandai memasak makanan yang disukai banyak keluarga di Shanghai serta provinsi sekitar Jiangsu dan Zhejiang.

Dia berharap mendapatkan pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga dengan gaji 35.000 yuan atau sekitar Rp78 juta per bulan.

Seorang manajer Your Trust Home Service mengatakan, perempuan itu telah dipesan oleh kliennya.

“Orang-orang berbakat seperti dia jarang, tapi dia bukan satu-satunya. Kami juga memiliki pengasuh dengan gelar master, termasuk mereka yang lulus dari universitas terkemuka luar negeri,” kata manajer itu.

Bukan hal asing di China, pembantu rumah tangga di keluarga kelas atas juga bisa memainkan peran sebagai guru privat bagi anak-anak majikan mereka.

Menurut manajer, para pembantu rumah tangga yang memegang ijazah kampus terkemuka biasanya juga menjadi tutor yang mengajarkan anak-anak berbagai mata pelajaran. Mereka bisa dibayar mulai 15.000 hingga 50.000 yuan per bulan.

“Beberapa anak klien belajar di sekolah internasional. Jadi mereka membutuhkan tutor untuk berbicara bahasa Inggris sambil mengajar anak-anak,” kata manajer itu.

Gaji pekerja rumah tangga yang tinggi memicu diskusi hangat di media sosial. “Dia bukan pengasuh biasa. Dia pada dasarnya seorang guru privat. Lihat bayarannya sangat tinggi sehingga gaji yang dia dapat setara dengan manajer senior di perusahaan. Saya iri padanya,” demikian bunyi komentar di akun Weibo Thepaper.

“Kita tidak bisa memandang apakah suatu pekerjaan itu mulia atau rendah. Itu hanya pilihan seseorang,” ujarnya, menambahkan. Jumlah lulusan universitas di China meningkat dari tahun ke tahun selama 20 tahun terakhir.

Lebih dari 9 juta mahasiswa juga akan lulus dari berbagai kampus musim panas ini. Lebih dari 40 juta orang lulus dari universitas dan perguruan tinggi selama 5 tahun terakhir, sebanyak 77 persen dari mereka terserap ke dunia kerja.

Namun gaji para sarjana tidak setinggi yang diharapkan banyak orang. Menurut konsultan Mycos yang berbasis di Beijing, gaji bulanan rata-rata lulusan universitas tahun 2018 dan 2019 masing-masing 4.624 yuan dan 5.440 yuan.

 

Sumber : iNews.id

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

4 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

4 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

5 jam ago

Bupati Humbahas Sosialisasi Pengembangan Food Estate dan TSTH2

Humbahas, Ruangpers.com - Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE, mensosialisasikan pengembangan Food Estate dan Taman…

5 jam ago

Pemkab Pakpak Bharat Serahkan Terima Hibah Pembangunan Jalan Aornakan-Pagianda-Watas NAD

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Kepala Dinas  Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Perhubungan (PUTR) Kabupaten Pakpak…

13 jam ago

Pakpak Bharat Raih WTP dari BPK atas Capaian Laporan Hasil Keuangan Tahun 2023

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat meraih Opini "Wajar Tanpa Pengecualian" (WTP) dari…

13 jam ago