Lintas Provinsi

HUT Ke-77 RI, Puluhan Penyelam Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut

Situbondo, Ruangpers.com – Puluhan penyelam di Situbondo, Rabu (17/8/2022) pagi, menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih dari dasar Pantai Pasir Putih, Kecamatan Bungatan. Uniknya, seakan tak mau kalah dengan puluhan peserta upacara yang mengikuti jalannya upacara dari atas perahu, para penyelam juga mengenakan pakaian adat.

Kawasan Pantai Pasir Putih terlihat semarak dengan deretan perahu berhias Bendera Merah Putih. Bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan RI ke-77, warga menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih dari dasar laut, dengan melibatkan puluhan penyelam.

Menariknya, para penyelam yang berasal dari berbagai unsur dan kesatuan tampak mengenakan pakaian adat serta seragam dinas harian, mulai seragam TNI-Polri, pegawai negeri sipil hingga seragam batik.

Layaknya upacara di lapangan atau halaman alun-alun, prosesi pengibaran Bendera Merah Putih juga melibatkan petugas Paskibra. Bedanya, mereka kali ini dilengkapi dengan peralatan menyelam sebab prosesi pengibaran bendera merah putih dilakukan dari dasar laut.

Sambil membawa bendera, mereka kemudian bergerak bersama-sama menuju spot upacara yang berjarak sekitar 500 meter dari garis pantai. Diiringi lagu Indonesia Raya, Bendera Merah Putih perlahan ditarik dari dasar laut hingga muncul ke atas permukaan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Enggak ada kendala. Cuaca mendukung hari ini. Kondisi di dalam jernih. Penyelam ada 17 orang,” kata salah seorang penyelam, Dedi.

Sementara dari atas laut, puluhan warga juga tampak khidmat mengikuti upacara dengan menaiki sejumlah perahu. Selain untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77, upacara pengibaran unik ini juga untuk memperingati hari lahir Kota Situbondo ke-204.

“Ini adalah untuk peringati HUT RI Ke-77 sekaligus merayakan hari jadi Situbondo ke-204. Ini simbol warga Situbondo cinta tanah air. Sekaligus mengenang jasa pejuang bangsa,” ujar Bupati Situbondo Karna Suwandi.

Adapun, upacara unik ini juga sengaja digelar sebagai wujud syukur, sekaligus momen kebangkitan pariwisata di Kabupaten Situbondo, yang sempat terpuruk akibat badai pandemi Covid-19.

 

Sumber : Okezone.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

2 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

3 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

3 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

10 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

10 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

10 jam ago