Olahraga

Ini Alasan Thailand Ganti Kiper, Tak Bermaksud Remehkan Indonesia

Singapura, Ruangpers.com – Thailand mengganti kipernya di tengah laga melawan Indonesia, pada leg pertama final Piala AFF 2020. Tak ada maksud dari Gajah Perang meremehkan skuad Garuda.

Final Piala AFF 2020 mempertemukan Indonesia vs Thailand. Leg pertama digelar pada Rabu (29/12/2021) di National Stadium, Singapura.

Di laga itu, Thailand tampil perkasa. Anak asuh Alexandre Polking mengurung Indonesia sejak menit pertama, dan menuntaskan laga dengan kemenangan 4-0.

Gol pertama lahir sejak menit kedua, lewat kaki Chanathip Songkrasin. Gelandang serang andalan Thailand itu kemudian menggandakan skor pada menit ke-52.

Kemudian Thailand bisa menjauhkan keunggulan, lewat gol Supachok Sarachat pada menit ke-67. Saat skor 3-0 itu, Thailand melakukan pergantian kiper.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kawin Thamsatchanan masuk, menggantikan Siwarak Tedsungnoen pada menit ke-75. Pergantian kiper itu tak banyak berpengaruh.

Kawin tak banyak mendapat ancaman berarti dari pemain Indonesia. Sebaliknya, ia malah melihat rekannya bikin satu gol lagi, yakni lewat aksi Bordin Phala pada menit ke-83. Skor 4-0 bertahan hingga laga bubar.

Usai laga, Polking menjelaskan alasan pergantian kiper. Ia mengaku tak bermaksud Thailand meremehkan Indonesia, melainkan ingin memberi Kawin bermain sebagai pelipur lara.

Kiper 31 tahun itu sedang dirundung duka, usai ayahnya meninggal dunia sebelum laga melawan Indonesia. Dan Polking ingin memainkannya, untuk menghiburnya.

“Saya juga ingin memberi pernyataan sebelumnya, ini bukan pergantian yang tak menghormati Indonesia. Bukan itu alasannya,” kata Polking di sesi konferensi pers usai laga.

“Ayahnya baru saja meninggal hari ini. Dan saya ingin memberinya momen bahagia di hari dia menangis,” katanya.

Thailand sendiri biasanya memainkan Chatchai Budprom. Namun, kiper utama itu cedera sehingga harus digantikan Siwarak di leg pertama final.

Sementara Kawin sendiri sejak awal turnamen belum pernah dimainkan. Ia hanya masuk daftar pemain di bangku cadangan pada laga melawan Timor Leste, dan sisanya tidak disertakan. Baru ketika melawan Indonesia ia masuk daftar pemain lagi, dan akhirnya diturunkan.

Selanjutnya, leg kedua final Piala AFF 2020 akan digelar pada Sabtu (1/1/2022). Indonesia butuh lima gol agar bisa membalas Thailand dan menjadi juara Piala AFF 2020.

 

Sumber : detik.com

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

4 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

4 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

4 jam ago

Bupati Humbahas Sosialisasi Pengembangan Food Estate dan TSTH2

Humbahas, Ruangpers.com - Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE, mensosialisasikan pengembangan Food Estate dan Taman…

5 jam ago

Pemkab Pakpak Bharat Serahkan Terima Hibah Pembangunan Jalan Aornakan-Pagianda-Watas NAD

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Kepala Dinas  Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Perhubungan (PUTR) Kabupaten Pakpak…

12 jam ago

Pakpak Bharat Raih WTP dari BPK atas Capaian Laporan Hasil Keuangan Tahun 2023

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat meraih Opini "Wajar Tanpa Pengecualian" (WTP) dari…

12 jam ago