Sumut

Ini Arahan Kapolres Simalungun Saat Pimpin Rakor Moda Transportasi Air di Perairan Danau Toba

Simalungun, Ruangpers.com – Kapolres Simalungun, AKBP Nicolas Dedy Arifianto SH, SIK, MH, memimpin rapat koordinasi (Rakor) Moda Transportasi Air, di perairan Danau Toba, khususnya wilayah hukum Polres Simalungun, di Mako Polsek Parapat, Jalan SM Raja Parapat, Tiga Raja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa (26/4/2022) pagi tadi, pukul 10.00 WIB.

Rakor itu dihadiri Kasat Intelkam, IPTU Teguh, Kapolsek Parapat, AKP Jonny Silalahi, SH, Kanit Markas Polairud Danau Toba Poldasu, AKP Doni Gunawan, SH, PT. PPSU diwakili Humas, Jongguran Sialagan, Dishub Simalungun, Tulus Marbun, SH, Basarnas, Lettu Binsar Turnip, Organisasi Perkapalan Simanindo (OPS), Tani Silalahi, Koperasi Perkapalan dan Pariwisata Marihat Permai, O.P.S. Marihat Permai Ramja Sialagan, O.P.S. Tigaras-Simanindo Tani Sialagan, dan undangan lainnya.

Pelaksanaan rakor ini, dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan Idul Fitri dan mendukung Operasi Ketupat Tahun 2022.

Kapolres dalam arahannya, meminta masing- masing intansi menyatukan persepsi, dan menghimbau transportasi yang berkeselamatan, antisipasi over kapasitas penumpang serta agar semua instansi pada hari “H” bertanggung jawab.

Sementara paparan dari Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU) yang diwakili Humas, Jongguran Siallagan menyampaikan, bahwa Kapal Peri semua sudah dichek dan siap dioperasikan, dan alat- alat keselamatan penumpang sudah dipenuhi. Bahkan Anak Buah Kapal (ABK) sudah ditest urine dan tidak ada ditemukan yang menggunakan Narkotika serta Kapten Kapal berjumlah 5 personil.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Simalungun, Tulus Marbun menyampaikan, Dishub akan menempatkan personil di setiap pos dan pelabuhan serta menempatkan personil di setiap Ops.

Selanjutnya, paparan dari Koperasi Perkapalan dan Pariwisata Marihat Permai, agar Dishub mendukung Kapal- kapal Parawisata yang berada di Danau Toba serta Koperasi Perkapalan dan Pariwisata Marihat Permai siap mendukung pelayanan pariwisata.

Sambutan dari Pol Airud, AKP Doni Gunawan menyampaikan, personil Pol Airud sudah menempatkan 25 personil yang terdiri 15 personil Pol Airud dan 10 personil BKO Pol Airud, di setiap pantai.

Dan bahkan, Pol Airud juga sudah menyiapkan kapal di Pos Tiga Raja untuk siaga, manakala ada kejadian yang tidak diinginkan, katanya.

Tidak ketinggalan dari Basarnas, Binsar Turnip menyampaikan, kekuatan personil sebanyak 19 personil sudah diploting, serta kapal dan jet ski juga sudah disiapkan untuk patroli.

Pihaknya akan melaksankan patroli di sekitar Danau Toba, terutama di pantai dan Basarnas akan selalu tanggap darurat manakala ada suatu kejadian di sekitar Danau Toba, ujarnya.

Dari hasil rakor Moda Transportasi Air itu, disepakati menjamin kelayakan operasional kapal, para pengelola transportasi air siap mengikuti aturan yang diterbitkan, membentuk tim kecil lengkap, kesiapan dari kapal ataupun Ops, tidak mengangkut penumpang over kapasitas dan siap berkoordinasi dengan intansi terkait seperti Dishub, Pol Airud, dan Basarnas.

Acara diakhiri dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Transportasi Air yang aman, nyaman dan selamat.

 

(rel/gun)

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

4 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

4 jam ago

Heboh Emak-Emak Ngamuk-Tampar Polisi Berujung Dilaporkan

Makassar, Ruangpers.com - Seorang emak-emak berinisial M (43) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) marah-marah…

4 jam ago

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

21 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

21 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

21 jam ago