Pendidikan

Ini Dipesankan Rektor Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar Saat Wisuda 142 Orang Sarjana

Pematang Siantar, Ruangpers.com – Rektor Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar (UHKBPNP), Dr Mukhtar B Panjaitan MPd, memimpin senat terbuka wisuda sarjana angkatan ke – II Tahun 2023, di Auditorium UHKBPNP, Jalan Sangnaualuh, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, Sabtu (8/7/2023).

Sebanyak 142 orang mahasiswa yang diwisuda dari 10 Program Studi (Prodi) yakni FKIP sebanyak 8 prodi (119 orang) dan FTPSDP 2 Prodi (23 orang).

Pdt Drs Robert Silitonga MTh dalam kotbahnya mengatakan, hikmad adalah pemberian dari Tuhan. Hikmad perbuatan yang pertama dan utama dari Tuhan, sehingga dengan hikmad kita dapat berkomunikasi dengan Tuhan.

Ketika kita kita menguasai hati kita maka kita akan dikatakan tinggi hati. “Oleh karena itu, pilihlah kebutuhanmu, jangan pilih keinginanmu,”ujarnya.

Ketua panitia, Binsar Tison Gultom SPd MSc dalam laporan dan sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras sehingga pelaksanaan wisuda dapat berjalan dengan baik.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Tak lupa, Binsar mengucapkan rasa terimakasihnya kepada rektor yang telah memberikan kepercayaan kepada seluruh panitia untuk mensukseskan acara wisuda.

Sementara, Rektor UHKBPNP, Dr Mukhtar Panjaitan MPd dalam sambutannya, menyampaikan rasa bangga dan hormat kepada seluruh orang tua wisudawan – wisudawati yang sudah mempercayakan anaknya untuk dididik di kampus UHKBPNP.

Muktar berpesan kepada wisudawan wisudawati untuk tetap menjaga nama baik almamater.

“Kepada wisudawan wisudawati, mari jaga nama baik almamater kita ini,”ujarnya.

Mukhtar menambahkan, para calon mahasiswa yang belum berkesempatan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), UHKBPNP siap menampung dan membina anak – anak dengan biaya kuliah yang dapat diangsur dan juga menerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP), sehungga nantinya bagi orang tua yang kurang mampu dapat menguliahkan anaknya di Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar.

Sementara itu, Plt Kadis Pendidikan Siantar, RB Manurung MPd mewakili Walikota dalam sambutannya mengatakan, semoga UHKBPNP dapat memberikan manfaat bagi kita semua dan kota Pematang Siantar.

“Terimakasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada civitas akademika UHKBP Nommensen, karena sudah berbuat banyak kepada Pematang Siantar melalui pendidikan,” ujarnya.

Tak luput, Ephorus HKBP, Pdt Dr Robinson Butarbutar dalam bimbingan pastoralnya mengatakan, ilmu pengetahuan sangat cepat bertumbuh dan berkembang.

Hal tersebut juga dibuktikannya dari buku yang dibawakan dari luar negeri dimana buku tersebut menurut ephorus sangat penting untuk disampaikan.

“Buku ini mengungkapkan yang menurut saya penting saya sampaikan. Cepatnya ilmu pengetahuan bertumbuh dan berkembang,”ujar Ephorus.

Ephorus menambahkan, mahasiswa sekarang jauh lebih hebat untuk mengakses ilmu pengetahuan sehingga dosen diharapkan jadi gembala yang tepat.

“Para dosen jadilah tangan yang mengembalakan mahasiswa dengan tepat,”ujarnya seraya mengajak agar seluruh civitas akademika kompak.

“Saya memohon agar kita semua kompak. Rektorat bersama seluruh stakeholder terus kompak, jika ada masalah terus diskusikan dan cari solusinya bersama,”ujarnya lagi.

Dr Robinson menambahkan agar kedepannya lulusan Universitas HKBP Nommensen boleh diperhatikan oleh dunia usaha, dunia industri maupun dunia pendidikan.

“Karena HKBP mulai menunjukan kembali apa yang pernah kita capai dahulu. Doakan ephorus untuk membawa HKBP tanpa cacat dalam melaksanakan tugasnya. Dengan demikian lulusan dari universitas kita boleh diperhatikan,”harapnya.

Lebih lanjut, Ephorus juga mengatakan bahwa wisudawan saat ini diberkati Tuhan karena dirinya bisa hadir menyaksikan wisuda karena rektor sudah mengundangnya sekitar 1 bulan yang lalu.

Diakhir bimbingan pastoralnya, Ephorus berpesan agar Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar memperhatikan kaum difabel dengan membuka jurusan untuk kaum difabel.

Acara diawali dengan prosesi, dilanjutkan dengan kebaktian singkat, upacara nasional dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta dan dilanjutkan dengan kata – kata sambutan dan wisuda.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar, Sekretaris Pengurus Yayasan St Dr Hilman Pardede MPd, Praeses HKBP Distrik V Sumatera Timur Pdt Maurikson Silitonga MTh, Anggota DPRD Pematang Siantar Denni TH Siahaan SH MSi, mewakili Walikota Pematang Siantar, Plt Kadis Pendidikan, Rudol Barmen Manurung MPd, Prof Jon Sinaga, RE Nainggolan, Rektor Dr Mukhtar Panjaitan MPd, Wakil Rektor (WR) 1 Dr Andriono Manalu MPd, WR 2 Hendra Simanjuntak SPd MPd, WR 3 Pdt Partohap S.R Sihombing MPd, WR 4 Dr Natalina Purba MPd,  Ketua STT HKBP Pdt Hulman Sinaga dan para dekan, wakil dekan dan dosen serta perwakilan dari L. Dikti, Abdul Aziz Tambunan SH MKn, dan Pdt Reynold Sinaga MPd selaku pembawa doa syafaat.

 

(L. Tumangger)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

8 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

9 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

9 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

16 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

16 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

16 jam ago