Sumut

Ini Harapan Bupati Simalungun Saat Buka Promosi Pasar Tani Kabupaten Simalungun Tahun 2022

Simalungun, Ruangpers.com – Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, secara resmi membuka kegiatan promosi Pasar Tani Kabupaten Simalungun Tahun 2022 yang dilaksanakan Pemkab Simalungun, bekerjasama dengan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Simalungun.

Giat promosi pasar tani itu berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 19 hingga 21 Oktober 2022, di Stadion Mini Jalan Asahan Km 7, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumut, Rabu (19/10/2022).

Ketua Panitia, Ramadhani Purba dalam laporannya menyampaikan,  tujuan dilaksanakan kegiatan promosi pasar tani ini untuk mengembangkan pertanian di Kabupaten Simalungun.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan motivasi, kegairahan dan kemandirian petani maupun masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang menguntungkan.

Kegiatan promosi pasar tani ini juga untuk mempromosikan hasil pertanian yang menjadi unggulan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Simalungun, dan sekaligus untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang potensi yang terdapat di kecamatan serta mempertemukan langsung petani dan pembeli, ungkapnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Bupati Simalungun bersama Wakil Bupati Simalungun dan Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun saat ikuti acara promosi Pasar Tani Kabupaten Simalungun Tahun 2022.

Sementara, Bupati Simalungun dalam sambutannya, sangat mengapresiasi kegiatan promosi pasar tani ini.

Diharapkan, kegiatan ini tidak hanya sebatas serimonial saja akan tetapi harus diwujudkan nyatakan dengan berbagai aksi agar bagaimana produksi pertanian Kabupaten Simalungun dapat meningkat dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di Kabupaten Simalungun. “Itu yang paling penting,”kata Bupati.

Dijelaskan Bupati, mata pencarian masyarkat Simalungun 70% adalah sebagai petani.

“Tentu ini menjadi tangan dan PR bagi kita. Sumatera Utara mengakui kehebatan masyarkat Simalungun dalam hal tata kelola budi daya tanaman holtikultura dan tanaman lainnya,”ucap Bupati.

Namun, kata Bupati, yang menjadi persoalan adalah hilirisasinya, pemasaran produksi pertanian Simalungun.

Bupati Simalungun bersama Wakil Bupati Simalungun dan Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun saat ikuti acara promosi Pasar Tani Kabupaten Simalungun Tahun 2022.

“Kami tidak akan jenuh untuk terus mencari investor yang mau berinvestasi di Simalungun ini, khususnya sektor pemasaran/hilirisasi,”ujar Bupati lagi.

Kemudian, Bupati Simalungun menyampaikan, bahwa kedepan, lokasi promosi pasar tani ini akan dibangun sebagai pusat pasar induk di Kabupaten Simalungun yang dilengkapi dengan pasar modern, tata niaga pemasaran, dan fasilitas pendukung lainnya.

“Kami mengharapkan dukungan semua stakeholder yang ada di Simalungun. Dan saya mau nantinya, pedagang di pasar induk ini adalah warga Simalungun, namun pembelinya silahkan dari mana saja,”sebut Bupati.

Pada pembukaan promosi pasar tani itu diawali dengan Devile KTNA dari kecamatan se-Kabupaten Simalungun dengan membawa hasil produk pertanian dari kecamatan masing-masing dan peyerahan bantuan kepada kelompom tani dan UMKM.

 

(rel)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

WN Afrika Selatan Ditemukan Tewas dalam Kamar Hotel di Samosir

Samosir, Ruangpers.com - Pensiunan asal Afrika Selatan berinisial RNH ditemukan tewas di salah satu kamar…

6 jam ago

Duel Kedua di UFC, Jeka Saragih Tantang Westin Wilson

Medan, Ruangpers.com - Petarung UFC asal Indonesia, Jeka Saragih bakal melakoni duel keduanya. Fighter asal…

6 jam ago

Polsek Perdagangan Evakuasi Jasad Purnawirawan TNI yang Meninggal di Pemandian Wisata Alam Indah

Simalungun, Ruangpers.com - Polsek Perdagangan - Polres Simalungun mengevakuasi penemuan jasad seorang pria yang meninggal…

15 jam ago

Beroperasi Besok, Tol Lima Puluh-Kisaran Gratis

Medan, Ruangpers.com - Jalan tol Indrapura-Kisaran seksi Lima Puluh-Kisaran akan beroperasi mulai besok. Untuk sementara…

16 jam ago

Polda Sumut Ungkap 386 Kasus Narkotika Dalam Dua Pekan, Polres Pematangsiantar Sumbang 8 Kasus

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polda Sumut telah mengungkap 386 kasus narkotika dalam dua pekan terakhir, menunjukkan…

16 jam ago

Kabupaten Humbang Hasundutan Terima Penghargaan Opini WTP 8 Kali Berturut-turut dari BPK

Medan, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) kembali menerima penghargaan atas pencapaian opini…

16 jam ago