Sumut

Ini Harapan Plt. Wali Kota saat Sosialisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemko Pematangsiantar Tahun 2022

Pematangsiantar, Ruangpers.com – Plt. Wali Kota Pematangsiantar, dr. Susanti Dewayani, Sp.A yang diwakili Sekda Kota Pematangsiantar, Budi Utari, AP, memimpin rapat kerja dan sosialisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar Tahun 2022, di Ruang Serba Guna BAPPEDA Pematangsiantar, Jalan Merdeka Pematangsiantar,  Jumat (20/5/2022).

Pada acara tersebut, Plt. Kadis Kominfo Kota Pematangsiantar, Johannes Sihombing S.STP, M.Si melaporkan,  bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini yaitu Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Konkuren Bidang Komunikasi dan Informatika.

Serta Peraturan Wali Kota Pematangsiantar Nomor 34 Tahun 2017 Tentang Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam penyelenggaraan E-Govermment, pada Pemerintah Kota Pematangsiantar, yang bertujuan pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik Kota Pematangsiantar. .

Sementara, Plt. Wali Kota dalam sambutannya yang dibacakan Sekda, Budi Utari menyampaikan, bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang biasa disingkat dengan TIK telah membawa bangsa indonesia menuju paradigma baru dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

Secara umum dan sederhana, era revolusi industri 4.0 adalah sebuah kondisi perubahan sosial dan tatanan kehidupan yang mengandalkan perpaduan antara jaringan internet dan sistem teknologi informasi, jelasnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Salah satu upaya untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 adalah dengan peningkatan keterampilan, daya saing, produktivitas dan profesionalisme sumber daya manusia pada bidang teknologi informasi dan komunikasi, ungkapnya.

Plt. Wali Kota Pematangsiantar juga  menyampaikan, bahwa Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kota Pematangsiantar untuk tahun 2021 berada pada angka 1,53 dan masuk dalam kategori kurang.

Ini cukup rendah jika dibandingkan dengan pemerintah daerah lainnya. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, sesuai dengan misi ketiga, yang tertuang dalam visi misi Wali Kota Pematangsiantar saat ini, kita targetkan indeks SPBE Kota Pematangsiantar untuk tahun 2023 harus mencapai angka 2,6, ujarnya.

Oleh karena itu, Plt.Wali Kota mengharapkan, bahwa rapat kerja dan sosialisasi kali ini bukan hanya seremonial semata, tapi memiliki tujuan yang jelas dan mampu menyatukan persepsi untuk mencapai target indeks SPBE tersebut.

Untuk pencapaian tujuan itu, dibutuhkan kesamaan persepsi pemahaman, bahwa target indeks SPBE ini bukan hanya tanggung jawab dari OPD tertentu saja, tetapi ini merupakan tanggung jawab dari seluruh stakeholder baik Dinas, Badan, Bagian dan OPD lainnya, untuk membentuk sinergi dalam pelaksanaan layanan publik dan pemerintahan, agar sesuai dengan semangat sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Dia juga kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti rapat kerja ini dengan sungguh-sungguh untuk mencapai terwujudnya Kota Pematangsiantar yang “Sehat, Sejahtera dan Berkualitas”.

Hadir dalam rapat tersebut, Staf Ahli Wali Kota, Dra. Heppy Oikumenis Dail, Plt. Kadis Kominfo Kota Pematangsiantar, Johannes Sihombing S.STP, M.Si, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Mardiana, SH, para Pimpinan OPD di Kota Pematangsiantar dan para Operator di setiap OPD Pemko Pematangsiantar.

 

(rel/L. Tumangger)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Pencuri Sepeda Motor di Asahan Nyaris Diamuk Massa, Ratusan Warga Kepung Tempat Pelaku Bersembunyi

Kisaran, Ruangpers.com  - Warga Pasar XII, Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan dibikin geger dengan aksi…

3 jam ago

Mendagri Akan Terbitkan SE Pj Kepala Daerah Wajib Mundur jika Maju Pilkada 2024

Jakarta,  Ruangpers.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan menerbitkan surat edaran mengatur penjabat…

3 jam ago

Tim Jibom Gegana Brimob Polda Sumut Olah TKP Ledakan di Perumahan Liberty Residence

Medan, Ruangpers.com - Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Sat Brimob Polda Sumatera Utara (Sumut) melakukan…

13 jam ago

Polisi Temukan 1,5 Ha Ladang Ganja Seberat 650 Kg di Madina, Pemilik Diburu

Mandailing Natal, Ruangpers.com - Polres Madina menemukan 1,5 hektare ladang ganja di pegunungan Tor Sihite.…

13 jam ago

Polsek Siantar Marihat Selesaikan Kasus Selisih Paham

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Marihat - Polres Pematangsiantar melalui Bhabinkamtibmas Kelurahan Sukamakmur, Aipda Ijon…

14 jam ago

Kapolres Bersama Wali Kota Pematangsiantar Cek Ruang Rehabilitasi Napza di RSUD dr Djasamen Saragih

Pematangsiantar, Ruangperscom - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK, bersama Wali Kota Pematangsiantar,…

14 jam ago