Hukum

Ini Kata Wali Kota Pematang Siantar Saat Ikut Musnahkan Barang Bukti Narkoba di Kejari

Pematang Siantar, Ruangpers.com – Wali Kota Pematang Siantar, turut memusnahkan barang bukti narkoba, di halaman kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Pematang Siantar, Rabu (26/10/2022) pagi tadi, pukul 09.00 WIB.

Jumlah barang bukti yang dimusnahkan sebanyak 105 perkara yaitu sabu-sabu dan ganja. Untuk ganja sebanyak 3.921,08 gram dan sabu-sabu sebanyak 393,352 gram.

Kepala Seksi Pengelola Barang Bukti dan Rampasan Kejari Pematang Siantar, Andri Darma dalam laporannya menerangkan, barang bukti yang dimusnahkan berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki hukum tetap (Inkracht) periode Mei-Oktober 2022 pada Kejari Pematang Siantar.

Sedangkan barang bukti yang dimusnahkan sebanyak 105 perkara yaitu ganja sebanyak 3.921,08 gram dan sabu-sabu 393,352 gram.

Untuk sabu-sabu, dimusnahkan dengan cara di-blend menggunakan cairan pemutih. Sedangkan ganja dimusnahkan dengan cara dibakar. Sementara barang bukti elektronik dan lainnya juga dibakar.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada Kejari  Pematang Siantar yang telah melaksanakan pemusnahan barang bukti tindak pidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dan mengikat (inkracht).

Seperti diketahui, lanjutnya, saat ini perang terhadap narkotika sudah menjadi tekad pemerintah dan seluruh elemen masyarakat. Hal ini mengingat begitu besarnya bahaya penyalahgunaan narkotika, terutama kepada generasi muda.

Narkotika bukan saja menyebabkan ketergantungan, namun juga berpengaruh pada gangguan mental dan kejiwaan, mempengaruhi syaraf dan fisik serta psikologis penggunanya. Selain itu, narkotika juga dapat memicu tindakan kriminal lainnya. Seperti pencurian, penggelapan, asusila, pembunuhan dan kejahatan lainnya.

“Kami dari Pemerintah Kota Pematang Siantar sangat berharap kegiatan pemusnahan barang bukti tindak pidana ini bukan sekadar seremonial, melainkan dapat menumbuhkan kesamaan sikap dalam rangka membangun kesadaran tentang bahaya narkotika dan kejahatan lainnya, serta meningkatkan komitmen untuk melakukan upaya-upaya pencegahan,” terang Wali Kota Susanti.

Dilanjutkannya, pemusnahan barang bukti tindak pidana ini merupakan hasil kerja keras jajaran Polres Pematang Siantar dan Kejari Pematang Siantar. Pemusnahan barang bukti ini merupakan keberhasilan dan keseriusan aparat penegak hukum dalam upaya memberantas tindak pidana atau kejahatan di Kota Pematang Siantar. Selain pelakunya ditindak sesuai aturan dan hukum yang berlaku, barang buktinya juga dimusnahkan.

“Saya mengajak untuk bersama-sama memerangi segala bentuk kejahatan yang meresahkan masyarakat. Pemerintah Kota Pematang Siantar akan senantiasa bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi dengan seluruh lembaga dan elemen terkait untuk menanggulangi dan memberantas tindakan yang melawan hukum. Kami sangat mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini akan dapat menjauhkan masyarakat dari kejahatan tindak pidana serta hal-hal buruk lainnya,” sebutnya.

Salah satu progres Pemerintah Kota Pematang Siantar, sambungnya, adalah menciptakan kondisi atau situasi kondusif, aman, damai, dan nyaman bagi seluruh masyarakat. Kondisi keamanan di Kota Pematang Siantar harus menjadi acuan bersama untuk tetap siaga dalam hubungan persahabatan, siaga dalam pergaulan, siaga dalam keluarga, dan siaga dalam masyarakat, serta lingkungan di mana kita berada. Keamanan dan kenyamanan merupakan tanggung jawab kita bersama agar keamanan dan kenyamanan dapat dinikmati bersama.

“Kami juga mengajak seluruh pihak yang ada di Kota Pematang Siantar untuk senantiasa mendukung program-program pembangunan Pemerintah Kota Pematang Siantar, terutama yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat, guna mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematang Siantar Bangkit dan Maju,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pematang Siantar, Jurist Precisely Sitepu SH MH mengaku terharu, meskipun hujan turun, namun para pemutus kebijakan di Kota Pematang Siantar berkenan hadir.

“Saya lihat semangat kita untuk NKRI dan pembersihan narkoba nyata kita lakukan. Bukan hanya cakap-cakap tapi ini fakta dan bukti kita satu pikiran dalam pemusnahan narkoba di kota yang kita cintai ini,” tukasnya.

Turut hadir, Unsur Forkopimda Kota Pematang Siantar, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pematang Siantar Dr Tuangkus Harianja, Kalapas Kelas II Pematang Siantar diwakili Bohera Pardede, Kaban Kesbang Pol Pematang Siantar Soefie Saragih SSTP MSi, dan Plt Kadis Kesehatan dr Yuliana Sara Erika Kurniawati Silitonga.

 

(rel/L. Tumangger)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

2 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

3 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

3 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

10 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

10 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

10 jam ago