Sumut

Ini Kata Wali Kota Saat Terima 189 Sertifikat Tanah Aset Pemko Pematang Siantar dari BPN

Pematang Siantar, Ruangpers.com – Wali Kota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani SpA, menerima 189 sertifikat tanah aset Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar.

Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pematang Siantar, Pangasian Hatigoran Sirait SKom, di Ruang Rapat Lantai II Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Pematang Siantar, Jumat (4/11/2022) sore tadi, pukul 14.00 WIB.

Kepala BPN Kota Pematang Siantar, Pangasian Hatigoran Sirait menerangkan, KPK memberikan target kepada pihaknya untuk melegalisasi aset Pemko Pematang Siantar, baik berupa jalan dan sebagainya, sebanyak 400 bidang.

“Capaian kita per hari ini 400 bidang. Sampai dengan akhir November nanti, total aset yang akan terbit sertifikatnya sebanyak 437 bidang. Artinya, nantinya  kita di sini mencapai lebih dari 100 persen dari beban target yang diberikan pada kita,” jelasnya.

Pangasian melanjutkan, pihaknya siap mendukung Pemko Pematang Siantar dalam meningkatkan jumlah aset yang belum bersertifikat untuk disertifikatkan. Pihaknya pun akan berusaha maksimal untuk mendukung kinerja Pemko Pematang Siantar.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Sore hari ini kami akan menyerahkan secara simbolis 189 sertifikat yang tersebar di Kelurahan Bah Sorma 45 bidang, Kelurahan Nagahuta 65 bidang, dan Kelurahan Pematang Marihat 79 bidang,” sebutnya

Wali Kota Pematang Siantar, mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada BPN yang telah menyelesaikan sertifikat tanah milik Pemko Pematang Siantar.

Masih kata Susanti, berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK Tahun Anggaran 2021, Pemko Pematang Siantar memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Salah satu indikator pencapaian tersebut, adalah hasil pencatatan aset Pemko Pematang Siantar, termasuk sertifikasi tanah milik Pemko Pematang Siantar.

“Hal ini juga menjadi perhatian khusus KPK RI melalui Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK RI khususnya untuk pensertifikatan tanah aset Pemerintah Kota Pematang Siantar,” terangnya.

Wali Kota Susanti melanjutkan, tahun 2021 Pemko Pematang Siantar pada telah menerima sertifikat tanah di bawah jalan melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)  sejumlah 106 bidang.

Tahun ini, usulan sertifikat tanah di bawah jalan milik Pemko Pematang Siantar dalam Program PTSL adalah 462 bidang. Sejauh ini yang sudah selesai tersertifikat 445 bidang.

“Namun pada kesempatan yang berbahagia ini, sesuai informasi dari kantor Pertanahan Kota Pematang Siantar, Pemerintah Kota Pematang Siantar menerima 189 sertifikat dari tiga kelurahan yakni Kelurahan Pematang Marihat, Kelurahan Bah Sorma, dan Kelurahan Nagahuta,” papar Wali Kota Susanti.

Ditambahkannya, tanah milik Pemko Pematang Siantar  yang telah bersertifikat sebanyak 321 bidang dari 2.980 bidang tanah. Ditambah 189 yang baru diserahkan, maka total bidang tanah milik Pemko Pematang Siantar yang telah bersertifikat sebanyak 510 bidang tanah.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Pematang Siantar sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Pertanahan Kota Pematang Siantar, Bapak Pangasian Sirait SKom beserta seluruh jajaran yang telah mendukung Program PTSL untuk Pemerintah Kota Pematang Siantar. Semoga ke depannya kerjasama ini akan semakin baik dan semakin solid lagi, mengingat banyaknya program kegiatan, baik dari Pemerintah Kota Pematang Siantar maupun dari Kantor Pertanahan, yang harus saling bekerjasama untuk dapat menyelesaikan program kegiatan masing-masing,” pungkasnya.

Tampak hadir, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematang Siantar, Budi Utari Siregar AP, Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Dra Happy Oiukumenis Daely, Plt Kepala BPKPD Kota Pematang Siantar, Masni SH, Plt Inspektur Kota Pematang Siantar, Hery Oktarizal SH, Kabag Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Pematang Siantar, Robert Sitanggang SSTP, serta Kabag Prokopim Sekretariat Daerah Kota Pematang Siantar, Suherman SSosI.

 

(rel/L. Tumangger)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

7 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

7 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

8 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

14 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

14 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

15 jam ago