Nasional

Isak Tangis Warnai Pemakaman Lettu Dirman, Prajurit TNI yang Gugur Diserang KKB

Bima, Ruangpers.com – Lettu Chb Dirman, anggota TNI AD yang gugur diserang Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat, dimakamkan di kampung halamannya Dusun Tengga, Desa Mandala, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Sabtu (4/9/2021).

Kedatangan jenazah dan pemakaman diwarnai tangis histeris dari keluarga dan warga. Sebelum dimakamkan, jenazah Lettu Chb Dirman disemayamkan di rumah duka.

Jenazah Komandan Pos Ramil Kisor Distrik Aifat Selatan Maybrat Jayapura itu disambut warga dan ribuan keluarga yang menangis histeris.

Dari mobil ambulans,  jenazah langsung diturunkan ke rumah orang tuanya di desa setempat. Tak lama, almarhum disalatkan di Masjid Al-Muhajirin. Acara dilanjutkan upacara serah terima jenazah yang dipimpin oleh Komandan Korem (Danrem) 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani yang juga memimpin pemakaman secara militer di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Mandala.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pemakaman disaksikan seluruh jajaran TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bima serta ribuan masyarakat Wera.

Danrem 162 WB menyampaikan dukacita mendalam atas gugurnya Lettu Chb Dirman. Gugurnya Lettu Chb Dirman tentunya membuat TNI AD merasa sangat kehilangan putra terbaiknya. Namun, TNI AD juga bangga karena Lettu Dirman gugur dalam tugas negara.

“Almarhum putra terbaik bangsa Indonesia dan masyarakat Bima.Dia gugur dalam tugasnya di daerah operasi di wilayah Papua Barat. Ini suatu kehormatan dan kebanggaan masyarakat dan kami semua,” kata Danrem 162 WB Brigjen Ahmad Rizal Ramdhani.

“Kami juga memberikan yang terbaik dari upacara penyambutan di bandara, penerimanan, penyerahan sampai pemakaman siang hari ini secara militer. Semua berjalan dengan lancar. Masyarakat Bima juga antusias menyambut kedatangan pahlawannya,” kata Danrem 162 WB.

Lettu Dirman mendapat penghargaan Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) dari pangkat Letnan Satu menjadi Kapten TNI AD karena jasanya dalam menjaga keutuhan NKRI.

Baca Juga : Cerita Praka Dirhamsyah sebelum Gugur, Ingin Ajak Keluarga Jalan-Jalan

Baca Juga : Ini Tampang 2 Terduga Anggota KKB Penyerang dan Pembunuh Prajurit TNI di Maybrat

Baca Juga  : 2 Terduga Anggota KKB yang Serang Posramil dan Bunuh 4 Prajurit TNI Ditangkap

Almarhum gugur dalam jabatannya sebagai Komandan Pos Ramil Kisor Distrik Aifat Selatan Maybrat Jayapura. Kapten Dirma wafat meninggalkan istri dan tiga orang anaknya yang sudah meninjak usia remaja.

TNI berjanji, jika kemudian hari anak almarhum bercita-cita menjadi TNI, mereka akan menjadi prioritas sebagai bentuk penghargaan atas jasa almarhum orang tuanya.

 

Sumber : iNews.id

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Polsek Bangun Gerebek Diduga Lokasi Judi di Warung Kopi, Ini Hasilnya

Simalungun, Ruangpers.com - Kapolsek Bangun, IPTU Esron Siahaan bersama anggota Polsek Bangun melakukan patroli dan…

5 jam ago

Sosok Jon Sarman Saragih Jabat Kepala PN Medan, Hakim yang Vonis Seumur Hidup Irjen Teddy Minahasa

Medan, Ruangpers.com  - Sosok hakim Jon Sarman Saragih dipercayakan menjabat Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan.…

5 jam ago

Penjual Sabu di Sirondung Diamankan Satnarkoba Polres Labuhanbatu

Labuhanbatu, Ruangpers.com -Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Labuhanbatu dipimpin oleh Ipda Rahmadhan Hilal berhasil tangkap…

6 jam ago

Kapolres Simalungun Serahkan Hewan Qurban dari Wakapolri kepada Persulukan Serambi Babussalam Simalungun

Simalungun, Ruangpers.com - Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1445H, Wakapolri, Komjen. Pol. Drs.…

20 jam ago

Polres Siantar Sembelih Lima Ekor Sapi Saat Idul Adha 1445 H

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno, S.H, S.I.K, pimpin penyembelihan hewan qurban…

20 jam ago

Kapolres Pematangsiantar Ikuti Sholat Idul Adha di Lapangan Haji Adam Malik

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK, didampingi Ketua Bhayangkari Cabang…

20 jam ago