Sumut

Juara Gebyar Literasi Sumut 2023, Rumah Baca Mutiara Bangsa Terima Penghargaan Wali Kota Siantar

Siantar, Ruangpers.com – Rumah Baca Mutiara Bangsa menerima penghargaan dari Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, Sp.A, pada perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 Tahun, di Lapangan H Adam Malik, Kamis (17/08/2023).

Penghargaan yang diterima Rumah Baca Mutiara Bangsa atas prestasi sebagai Juara II Gebyar Literasi (Taman Bacaan Masyarakat/Perpustakaan Masyarakat)  tingkat Sumatera Utara yang dilaksanakan di Medan, 9-11 Agustus 2023.

Seusai menerima penghargaan, pemilik Rumah Baca Mutiara Bangsa, Tagor Leo Sitohang, SH, kepada media, mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan Wali Kota Pematang Siantar.

Pemilik Rumah Baca Mutiara Bangsa, Tagor Leo Sitohang, SH, didampingi Sekretaris, Helen Sitio foto bersama Hamzah Fanshuri Damanik, S.STP, M.Si, selaku Kadis Arsip dan Perpustakaan Kota Pematang Siantar, dan Lurah Suka Maju, Yeyen Sitohang, SH usai menerima penghargaan dari Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, Sp.A, pada perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 Tahun, di Lapangan H Adam Malik, Kamis (17/08/2023).

“Terimakasih atas penghargaan dan dukungan Wali Kota Pematang Siantar. Literasi di Kota Siantar akan terus kita tingkatkan melalui minat baca masyarakat,” kata Tagor Sitohang yang juga Ketua Literasi Siantar-Simalungun ini.

Berdiri Sejak Tahun 2010

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ditempat yang sama, Hamzah Fanshuri Damanik, S.STP, M.Si, selaku Kadis Arsip dan Perpustakaan Kota Pematang Siantar, mengucapkan selamat kepada Rumah Baca Mutiara Bangsa yang terus mendedikasikan diri meningkatkan literasi di Kota Pematang Siantar.

“Terimakasih untuk Rumah Baca Mutiara Bangsa yang terus mengabdi dan mendedikasikan dirinya mengembangkan minat baca untuk masyarakat Siantar,” kata Hamzah Damanik didampingi  Charles Y. P. Siregar, S.Sos, M.Si selaku Sekretaris, dan Yogina Sari Tamba, S.Si, M.Si, Kabid Pengembangan Tenaga Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca.

Pemilik Rumah Baca Mutiara Bangsa, Tagor Leo Sitohang, SH, didampingi Sekretaris, Helen Sitio foto bersama Kapolres Pematang Siantar, usai menerima penghargaan dari Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, Sp.A, pada perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 Tahun, di Lapangan H Adam Malik, Kamis (17/08/2023).
.

Pada kesempatan itu, Hamzah Fanshuri Damanik juga menyampaikan, agar literasi di sekolah juga ditingkatkan.

“Melalui prestasi Rumah Baca Mutiara Bangsa, kami berharap literasi (Perpustakaan Sekolah) harus juga digalakkan untuk mengembangkan minat baca para pelajar di Kota Siantar,” harapnya.

Yogina Sari Tamba menambahkan, bahwa Rumah Baca Mutiara Bangsa sudah berdiri sejak tahun 2010, dan tidak hentiknya mengalakkan literasi di Kota Siantar.

“Kita bangga punya Rumah Baca Mutiara Bangsa yang sudah beberapa kali membawa nama harum kota Siantar sebagai juara TBM. Kita akan bekerjasama bagaimana meningkatkan Literasi di Kota Pematang Siantar,” ungkapnya.

Pengurus Rumah Baca Mutiara Bangsa, saat menghadiri perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 Tahun, di Lapangan H Adam Malik, Kamis (17/08/2023).

Seperti diketahui, Rumah Baca Mutiara Bangsa yang beralamat di jalan Farel Pasaribu Gg. Anggur Pematang Siantar ini, memiliki koleksi buku sekitar 6.000 examplar.

Di Rumah Baca Mutiara Bangsa kita juga dapat melihat museum mini berupa uang kuno (lama), baik logam maupun kertas.

Demikian juga ditempat ini, kita juga dapat melihat koleksi perangko jaman Presiden Suharto dan kamera tahun 1920-an.

Dan rumah baca ini banyak dikunjungi para pelajar dan ada juga permainan anak-anak, serta Literasi Budaya (Gorga Batak).

 

(red)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

6 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

6 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

6 jam ago

Bupati Humbahas Sosialisasi Pengembangan Food Estate dan TSTH2

Humbahas, Ruangpers.com - Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE, mensosialisasikan pengembangan Food Estate dan Taman…

6 jam ago

Pemkab Pakpak Bharat Serahkan Terima Hibah Pembangunan Jalan Aornakan-Pagianda-Watas NAD

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Kepala Dinas  Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Perhubungan (PUTR) Kabupaten Pakpak…

14 jam ago

Pakpak Bharat Raih WTP dari BPK atas Capaian Laporan Hasil Keuangan Tahun 2023

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat meraih Opini "Wajar Tanpa Pengecualian" (WTP) dari…

14 jam ago