Sumut

Kapolres Pematangsiantar Terima Kunjungan Tim Asistensi Mabes Polri menuju WBK/WBBM Tahun 2024

Pematangsiantar, Ruangpers.com – Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK, terima kunjungan Tim Asistensi Mabes Polri (TPI), di Aula Mako Polres Pematangsiantar, Kamis (2/5/2024) pagi, pukul 09.00 WIB.

Kedatangan Tim Asistensi Mabes Polri dipimpin Karo RBP Rena selaku Pengendali Tim Asistensi Mabes Polri, Brigjen Pol. Drs. Mas Gunarso, S.H, M.Si tersebut dalam rangka penilaian internal terkait pembangunan zona integritas.

Dalam kata sambutannya, Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno, S.H, S.I.K menyampaikan, pada hari ini kita kedatangan Tim Asistensi Mabes Polri untuk menerima arahan sebagai konsultan menuju pembangunan Zona Integritas.

Selama menjabat kurang lebih 10 bulan jadi Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen banyak kegiatan.

“Atau apapun perubahan-perubahan yang kita lakukan, termasuk perubahan fisik, dimana kita juga harus memikirkan untuk bagaimana ruangan-ruangan tersebut bisa kita gunakan dengan baik. Saya berkeinginan merombak bangunan utama Polres Pematangsiantar sejak tahun 1977 dan belum pernah ada renovasi. Sehingga dengan bantuan Pemko Pematangsiantar, banyak ruang-ruangan yang bisa kita gunakan mengingat tentang pelayanan dengan masyarakat,”ucap Kapolres.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sambung Kapolres, untuk Polres Pematangsiantar sendiri terdiri dari 8 Kecamatan dan 6 Polsek dengan jarak yang paling jauh dengan waktu tempuh 30 menit. Sehingga Polres Pematangsiantar bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat Kota Pematangsiantar atau tidak terlalu sulit, ungkapnya.

Untuk meningkatkan pelayanan ditingkat Polsek, mengingat ada 8 Kecamatan dan 6 Polsek, kami memiliki cita-cita untuk membuat 2 Polsek tambahan dan masih kita koordinasikan nantinya. Kita sudah punya lahan dan membangun 2 bangunan yang rencananya konsep Polsek Sektor untuk saat ini dan akan ditingkatkan menjadi Polsek, ujar Kapolres lagi.

Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK, terima kunjungan Tim Asistensi Mabes Polri (TPI), dipimpin Karo RBP Rena selaku Pengendali Tim Asistensi Mabes Polri, Brigjen Pol. Drs. Mas Gunarso, S.H, M.Si, di Aula Mako Polres Pematangsiantar, Kamis (2/5/2024) pagi, pukul 09.00 WIB.

Bangunannya sudah jadi, namun untuk konsep penempatan personil kita masih punya kendala dikarenakan kekurangan personil. Apabila itu sudah bisa, paling tidak menjadi Polsek Sektor dan kemudian akan ditingkatkan menjadi Polsek, tambahnya.

“Itu akan sangat membantu sekali karena Polsek Siantar Marihat dan Polsek Siantar Martoba yang membawahi 2 Kecamatan dari sisi luas wilayah akan sangat kesulitan untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal,”pungkas AKBP Yogen.

Sementara, Pengendali Tim Asistensi Mabes Polri. Brigjen Pol Drs. Mas Gunarso, S.H, M.Si menyampaikan, kehadiran mereka berkaitan dengan Zona Integritas (ZI) dan bagaimana kita membangun ZI serta bagaimana kita melihat perkembangan reformasi, birokrasi yang ada di Polri ini. Tentu dalam pertemuan ini pasti ada yang tahu, ataupun setengah mengetahui bahkan ada yang lupa sama sekali, katanya.

Disini kami menjelaskan bahwa reformasi birokrasi ini sudah menjadi perintah oleh karena tuntutan masyarakat.

“Oleh karena itu, saya menyampaikan, kita adalah pelindung dan payung bagi masyarakat bukan pasukan perang dan bagian dari angkatan bersenjata republik Indonesia. Tentu suasananya berbeda karena tugas kita adalah protect kepada publik,”katanya lagi.

“Dengan kehadiran kami disini untuk pembangunan Zona Integritas dan akan diberikan predikat WBK dan WBBM untuk diajukan kepada pimpinan Polri dan penilaian nasional yang akan mendapatkan penghargaan di hari anti korupsi sedunia pada tanggal 10 Desember setiap tahunnya. Ini adalah gambaran waktu tahunan dalam penilaian dari Januari sampai dengan Desember. Jadi kita harus siap dalam tahap penilaian dalam membangun Zona Integritas di internal Polri,”tutup Brigjen Pol Drs. Mas Gunarso.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dengan Tim Asistensi Mabes Polri (TPI) dan para PJU dan personil Polres Pematangsiantar, lalu dilanjutkan dengan pendalaman.

Tim Asistensi Mabes Polri juga melakukan pengecekan terhadap pelayanan di ruang SPKT dan ruangan pelayanan SKCK. Dilanjutkan ke Satpas Polres Pematangsiantar.

 

(rel)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Lahan Ganja 5 Hektare di Madina Dideteksi dari Teknologi Milik BRIN

Medan, Ruangpers.com - Pihak kepolisian menemukan dan memusnahkan ladang ganja seluas lima hektare di Kabupaten…

16 menit ago

Polsek Siantar Marihat Edarkan Himbauan agar Anak – Anak Tidak Terlibat Tawuran dan Kenakalan Ramaja

Pematangsiantar, Ruangpers.com  - Polsek Siantar Marihat - Polres Pematangsiantar mengedarkan himbauan agar anak - anak…

28 menit ago

Jari Putus Dibegal, Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Masuk Bintara Polri

Pematangsiantar, Ruangpers.com – Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, memberikan penghargaan kepada calon siswa Bintara Polri…

39 menit ago

Wakapolres Hadiri Pelantikan Anggota PPK Se – Kota Pematangsiantar

Pematangsiantar, Ruangpers.com – Kapolres diwakili Wakapolres Pematangsiantar, Kompol Ahmad Wahyudi, hadiri pelantikan Anggota Panitia Pemilihan…

10 jam ago

Polsek Siantar Utara Ringkus DPO Pelaku Bongkar Rumah Karyawan BUMN

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Utara berhasil mengamankan Daftar Pencarian Orang (DPO), pelaku pembongkaran rumah…

11 jam ago

Polsek Siantar Martoba Amankan Pencuri Dompet dan HP, Pelaku Tak Berkutik Dikepung Warga

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Martoba yang dipimpin Kanit Reskrim, AIPTU Ricardo Rajagukguk, mengamankan pelaku…

11 jam ago