Sumut

Kebakaran Hutan dan Lahan di Taput Telan Korban Jiwa, Natal Simaremare Tewas Mengenaskan

Taput, Ruangpers.com – Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Dusun Buntu Raha, Desa Sitanggor, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), mengakibatkan satu orang warga tewas mengenaskan.

Kejadian itu dibenarkan Kapolres Taput, AKBP Johanson Sianturi SIK, MH,  melalui Kasi Humas, Aiptu Walpon Baringbing, dan memberitahukan, peristiwanya pada Sabtu (16/7/2022) sore lalu, pukul 14.00 WIB.

Diberitahu Kasi Humas, bhawa korban atas nama Natal Simaremare alias Ama Lasker (50), warga sekitar lokasi kejadian.

Menurut keterangan saksi yang dihimpun kepolisian, lanjutnya, korban terlihat warga berada didalam kobaran api dan saat para warga berupaya menyelamatkannya, api kian membara.

“Saat itu, para saksi atas nama Natal Ompusunggu bersama Polin Rajagukguk (33), Lintong Aritonang (65), dan David Parlindungan Ompusunggu alias Amani Arta (32), sedang menaiki areal perbukitan untuk upaya pemadaman api,”ujar Aiptu Walpon Baringbing.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dari jarak sekitar tiga meter, saksi David melihat seseorang berada didalam kobaran api, setelah tergelincir dari depannya dengan posisi telentang kaki dan tangan terangkat ke atas, ungkap Kasi Humas.

Melihat hal itu, masih kata Kasi Humas, saksi David berteriak dan memberitahukannya kepada teman-temannya untuk berupaya melakukan pertolongan, namun mereka tak kuasa mendekati posisi korban akibat kobaran api yang kian membesar.

Karena saksi yang semakin terancam oleh jilatan api, terpaksa mereka mundur dan pulang, serta melaporkan kejadian tersebut kepada masyarakat Buntu Raja Desa Sitanggor, katanya.

Dengan segera, masyarakat dibantu personil Polsek Muara dan anggota Koramil Muara, kembali berupaya memadamkan kobaran api yang kian meluas, namun tak kunjung dapat dipadamkan.

Apalagi mengingat lokasi kebakaran merupakan wilayah perbukitan yang terjal dan ditingkahi kuatnya tiupan angin yang menambah tingkat kesulitan dalam upaya pemadaman, kata Aiptu Walpon Baringbing.

Api yang semakin membesar tidak memungkinkan upaya pencarian korban, dan atas kesepakatan bersama dan petunjuk dari Camat Muara, Lindung Sianturi, pencarian korban dilakukan pada keesokan harinya, ujaranya lagi.

Lalu, pada hari Minggu (17/7/2022) pagi, pukul 07.00 WIB, personil Polsek Muara, anggota Koramil Muara berserta masyarakat Buntu Raja Desa Sitanggor, melanjutkan pencarian dan akhirnya menemukan korban sudah dalam keadaan hangus terbakar.

Korban meninggal dunia telah dievakuasi dari lokasi kebakaran hutan. Peristiwa ini sudah ditangani dengan melakukan cek TKP, memasang garis polisi, dan menghimpun keterangan dari para saksi, akhir Kasi Humas.

 

(rel)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

6 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

6 jam ago

Heboh Emak-Emak Ngamuk-Tampar Polisi Berujung Dilaporkan

Makassar, Ruangpers.com - Seorang emak-emak berinisial M (43) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) marah-marah…

6 jam ago

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

23 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

23 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

24 jam ago