Lintas Provinsi

Kenangan Ayah Serda Pandu Kru KRI Nanggala-402 Video Call Pamer Sepatu PDL

Banyuwangi, Ruangpers.com – Duka masih dialami Peltu Wahyudi, ayah almarhum Serda Ede Pandu Yudha Kusuma, kru KRI Nanggala-402. Pasalnya, baru minggu lalu, Peltu Wahyudi sempat video call pamer sepatu Pakaian Dinas Lapangan (PDL) pada anaknya. Sepatu itu akan diberikan kepada Pandu, jika nanti usai berlayar dan kembali pulang ke rumahnya.

Wahyudi baru saja mendapat pembagian sepatu PDL dari kesatuannya di TNI AD. Dirinya sengaja memilih ukuran sepatu anaknya itu. Seperti inilah hubungan akrab keduanya layaknya adik dan kakak.

“Itu buat siapa pak? Ya buat kamu. Bagus pak sepatunya. Saya sama Pandu itu sepeti kakak adik. Saya dapat pembagian pakaian apa, saya kasihkan ke dia. Begitu juga sebaliknya. Minggu lalu saya dapat sepatu PDL. Sengaja ukuran sepatunya saya minta seperti ukuran sepatu Pandu,” kata Wahyudi, ditemui usai doa bersama di rumahnya, di Kelurahan Sobo, Banyuwangi, Minggu (25/4/2021) malam.

Wahyudi terus mengenang video call terakhir dengan anaknya itu. Rencananya jika pulang nanti, sepatu itu akan diberikan pada Pandu. Namun takdir berbicara lain. Pandu termasuk dalam bagian kru kapal selam KRI Nanggala-402 tenggelam dan seluruh awaknya gugur.

“Saya kalau lihat sepatu itu, selalu teringat Pandu,” kata Wahyudi yang tak mau menunjukkan sepatu PDL itu karena teringat Pandu.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pandu diterima menjadi anggota TNI AL sejak 2016 lalu. Sejak 2016 Pandu dinas di kapal permukaan.

“Desember tahun ini seharusnya tepat lima tahun Pandu menjadi anggota TNI AL,” tambahnya.

Pada 2018 Pandu mendapat telepon diminta kesatuan untuk mengikuti tes menjadi kru kapal selam. Pandu diminta secara khusus untuk mengikuti tes. Pandu akhirnya diterima menjadi 23 anggota kapal selam dari 100 orang yang mengikuti tes kala itu.

Saat mengikuti sekolah kapal selam selama sekitar 7-8 bulan, Pandu sempat rindu dengan masakan Banyuwangi. Wahyudi lantas mengirim makanan khas Banyuwangi, seperti pecel pitik, ayam kesrut, berikut sambal tempong ke tempat pendidikan di Situbondo saat itu.

“Makanan itu lalu dimakan bareng-bareng bersama anggota lainnya termasuk kapten kapal Nanggala yang juga gugur,” kenang Wahyudi.

Wahyudi mengatakan sejak kecil bahkan sebelum Pandu lancar bicara, telah bercita-cita menjadi tentara.

“Sebelum dia lancar bicara, dia ingin jadi tentara. Dulu kalau ditanya cita-cita, dia jawab mau jadi tentaya (tentara),” katanya.

Sebagai orangtua, Wahyudi hanya bisa mengarahkan. Akhirnya Pandu diterima menjadi anggota TNI AL.

“Ketika mendaftar menjadi tentara, kita semua sadar akan segala risikonya. Apalagi menjadi kru kapal selam, risikonya lebih besar dari kapal permukaan,” jelas Wahyudi.

“Ini sudah menjadi ketetapan Tuhan. Kami harus menerima kenyataan, anak kami gugur saat berlayar bersama kapal Nanggala 402,” tambahnya.

 

Sumber : detik.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

3 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

3 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

4 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

10 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

10 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

11 jam ago