Sumut

Ketua PPK di Madina Meninggal Dunia Usai Minum Pestisida

Madina, Ruangpers.com – Ketua panitia pemilihan kecamatan (PPK) Pakantan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumut, Parlan meninggal dunia kemarin. Parlan didiagnosa meninggal usai meminum pestisida berjenis Gramoxone.

Ketua KPU Madina Muhammad Ikhsan membenarkan soal kematian Parlan. Parlan meninggal dunia pada Sabtu (17/2) sekitar pukul 12.15 WIB.

“Iya (Ketua PPK Pakantan meninggal dunia kemarin siang),” kata Muhammad Ikhsan kepada detikSumut, Minggu (18/2/2024).

Ikhsan mengaku mendapat informasi jika Parlan dibawa ke RSUD Panyabungan pada Jumat (16/2) sekitar pukul 17.00 WIB. Saat itu, Parlan dibawa dengan kondisi muntah-muntah dan mencret.

“Kita mendapatkan informasi hari Jumat sekitar jam 17.00 masuk rumah sakit, penyebabnya itu muntah-muntah dan mencret,” ucapnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kondisi Parlan saat itu sempat membaik dan ketiduran saat mendapat pertolongan medis. Namun keesokan harinya, Parlan mengalami sesak dan akhirnya meninggal dunia siangnya.

“Sempat dirawat di rumah sakit, sorenya itu sempat mendingan, tenang, ketiduran. Paginya di hari Sabtu (kambuh) lagi macam sesak, jadi dibawa ke ruang ICU sekitar 12.15 lah meninggal dunia,” ujarnya.

Saat ditanya soal informasi Parlin meninggal usai mencoba bunuh diri dengan meminum cairan pestisida, Ikhsan mengaku belum mendapat keterangan secara resmi. Hanya saja berdasarkan pemberitaan di beberapa media, Parlan disebut keracunan pestisida.

“Kalau dari analisa dokter ada keracunan, kami kan belum dapat secara resmi dari media sementara pestisida,” bebernya.

Sementara Humas RSUD Panyabungan Mukmin Harahap menyebutkan pihaknya tidak bisa menentukan apakah Parlan bunuh diri atau tidak. Sebab hal itu di luar wewenang mereka.

“Bunuh diri atau nggaknya kita nggak tahu, karena itu bukan ranah kita menentukan bunuh diri atau tidak kan,” sebut Mukmin Harahap.

Mukmin menuturkan jika Parlan tiba di RSUD Panyabungan dengan anamnesa meminum cairan gramoxone. Parlan meminum gramoxone sekitar setengah botol ukuran kecil.

“Kita bicara dari sisi fasilitas kesehatan, kalau dari sisi medis pasien itu datang hari Jumat jam 5 sore dengan anamnesa meminum cairan sejenis gramoxone semacam pestisida kalau bahasa kita di pertanian itu roundap lah namanya, perkiraan itu diminum sekitar setengah botol ukuran kecil,” tuturnya.

Pihaknya kemudian memberikan pertolongan medis terhadap Parlan selama di RSUD Panyabungan dan kemudian meninggal dunia. Sehingga pihaknya tidak dapat menyatakan apakah Parlan bunuh diri atau tidak.

“Jadi faktor penyebabnya kita nggak tahu, apakah itu bunuh diri atau bagaimana,” tutupnya.

 

Sumber : detik.com

 

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Kapolres Pematangsiantar jadi Irup Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-116

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno, S.H, S.I.K, pimpin upacara peringatan Hari…

3 menit ago

Kapolsek Siantar Marihat Ingatkan Siswa/i SMA Negeri Siantar Tidak Terlibat Tawuran dan Kenakalan Remaja

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 116 tahun 2024, Kapolsek Siantar…

18 menit ago

Pemkab Humbahas Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116

Humbahas, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) menggelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional…

33 menit ago

Pemerintah Kabupaten Humbahas Ikut Rakor Pengendalian Inflasi

Humbahas, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Humbahas dalam hal ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Martogi Purba…

47 menit ago

Ini Kata Kapolres Simalungun Saat Pimin Upacara Sertijab Kabag OPS dan Kapolsek Tanah Jawa

Simalungun, Ruangpers.com - Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H, pimpin langsung upacara…

3 jam ago

Bongkar Sindikat Pencurian Kendaraan Bermotor, 6 Personel Polres Tanjungbalai dapat Penghargaan

Tanjungbalai, Ruangpers.com - Kapolres Tanjungbalai, AKBP Yon Edi Winara SH, SIK, MH, pimpin apel pemberian…

4 jam ago