Sumut

Lantik 85 Kepala Desa Terpilih, Ini Pesan Bupati Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com – Bupati Humbang Hasunduan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, melantik 85 Kepala Desa (Kades) terpilih yaitu hasil Pilkades tanggal 22 November 2021 lalu, di Aula Hutamas Perkantoran Tano Tubu Dolok Sanggul, Rabu (5/1/2022).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, agar Kades yang dilantik dapat merangkul masyarakat desa, baik yang mendukung dan tidak mendukung. Serta, menghilangkan perbedaan.

Turut hadir pada pelantikan ini, Wakil Bupati Humbahas, Oloan Paniaran Nababan, Ketua DPRD Humbahas, Ramses Lumbangaol, Kapolres Humbahas, AKBP Achmad Muhaimin, Kajari Humbahas, Martinus Hasibuan, Dandim 0210/TU, Letkol Inf Hari Sandra, Anggota DPRD Jamanat Sihite, Wakil Ketua TP. PKK Ny. Erma Oloan Paniaran Nababan, Sekdakab Tonny Sihombing, dan sejumlah Pimpinan OPD, serta Camat.

Lebih lanjut dikatakan Dosmar, kepada 85 Kepala Desa yang baru saja dilantik, hendaknya menumbuh kembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan dan pembangunan.

“Pelayanan prima dan keterbukaan informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan desa, dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai kepala desa harus teliti, cermat, bijaksana dan sesuai dengan aturan hukum. Selalu banyak belajar sehingga terhindar dari permasalahan jerat hukum” tandasnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dosmar juga menekankan, dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan desa dan sumber pendapatan dan kekayaan desa hendaknya dilakukan secara transparan dan akuntabel sesuai peraturan perundang-undangan.

“Perlu kami ingatkan, agar tidak pilih kasih kepada masyarakat desa, baik yang mendukung ataupun tidak mendukung pada pelaksanaan pilkades lalu, harus mampu merangkul dan bergandengan tangan dengan kepala desa yang kalah untuk tercipta keharmonisan titengah-tengah masyarakat kita. Tetap mengedepankan silaturahmi dan menjaga kerukunan secara terus- menerus, jangan semena mena memberhentikan perangkat desa, tetap berpedoman kepada aturan hukum yang berlaku,”tambahnya.

Disamping itu, Dosmar berharap, agar Kades terpilih bekerja dengan sungguh sungguh dan penuh tanggungjawab. Meningkatkan  pelayanan publik yang lebih meningkat, Kepala Desa dan BPD merupakan mitra dan harus membangun komunikasi yang harmonis dengan BPD dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerjasama dalam penyelenggaraan pemerintahan, katanya lagi.

“Bekerjasama dan memberdayakan perangkat desa sesuai dengan tugas dan fungsinya, sehingga pelayanan pemerintahan desa, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan terhadap masyarakat desa dapat trrlaksana dengan baik, lancar dan tepat waktu, dan sekali lagi bekerjalah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, agar tidak terjerat hukum,”pesannya.

Dia juga menyampaikan agar Kades terpilih tidak terfokus pada dana desa saja, tetapi harus mampu membangun desa bersama masyarakat dengan BUMDes.

Selain itu, sebagai masyarakat yang dominan petani, Kepala Desa juga harus mengajak masyarakat untuk fokus bertani dengan komoditi yang tumbuh baik di Kabupaten Humbang Hasundutan.  Ada lima komoditi yang harus kita prioritaskan di Humbang Hasundutan padi, jagung, kentang, bawang dan kopi, ujarnya.

Sementara itu, Kadis PMDP2A Binsar Marbun, menyampaikan, bahwa tujuan kegiatan ini adalah agar Kades dilantik, sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai Kades.

Adapun Kades yang dilantik berjumlah 85 orang dengan rincian, 6 (enam) dari Kecamatan Parlilitan, 7 (tujuh) dari Kecamatan Pollung, 5 (lima) dari Kecamatan Paranginan, 15 (lima belas) dari Kecamatan Doloksanggul, 9 (sembilan) dari Kecamatan Sijamapolang, 5 (lima) dari Kecamatan Onanganjang, 10 (sepuluh) dari Kecamatan Pakkat, 2 (dua) dari Kecamatan Baktiraja, 20 (dua puluh) dari Kecamatan Lintongnihuta dan 6 (enam) dari Kecamatan Tarabintang.

 

(red)

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

WN Afrika Selatan Ditemukan Tewas dalam Kamar Hotel di Samosir

Samosir, Ruangpers.com - Pensiunan asal Afrika Selatan berinisial RNH ditemukan tewas di salah satu kamar…

10 jam ago

Duel Kedua di UFC, Jeka Saragih Tantang Westin Wilson

Medan, Ruangpers.com - Petarung UFC asal Indonesia, Jeka Saragih bakal melakoni duel keduanya. Fighter asal…

10 jam ago

Polsek Perdagangan Evakuasi Jasad Purnawirawan TNI yang Meninggal di Pemandian Wisata Alam Indah

Simalungun, Ruangpers.com - Polsek Perdagangan - Polres Simalungun mengevakuasi penemuan jasad seorang pria yang meninggal…

18 jam ago

Beroperasi Besok, Tol Lima Puluh-Kisaran Gratis

Medan, Ruangpers.com - Jalan tol Indrapura-Kisaran seksi Lima Puluh-Kisaran akan beroperasi mulai besok. Untuk sementara…

19 jam ago

Polda Sumut Ungkap 386 Kasus Narkotika Dalam Dua Pekan, Polres Pematangsiantar Sumbang 8 Kasus

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polda Sumut telah mengungkap 386 kasus narkotika dalam dua pekan terakhir, menunjukkan…

20 jam ago

Kabupaten Humbang Hasundutan Terima Penghargaan Opini WTP 8 Kali Berturut-turut dari BPK

Medan, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) kembali menerima penghargaan atas pencapaian opini…

20 jam ago