Pendidikan

Mantap ! Mahasiswa UHKBPNP Menangi Lomba PKM dan Kampus Merdeka, Ini Penjelasan WR III

Pematangsiantar, Ruangpers.com – Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar atau UHKBPNP, berhasil  menoreh sejumlah prestasi.

Prestasi yang diraih mahasiswa tersebut diantaranya program dari Kemendikbudristek.

Wakil Rektor (WR) III UHKBPNP, David Berthony Manalu mengatakan, program yang dimenangi mahasiswa yaitu hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk pengabdian masyarakat yang merupakan ajang bergengsi yang diselenggarakan Kemendikbudristek setiap tahunnya melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa).

Mahasiswa yang memenangi PKM tersebut mengusung judul “Pendampingan Belajar melalui kegiatan TBDR (Teman Belajar di Rumah) bagi Siswa SD HKI 3 Pematangsiantar”.

David menjelaskan, tim mahasiswa bimbingannya itu berjumlah 5 orang akan melaksanakan kegiatan pendampingan belajar bagi siswa SD, pada bulan Juli 2021 mendatang.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ke-5 mahasiswa tersebut yakni, Hotlinda Rodearni Girsang (prodi pendidikan Bahasa Inggris), Hanna Cristina Rumahorbo (prodi pendidikan Bahasa Inggris), Taruli Florenza Sianipar (prodi pendidikan Bahasa Inggris), Romasta Naibaho (prodi pendidikan Ekonomi) dan Novriyanti Ardani Paskah Simanjuntak (prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau PGSD).

“Prestasi mahasiswa ini dapat meningkatkan citra dan animo masyarakat terhadap UHKBPNP. Selain itu, prestasi ini juga memberi nilai yang bermanfaat bagi akreditasi program studi maupun perguruan tinggi,” ujarnya, kepada wartawan, Selasa (11/5/2021).

Selain ke-5 mahasiswa tersebut, 1 orang mahasiswa UHKBPNP dari program studi pendidikan ekonomi, sambung David, ikut memenangkan program Kampus Mengajar yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek, sebagai wujud percepatan kurikulum Kampus Merdeka.

“Ada juga mahasiswa kita, bernama Aldinand Saragih, menang program Kampus Merdeka,”ungkapnya.

Berikutnya, ada Ucy Nursanty Haloho, mahasiswa prodi pendidikan Bahasa Inggris dan Kevin Willaim Andri Siahaan, prodi pendidikan Kimia yang telah menulis jurnal, buku bersama dan membuat media animasi pembelajaran.

“Bangga, ada tulisan mahasiwa UHKBNP dalam jurnal terindeks Sinta 5, google scholar dikutip 7 kali, dan telah diverifikasi LIPI,” kata Kevin dalam kesempatan yang berbeda.

UHKBPNP terus berusaha meningkatkan kualitas SDM mahasiswanya, melalui keikutsertaan dalam berbagai program dan kompetisi yang diselenggarakan di tingkat nasional seperti PKM, KN-MIPA, Pilmapres, Kampus Mengajar, PHP2D, dan program lainnya.

Untuk tahun akademik 2021/2022, UHKBPNP dijelaskan dosen prodi Bahasa Inggris ini, tengah mempersiapkan beberapa tim mahasiswa yang akan mengikuti kompetisi di berbagai bidang yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) maupun Ditjen Belmawa.

 

(red)

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Nelayan di Asahan Kepergok Polisi Selundupkan 2 Kg Sabu dari Malaysia

Asahan, Ruangpers.com - Seorang nelayan bernama Ismail (37) ditangkap di perairan Kabupaten Asahan, Sumatera Utara…

9 menit ago

Polri Siap Amankan dan Sukseskan World Water Forum ke-10 di Bali

Simalungun, Ruangpers.com - Kasi Humas Polres Simalungun, AKP Verry Purba, mengumumkan, bahwa Bali akan menjadi…

3 jam ago

Saling Lapor, Polsek Siantar Barat Selesaikan Kasus Penganiayaan dengan Mediasi

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Barat melalui personil piket SPKT dan Unit Reskrim, menyelesaikan perkara…

4 jam ago

Polsek Siantar Selatan Amankan Sejumlah Senjata Tajam Saat Laksanakan KYRD

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polres Pematangsiantar melalui personil Polsek Siantar Selatan dan Koramil 03 Siantar Selatan,…

4 jam ago

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

14 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

15 jam ago