Sumut

Marsal Tewas Ditembak OTK, Puluhan Wartawan di Humbahas Ikut Aksi Solidaritas

Humbahas, Ruangpers.com – Puluhan wartawan dari media cetak dan elektronik yang tergabung dalam komunitas wartawan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, menggelar aksi damai, mengecam aksi kekerasan terhadap wartawan, Senin (21/6/2021).

Aksi tersebut digelar menyusul terjadinya peristiwa penembakan yang menghebohkan warga Huta 7 Pasar 3, Nagori Karang Anyer, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (19/6/2021) dini hari.

Korban diketahui bernama Marasalem Harahap alias Marsal, seorang wartawan media online di Kota Pematangsiantar yang ditembak orang tak dikenal (OTK).

Aksi damai berlangsung di Kantor Polres Humbang Hasundutan, Jalan Doloksanggul – Siborong – borong, Desa Tapian Nauli, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Koordinator aksi solidaritas Wartawan Humbahas, Dedi Simbolon mengatakan, aksi ini sebagai bentuk solidaritas terhadap rekan wartawan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Aksi kekerasan terhadap wartawan masih terus terjadi. Salah satunya rekan kita Marsal meninggal dunia dengan jejak kekerasan. Kekerasan, apalagi sampai menghilangkan nyawa, jelas tidak bisa ditolerir. Kami wartawan Humbahas, mengecam aksi kekerasan tersebut dan mendesak aparat kepolisian untuk segera mengusut kasus ini dengan serius dan bersikap tegas,”katanya, di sela-sela aksi, Senin (21/6/2021).

Aksi solidaritas wartawan Humbahas saat berunjuk rasa, di depan Markas Kepolisian Resort Humbang Hasundutan, Senin (21/6/2021).

Dalam aksi tersebut, para wartawan menggelar orasi sambil membawa poster bertuliskan stop teror terhadap wartawan dan usut tuntas pembunuh Marsal Harahap serta berbagai pesan lainnya.

Dalam orasinya, mereka mengecam kekerasan terhadap wartawan. Tindakan kekerasan tersebut menunjukkan, bahwa institusi pers masih merupakan ancaman utama terhadap kemerdekaan pers, di wilayah kesatuan NKRI.

Puluhan wartawan juga menggelar aksi mengumpulkan kartu pers sebagai aksi simpatik telah terusiknya kebebasan pers.

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Humbang Hasundutan, AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, menerima aksi solidaritas wartawan dan berjanji akan menindak secara tegas peristiwa tersebut.

Baca Juga : Ratusan Jurnalis Geruduk Polres Pematangsiantar, Desak Polisi Tangkap Pembunuh Marsal Harahap!

“Kami mengucapkan bela sungkawa yang sedalam – dalamnya atas kejadian yang menimpa rekan wartawan. Kami paham sebenarnya, bahwa profes sebagai wartawan adalah sangat beresiko,”kata Kapolres.

“Kami (Kepolisian Republik Indonesia) akan menindaklanjuti kejadian ini. Kita akan mengkaji, bila terbukti akan kita tindak sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

 

(rel)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

KPU Tetapkan 45 Anggota DPRD Asahan Terpilih, Ini Nama-namanya

Asahan, Ruangpers.com - KPU menetapkan 45 anggota DPRD Kabupaten Asahan periode 2024-2029 terpilih. Selanjutnya 45…

11 jam ago

Demo Jalan Rusak Tak Digubris, Warga Air Joman Sweeping Kantor Bupati Asahan

Asahan, Ruangpers.com - Puluhan warga di Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) merangsek…

11 jam ago

Mobil Tabrak-Seret 3 Pria di Depan Universitas Nommensen Siantar, 2 Tewas

Siantar, Ruangpers.com - Satu mobil menabrak dan menyeret tiga pria di depan Universitas Nommensen Kota…

12 jam ago

Polsek Siantar Utara Selesaikan Kasus Pencurian HP

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Personil piket SPKT Polsek Siantar Utara - Polres Pematangsiantar, selesaikan perkara pencurian…

22 jam ago

Staf Ahli Bupati Pakpak Bharat Buka Acara MTQ Kecamatan Tinada

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Gema Musabaqah Tilawatil Qur'an telah berkumandang di Kecamatan Tinada. Dusun Kuta…

22 jam ago

Perayaan Paskah Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Penuh Sukacita

Pematangsiantar, Ruangpers.com -  Pagi ini, suasana ceria dan penuh kebersamaan menghiasi Lapas Kelas IIA Pematangsiantar,…

1 hari ago