Internasional

Minat Jadi Tukang Parkir Pesawat? Segini Gajinya

Medan, Ruangpers.com – Mungkin Anda bertanya-tanya berapa gaji tukang parkir pesawat atau marshaller. Pekerjaan satu ini memang harus memiliki keahlian khusus dalam mengarahkan pesawat yang hendak parkir.

Tentu, gaji tukang parkir pesawat berbeda dengan tukang parkir biasa. Selain itu, gaji tukang parkir pesawat juga memiliki perbedaan di tiap-tiap negara.

Dilansir dari detikFinance, Senin (3/7/2023), rata-rata gaji tahunan marshaller atau tukang parkir pesawat di Amerika Serikat per 1 Desember 2021 adalah US$ 43.861 per tahun atau sekitar Rp 622 juta (kurs dolar Rp 14.200).

Jika disederhanakan, itu kira-kira US$ 21,09 atau sekitar Rp 299 ribu per jam. Dan setara dengan US$ 843 atau Rp 11,9 juta per minggu atau US$ 3.655 atau Rp 51,9 juta per bulan.

Kisaran gaji yang bervariasi ini menunjukkan kemungkinan ada banyak peluang untuk peningkatan gaji berdasarkan keterampilan, lokasi dan pengalaman.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sementara, gaji tukang parkir pesawat yang berada di atas rata-rata adalah di San Fransisco dilanjutkan dengan San Jose di California dan Fremont. San Jose mengalahkan rata-rata nasional sebesar US$ 6.627 atau sekitar Rp 94 juta (15,1%), dan San Francisco, berada di atas rata-rata dengan US$ 9.983 atau sekitar Rp 141 juta (22,8%).

Kemudian, di Indonesia sendiri dikutip dari detikTravel, gaji tukang parkir pesawat berkisar antara Rp 4-6 juta per bulan. Ini jawaban dari Arif Husni yang telah bekerja sebagai tukang parkir pesawat Gapura Angkasa selama 10 tahun.

“Perkiraan saja ya, antara Rp 4-6 juta,” tegas Arif kepada detikcom di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta beberapa waktu lalu.

Peran tukang parkir pesawat begitu penting karena mereka menjadi kepanjangan mata pilot. Lewat gerak badan, mereka memberi arah persis di mana pesawat harus berhenti, selain itu juga memastikan bahwa jalur taxi dan area parkir pesawat bebas dari segala benda asing.

Hebatnya, tukang parkir pesawat harus tetap bekerja di tengah kondisi buruk seperti hujan dan badai. Hal itu dilakukan demi memastikan pesawat terparkir dengan baik.

Tukang parkir pesawat juga dituntut memahami aturan yang cukup banyak dan ketat. Mereka hanya bisa memarkirkan lima pesawat ke area parkir setiap harinya. Biasanya mereka menggunakan bet dan lampu marshalling seperti polisi lalu lintas. Bet tersebut berbentuk bulat dan bergagang kayu, seperti raket pingpong atau tenis meja.

Pada umumnya, tukang parkir pesawat bisa bekerja 13 jam sehari atau lewat shift yang diselingi istirahat atau break. Biasanya jam kerja mereka adalah pukul 06.00-19.00 dan 18.00-07.00 pagi. Itulah dia gaji tukang parkir pesawat, kamu tertarik?

 

Sumber : detik.com

 

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Sopir Bus Tabrak 2 Pejalan Kaki hingga Tewas di Toba Positif Narkoba

Toba, Ruangpers.com - Bus pariwisata di Kabupaten Toba , Sumatera Utara (Sumut) menabrak empat pejalan…

57 menit ago

Lompat ke Sungai Saat Digerebek Polisi, Pria di Langkat Ditemukan Tewas

Langkat, Ruangpers.com - Seorang pria bernama Heru Irlangga (42) melompat ke sungai bersama teman-temannya usai…

1 jam ago

Nelayan di Asahan Kepergok Polisi Selundupkan 2 Kg Sabu dari Malaysia

Asahan, Ruangpers.com - Seorang nelayan bernama Ismail (37) ditangkap di perairan Kabupaten Asahan, Sumatera Utara…

10 jam ago

Polri Siap Amankan dan Sukseskan World Water Forum ke-10 di Bali

Simalungun, Ruangpers.com - Kasi Humas Polres Simalungun, AKP Verry Purba, mengumumkan, bahwa Bali akan menjadi…

13 jam ago

Saling Lapor, Polsek Siantar Barat Selesaikan Kasus Penganiayaan dengan Mediasi

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Barat melalui personil piket SPKT dan Unit Reskrim, menyelesaikan perkara…

14 jam ago

Polsek Siantar Selatan Amankan Sejumlah Senjata Tajam Saat Laksanakan KYRD

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polres Pematangsiantar melalui personil Polsek Siantar Selatan dan Koramil 03 Siantar Selatan,…

14 jam ago