Lintas Provinsi

Miris! Bayi Ini Dikira Kesurupan Ternyata Positif Narkoba

Medan, Ruangpers.com – Seorang bayi di Samarinda, Kalimantan Timur dinyatakan positif narkoba jenis metamfetamin. Awalnya pihak keluarga mengira bayi ini kesurupan.

Bayi ini diketahui positif narkoba karena adanya gejala yang muncul seperti halusinasi, tidak bisa tidur selama dua hari, hingga tak nafsu makan.

“Gejalanya itu dia aktif, tidak mau diam, mulutnya ngoceh terus dan tidak mau tidur. Awalnya ibunya mikir anak ini kesurupan,” kata Ketua Tim Reaksi Cepat Perlindungan Perempuan dan Anak (TRC PPA) Kalimantan Timur Rina Zainun melansir detikHealth, Senin (12/6/2023).

Anak ini positif narkoba berawal saat dia diberi air minum botol karena haus oleh tetangganya. Usai meminum air botol itu, gejala mulai bermunculan hingga hasil tes urine di Rumah Sakit Jiwa Samarinda positif narkoba.

Dari hasil penjelasan pakar farmasi dari Universitas Gadjah Mada Prof Zullies Ikawati, metamfetamin termasuk golongan yang mempengaruhi stimulan sistem saraf sehingga anak itu bisa mengalami gangguan psikosis.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Dan dapat mempengaruhi perilaku, efek yang bisa dtimbulkan antara lain gejala psikosis atau kejiwaan, seperti halusinasi, perubahan perilaku, ketakutan, lebih sensitif, atau agresif, termasuk jadi hiperaktif,” kata dia saat dihubungi detikcom Minggu (11/6).

Prof Zullies menilai hal itu tidak akan fatal jika langsung diambil tindakan. Namun, lain halnya jika dosis yang diberikan relatif tinggi.

“Jika dosisnya berlebih, ya bisa jadi fatal,” sebutnya.

Sementara itu, pemulihan masing-masing orang juga bergantung dengan kemampuan metabolismenya. Pada kasus ini, diketahui balita hanya terpapar sekali, sehingga kemungkinan pemulihannya lebih besar dan cepat.

“Yang pasti perlu diterapi sesuai dengan gejala yang muncul, sambil menunggu obatnya tereliminasi dari tubuh,” sambung dia.

“Pada prinsipnya semua obat itu bisa tereliminasi dari tubuh, hanya berbeda-beda lamanya antar obat dan antar subyek, tergantung kemampuan metabolism dan eliminasinya,” jelasnya.

 

Sumber : detik.com

 

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

6 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

6 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

6 jam ago

Bupati Humbahas Sosialisasi Pengembangan Food Estate dan TSTH2

Humbahas, Ruangpers.com - Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE, mensosialisasikan pengembangan Food Estate dan Taman…

7 jam ago

Pemkab Pakpak Bharat Serahkan Terima Hibah Pembangunan Jalan Aornakan-Pagianda-Watas NAD

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Kepala Dinas  Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Perhubungan (PUTR) Kabupaten Pakpak…

14 jam ago

Pakpak Bharat Raih WTP dari BPK atas Capaian Laporan Hasil Keuangan Tahun 2023

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat meraih Opini "Wajar Tanpa Pengecualian" (WTP) dari…

14 jam ago