Lintas Provinsi

Miris! Ibu Hamil Mau Melahirkan Terpaksa Digotong Lewati Jalan Berlumpur

Muratara, Ruangpers.com – Seorang ibu hamil harus digotong melewati jalan berlumpur di wilayah Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan, Senin (17/1/2022).

Dalam tayangan video terlihat ibu hamil terpaksa harus digotong sejumlah warga dan tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Bingin Teluk, Kecamatan Rawas Ilir melewati jalan rusak dan berlumpur tebal. Video tersebut kemudian viral di media sosial facebook.

Kepala Puskesmas Bingin Teluk, dr Hendra saat dikonfirmasi membenarkan bahwa nakes yang ada dalam video yang viral itu merupakan anak buahnya.

“Iya benar itu nakes di Puskesmas kita, video itu benar terjadi di wilayah Kecamatan Rawas Ilir (Muratara),” ujarnya, Senin (17/1/2022).

Hendra menjelaskan, nakes Puskesmas Bingin Teluk tersebut menjemput Rusmina (40) seorang ibu hamil yang hendak melahirkan menggunakan ambulans. Rusmini tinggal di Dusun 7 (Sungai Gulo), Desa Beringin Makmur II, Kecamatan Rawas Ilir, Muratara.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Iya nakes kita menjemput pasien seorang ibu hamil yang mau melahirkan dari Sungai Gulo. Yang menjemput ada dokter dan bidan,” katanya.

Namum dikarenakan akses jalan menuju dusun ibu hamil sulit dijangkau dengan kondisi jalan berlumpur dan licin, maka ambulans tidak bisa masuk.

Terlebih jalan tanah kuning tambah becek setelah diguyur hujan sehingga semakin kesulitan di lewati.

“Alhasil, ibu hamil dibawa terlebih dahulu menggunakan mobil milik warga di dusunnya lalu dipindahkan ke ambulans Puskesmas Bingin Teluk,” katanya.

Ditambahkan Hendra, saat nakes menuju lokasi kendaraan dari Puskesmas maupun dari dusun sama-sama tidak bisa lewat. Dari sana tidak bisa lewat ke sini, sehingga Rusmina digotong untuk dipindahkan ke ambulans.

“Warga menggotong ibu hamil melewati jalan berlumpur itu sekitar 10 menit perjalanan kaki untuk mencapai ambulans yang disediakan,” jelas Hendra.

Setelah dilakukan penanganan awal di Puskesmas, ternyata ibu hamil itu tidak bisa melahirkan normal sehingga dirujuk ke rumah sakit di Lubuklinggau.

“Posisi bayinya melintang, tidak normal, setelah kita lakukan penanganan awal, kemudian kita rujuk ke rumah sakit,” pungkasnya.

 

Sumber : Sindonews.com

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Polri Siap Amankan dan Sukseskan World Water Forum ke-10 di Bali

Simalungun, Ruangpers.com - Kasi Humas Polres Simalungun, AKP Verry Purba, mengumumkan, bahwa Bali akan menjadi…

3 jam ago

Saling Lapor, Polsek Siantar Barat Selesaikan Kasus Penganiayaan dengan Mediasi

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Barat melalui personil piket SPKT dan Unit Reskrim, menyelesaikan perkara…

3 jam ago

Polsek Siantar Selatan Amankan Sejumlah Senjata Tajam Saat Laksanakan KYRD

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polres Pematangsiantar melalui personil Polsek Siantar Selatan dan Koramil 03 Siantar Selatan,…

3 jam ago

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

14 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

14 jam ago

Heboh Emak-Emak Ngamuk-Tampar Polisi Berujung Dilaporkan

Makassar, Ruangpers.com - Seorang emak-emak berinisial M (43) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) marah-marah…

14 jam ago