Olahraga

Nasib Malaysia dan Thailand di Ujung Tanduk, Timnas Indonesia U-16 Mendekat ke Semifinal Piala AFF U-16 2022

Jakarta, Ruangpers.com – Nasib Timnas Malaysia U-16 dan Timnas Thailand U-16 di ujung tanduk, Timnas Indonesia U-16 mendekat ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Hasil yang didapat Malaysia dan Thailand di dua laga awal fase grup Piala AFF U-16 2022, berbeda dengan Timnas Indonesia U-16.

Skuad Garuda Asia –julukan Timnas Indonesia U-16– memenangkan dua laga awal Grup A Piala AFF U-16 2022. Setelah menang 2-0 atas Filipina, Timnas Indonesia U-16 menghancurkan Singapura 9-0!

(Timnas Indonesia U-16 selangkah lagi lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022)

Alhasil, Timnas Indonesia U-16 saat ini memuncaki klasemen sementara Grup A Piala AFF U-16 2022 dengan enam angka. Sebenarnya, koleksi enam poin milik Timnas Indonesia U-16 sama persis dengan Vietnam di posisi kedua. Namun, Timnas Indonesia U-16 unggul selisih gol ketimbang Vietnam, yakni +11 berbanding +9.

Untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia U-16 hanya butuh hasil imbang saat bertemu Vietnam di matchday pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022, Sabtu (6/8/2022) pukul 20.00 WIB. Namun, pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, menegaskan kemenangan tetap menjadi bidikan skuad Garuda Asia.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Bagaimana dengan Thailand dan Malaysia? Baik Thailand dan Malaysia sama-sama mengemas empat poin dalam dua laga awal, yang mana itu masuk kategori bagus. Namun, jika terpeleset di laga pamungkas, Thailand dan Malaysia dipastikan gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022.

Malaysia saat ini duduk di posisi puncak Grup C Piala AFF U-16 2022 dengan empat angka. Malaysia memiliki poin yang sama dengan Myanmar tempat kedua, namun mereka unggul selisih gol yakni +3 berbanding +1. Menyusul di tempat ketiga ada Kamboja dengan tiga angka.

(Posisi Timnas Malaysia U-16 belum aman untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022)

Namun, di laga terakhir fase grup yang berlangsung pada Senin 8 Agustus 2022, Malaysia bakal bertemu Australia. Benar, Australia selalu kalah dalam dua laga awal dan sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF U-16 2022.

Akan tetapi, pada Kamis 4 Agustus 2022, Federasi Sepakbola Australia baru saja menunjuk Brad Maloney sebagai pelatih Timnas Australia U-17. Bagi yang belum tahu, Brad Maloney merupakan mantan pelatih Timnas Malaysia U-19 dan U-23.

Timnas Indonesia U-16

Pengalaman menangani tim muda Malaysia, membuat Brad Maloney bisa memberikan informasi berharga kepada tim kepelatihan Timnas Australia U-16 yang sedang berjuang di Indonesia.

Jika Malaysia kalah atau imbang dari Australia dan di laga lain Myanmar vs Kamboja ada pemenangnya, skuad Harimau Muda dipastikan tersingkir. Sekadar diketahui, hanya juara grup (A, B dan C) dan satu runner-up terbaik yang diizinkan melaju ke empat besar Piala AFF U-16 2022.

Bagaimana dengan Thailand? Thailand saat ini duduk di posisi runner-up Grup B dengan koleksi empat angka, sama persis dengan Timor Leste di puncak klasemen. Skuad Gajah Perang Muda –julukan Timnas Thailand U-16– berada di posisi kedua karena kalah selisih gol dari Timor Leste, yakni +5 berbanding +10 milik sang lawan.

Untuk lolos ke semifinal, Thailand wajib mengalahkan Timor Leste dalam laga pamungkas Grup B Piala AFF U-16 2022 yang berlangsung pada Minggu, 7 Agustus 2022. Namun, faktanya takkan semudah itu.

Sebab, Timor Leste sanggup bermain 1-1 dengan Laos, tim yang juga menahan Thailand 1-1. Selain itu, Timor Leste menang 10-0 atas Brunei, sedangkan Thailand hanya menang 5-0 atas lawan yang sama.

(Timnas Thailand U-16 hanya sanggup bermain 1-1 dengan Laos)

Bisa dibilang, hanya kemenangan atas Timor Leste yang bisa meloloskan Thailand ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Jika Timor Leste vs Thailand berakhir imbang dan di laga lain Laos menang atas Brunei, nasib Thailand di ujung tanduk. Andai kondisi ini terjadi, koleksi poin Timor Leste, Thailand dan Laos sama-sama lima poin.

Alhasil, bakal dibuat klasemen mini untuk menentukan siapa juara grupnya. Berikut regulasi head-to-head di Piala AFF U-16 2022 berdasarkan pasal 12.2:

A.Poin tertinggi dari laga di antara dua tim atau lebih yang memiliki poin sama

B.Selisih gol pada laga grup yang mempertemukan tim yang poinnya sama.

C.Jumlah gol terjadi di fase grup di antara tim yang poinnya sama.

Merujuk kepada poin di atas, jika laga Timor Leste vs Thailand berakhir 0-0 dan di laga lain Laos menang tipis semisal 1-0 atas Brunei, Laos yang lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Penyebabnya karena di klasemen mini yang melibatkan tiga tim, Laos total mencetak dua gol ke gawang Timor Leste dan Thailand.

Di saat bersamaan, Timor Leste dan Thailand masing-masing hanya mencetak satu gol. Lantas, bagaimana jika laga Timor Leste vs Thailand juga sama kuat 1-1? Jika kondisi di atas terjadi, Timor Leste, Thailand dan Laos mempunyai head-to-head yang sama persis.

Alhasil, poin fair play bakal digunakan. Tim yang mendapatkan kartu paling minim bakal lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Bagaimana jika skor Timor Leste vs Thailand sama kuat 2-2? Laos dipastikan tersingkir karena mencetak gol paling sedikit di klasemen miini ketimbang Timor Leste dan Thailand.

 

Sumber : Okezone.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Nelayan di Asahan Kepergok Polisi Selundupkan 2 Kg Sabu dari Malaysia

Asahan, Ruangpers.com - Seorang nelayan bernama Ismail (37) ditangkap di perairan Kabupaten Asahan, Sumatera Utara…

7 jam ago

Polri Siap Amankan dan Sukseskan World Water Forum ke-10 di Bali

Simalungun, Ruangpers.com - Kasi Humas Polres Simalungun, AKP Verry Purba, mengumumkan, bahwa Bali akan menjadi…

10 jam ago

Saling Lapor, Polsek Siantar Barat Selesaikan Kasus Penganiayaan dengan Mediasi

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Barat melalui personil piket SPKT dan Unit Reskrim, menyelesaikan perkara…

10 jam ago

Polsek Siantar Selatan Amankan Sejumlah Senjata Tajam Saat Laksanakan KYRD

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polres Pematangsiantar melalui personil Polsek Siantar Selatan dan Koramil 03 Siantar Selatan,…

10 jam ago

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

21 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

21 jam ago