Pariwisata

Nikmati Pemandian Alam di Batu Katak Bahorok, Tempat Wisata dengan 28 Goa

Langkat, Ruangpers.com – Bagi yang ingin mencari ketenangan alam, tempat wisata di Langkat yang satu ini bisa menjadi rekomendasi.

Berlokasi di Desa Batu Katak, kecamatan Bahorok, Kabupaten langkat, Provinsi Sumatera Utara, tempat wisata di Langkat ini menawarkan beragam wisata alam, salah satuny adalah goa.

Di tempat wisata di Langkat ini, Tribunners bisa menyusuri goa dan bisa memilih pemandian batu katak.

Tempat wisata di Langkat ini jika dari Medan lama perjalanan yang dihabiskan sekitar 2-3 jam dan memiliki jarak kurang lebih 80 km.

Dengan kondisi jalan yang mulus dan letaknya tidak berjauhan dengan objek wisata bukit lawang, atau lokasi tepatnya berada dibawah bukit barisan wilayah gunung leuser.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Tempat di Langkat ini sangat cocok dikunjungi, bagi kamu yang ingin mencari ragam aktivitas alam, dan suasana asri.

Karena disini pengunjung tak hanya di suguhkan dengan area sungai yang menyejukkan, namun kita juga bisa menantang adrenalin dengan menyusuri hutan menjelajahi goa-goa yang ada di sekitar tempat ini.

Jalan menuju goa pun bervariasi mulai dari yang jarak tempuh 1 jam atau bahkan ada yang 4-5 jam tergantung goa mana yang ingin dikunjungi.

Karena ada sekitar 28 goa yang bisa dipilih untuk di telusuri, goa dengan jarak tempuh terdekat yakni ada goa Pupuk Mentar, dengan jarak tempuh 1 jam perjalanan melewati ladang dan menyusuri sungai kecil.

Estimasi biaya yang harus Tribunners keluarkan jika berkunjung kesini yakni, biaya masuk yang merogoh kocek Rp 20.000 per orang, dan biaya parkir sebesar Rp 10.000 perkendaraan untuk sepeda motor, sedangkan mobil dikenakan sebesar Rp 15.000.

Goa Jodoh, Batu Katak, Bohorok, Langkat. (Tribun Medan/ Silfa Humairah)

Nah, untuk menuju goa sendiri kita tidak bisa asal-asalan, harus menyewa pemandu jalan dengan mengocek harga Rp 40.000 per orangnya, dengag harga tersebut bisa mengunjungi dua goa sekaligus.

Bisa lebih banyak goa, sesuai permintaan pengunjung, dengan menambah harga lagi tentunya.

Tak hanya menyusuri goa, apabila ingin menikmati alam sambil melakukan kegiatan wisata yang memacu adrenalin, pihak Batu Katak juga menyediakan kegiatan rafting.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di sungai selain rafting adalah tubing, memancing, berenang, atau sekadar bermain air di tepi sungai sambil berfoto.

Sebagai bagian dari TN Gunung Leuser yang merupakan satu dari sekian banyak kawasan konservasi di Indonesia, tidak heran jika wisata Batu Katak memiliki beragam flora dan fauna.

Sambil berwisata, beberapa flora yang dapat dilihat antara lain bunga bangkai Amorphophallus titanium dan berbagai jenis anggrek.

Sementara untuk fauna, jika beruntung, wisatawan bisa melihat owa, siamang, orangutan sumatera, kambing hutan sumatera, hingga beruk dan monyet ekor panjang.

Ada cerita unik dari asal usul nama Batu katak, warga sekitar desa Batu Katak mengatakan, bahwa batu katak tercipta karena kepercayaan seorang pria pada jaman dahulu, batu katak dapat memberikan keuntungan apabila dirawat dengan baik.

Dahulunya pria tersebut bersama temannya hendak menanggok udang di sungai tersebut.

Bukannya mendapat udang ia malah 7 kali bolak-balik mendapat batu sebesar telapak tangan orang dewasa berbentuk katak dalam tanggoknya.

Akhirnya ia pun membawa batu itu pulang. Malam harinya ia bermimpi seseorang berbaju putih marah karena perlakuannya meletakkan batu menyerupai katak itu sembarangan.

Seseorang dalam mimpi itu mengatakan, bila pria itu menjaga baik-baik batu katak yang ia temukan di sungai tadi, maka akan ada banyak hal baik yang akan terjadi di desa tersebut, dahulu desa batu katak tersebut dinamakan Kampung Lama.

Setelah batu katak tersebut dipuja, banyak warga yang berantusias untuk mempercantik wilayah sungai tersebut.

Sehingga akhirnya tempat tersebut mulai menjadi tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi hingga sekarang.

Tak hanya sekadar cerita belaka, kini batu itu masih di jaga kelestariannya, konon katanya batu tersebut tak bisa dilihat sembarang orang.

Wisata batu katak ini merupakan wisata yang murah dan mudah untuk dijangkau, biasanya pengunjung akan ramai datang ke lokasi di akhir pekan. Nah, untuk itu Wisata batu katak dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu liburan.

 

Sumber : tribunnews.com

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

KPU Tetapkan 45 Anggota DPRD Asahan Terpilih, Ini Nama-namanya

Asahan, Ruangpers.com - KPU menetapkan 45 anggota DPRD Kabupaten Asahan periode 2024-2029 terpilih. Selanjutnya 45…

3 menit ago

Demo Jalan Rusak Tak Digubris, Warga Air Joman Sweeping Kantor Bupati Asahan

Asahan, Ruangpers.com - Puluhan warga di Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) merangsek…

14 menit ago

Mobil Tabrak-Seret 3 Pria di Depan Universitas Nommensen Siantar, 2 Tewas

Siantar, Ruangpers.com - Satu mobil menabrak dan menyeret tiga pria di depan Universitas Nommensen Kota…

30 menit ago

Polsek Siantar Utara Selesaikan Kasus Pencurian HP

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Personil piket SPKT Polsek Siantar Utara - Polres Pematangsiantar, selesaikan perkara pencurian…

11 jam ago

Staf Ahli Bupati Pakpak Bharat Buka Acara MTQ Kecamatan Tinada

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Gema Musabaqah Tilawatil Qur'an telah berkumandang di Kecamatan Tinada. Dusun Kuta…

11 jam ago

Perayaan Paskah Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Penuh Sukacita

Pematangsiantar, Ruangpers.com -  Pagi ini, suasana ceria dan penuh kebersamaan menghiasi Lapas Kelas IIA Pematangsiantar,…

18 jam ago