Sumut

Pelantikan Pengurus PARASI Tanggal 25 April 2021, Panitia Mantapkan Persiapan

Pematangsiantar, Ruangpers.com – Panitia pembentukan dan pelantikan pengurus Partangiangan Pomparan Raja Siponot Panjaitan (PARASI) se Kota Pematangsiantar mengadakan rapat guna memantapkan acara pelantikan, pada Selasa (20/4/2021), lalu.

Rapat dipimpin oleh ketua panitia, Edison Panjaitan dan didampingi sekretaris, St Drs Raja Hasoge Timbul Panjaitan serta bendahara, S Lumban Gaol, di Kedai Kopi Kampoeng, milik Juanda Panjaitan yang terletak di Jalan Parsoburan 12, Kelurahan Kampung Kristen, Kecamatan Siantar Selatan, Kota Pematangsiantar .

Adapun agenda rapat yaitu, menetapkan hari, tanggal jumlah tamu dan sasaran yang akan diundang, serta biaya yang dibutuhkan untuk acara pelantikan tersebut.

Panitia pelantikan Pengurus PARASI saat mempersiapkan undangan yang akan dibagikan.

Pelantikan disepakati jatuh pada hari Minggu, 25 April 2021 mendatang, di rumah Mangatas L Panjaitan, di Jalan Parsoburan dengan kapasitas undangan 250-300 orang. Dan para undangan harus mematuhi protokoler kesehatan Covid – 19.

Sedangkan biaya yang dibutuhkan, lebih kurang Rp 25 juta dan untuk menutupi biaya tersebut akan diadakan lelang gotong royong, sekaligus menambah uang kas untuk menindak lanjuti program pengurus yang terlantik nantinya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Edison Panjaitan mengatakan, bahwa dasar dan tujuan pembentukan serta pelantikan pengurus PARASI tersebut adalah agar snakin mempererat hubungan silahturahmi rasa persaudaraan diantara sesama keturunan Raja Siponot Panjaitan yang ada di Kota Pematangsiantar, dan juga saling mengenal dalam melaksanakan acara suka maupun duka. “Martapuk Bulung Marbona Sangkalan”, artinya dalam pelaksanaan acara adat istiadat dapat diketahui siapa saja keluarga inti secara garis keturunan silsilah, siapa suhut sihabolonan dan paidua ni suhut, ujar Edison.

Persiapan pelantikan Pengurus PARASI.

Timbul Panjaitan menambahkan “Dalam wadah inilah diwariskan partaromboon dan mendidik generasi meleneal agar makin mencintai menghargai budaya batak, merawat situs peninggalan leluhur yang ada di bona pasogit, menghindari penyakit sosial yang berakibat buruk terhadap dirinya maupun kepada orang lain, dan yang paling inti dalam wadah ini melaksanakan “partangiangan” untuk mengajak keluarga makin dekat berserah kepada Tuhan sesuai dengan iman  kepercayaannya masing-masing”.

Adapun jumlah anggota yang sudah terdata 300 Kepala Keluarga (KK).

Dan pengurus terpilih yang akan dilantik yaitu, ketua ML Panjaitan, wakil ketua, Edison Panjaitan, sekretaris, St Drs Raja Hasoge Timbul Panjaitan, wakil sekretaris, Sitor Panjaitan, bendahara, S Lumbal Gaol, wakil bendahara, A Hutagalung, dan ditambah dengan seksi dan koordinator sektor.

 

(red)

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Nelayan di Asahan Kepergok Polisi Selundupkan 2 Kg Sabu dari Malaysia

Asahan, Ruangpers.com - Seorang nelayan bernama Ismail (37) ditangkap di perairan Kabupaten Asahan, Sumatera Utara…

6 jam ago

Polri Siap Amankan dan Sukseskan World Water Forum ke-10 di Bali

Simalungun, Ruangpers.com - Kasi Humas Polres Simalungun, AKP Verry Purba, mengumumkan, bahwa Bali akan menjadi…

10 jam ago

Saling Lapor, Polsek Siantar Barat Selesaikan Kasus Penganiayaan dengan Mediasi

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Barat melalui personil piket SPKT dan Unit Reskrim, menyelesaikan perkara…

10 jam ago

Polsek Siantar Selatan Amankan Sejumlah Senjata Tajam Saat Laksanakan KYRD

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polres Pematangsiantar melalui personil Polsek Siantar Selatan dan Koramil 03 Siantar Selatan,…

10 jam ago

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

20 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

21 jam ago