Sumut

Pemkab Pakpak Bharat Adakan Bimbingan Kepada Para Pencari Kerja Tingkat SMA Sederajat

Pakpak Bharat, Ruangpers.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat melalui Dinas Sosial, melaksanakan penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi para pencari kerja, di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Pakpak Bharat, Senin (06/05/2024).

Kepala Dinas Sosial Pakpak Bharat, Supardi Padang, SP, MM menjelaskan, penyuluhan dan bimbingan jabatan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan para angkatan kerja dalam memasuki dunia kerja formal.

Kegiatan ini sengaja dilaksanakan guna membantu masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat yang merupakan pencari kerja/ adik-adik alumni SMA/SMK sederajat dalam memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan pemilihan pekerjaan atau jabatan sesuai dengan disiplin ilmu yang diperoleh, jelas Supardi Padang.

Masih kata Supardi Padang menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu mengedukasi para pencari kerja dalam memahami, mempersiapkan dan mengembangkan dirinya sesuai persyaratan kerja yang semikin spesifik dan dinamis, bagaimana pencari kerja untuk dapat memilih/ mengikuti program pelatihan kerja dan pekerjaan yang sesuai dengan minat pencari kerja, menginformasikan kepada masyarakat luas terkait dengan perkembangan dunia kerja yang mencakup kondisi ketenagakerjaan sektoral, regional dan nasional serta untuk merubah pola pikir/mindset para pencari kerja.

Pemkab Pakpak Bharat melalui Dinas Sosial, melaksanakan penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi para pencari kerja, di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Pakpak Bharat, Senin (06/05/2024).

Prinsip penempatan tenaga kerja adalah “The Right Man on The Right Job”, untuk bisa memenangkan persaingan di pasar kerja sektor formal, adik-adik pencari kerja harus memiliki 3 (tiga) kriteria yang dibutuhkan, yaitu kualifikasi, kemampuan dan keahlian,  ucap Kepala Dinas Sosial.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kegiatan yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Siempat Rube, SMA Negeri 1 Tinada,  dan SMK Negeri 1 Pergetteng-Getteng Sengkut ini diisi dengan penyuluhan dan bimbingan jabatan, penjelasan dan demo penggunaan aplikasi “SIAPKERJA” (Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaa) yang merupakan platform utama digital layanan publik yang bergerak  di bidang ketenagakerjaan.

Platform ini bertujuan agar masyarakat, lembaga hingga perusahaan dapat lebih mudah untuk mengakses layanan yang sudah disiapkan, jelas Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Sosial, Tumpak Boangmanalu, S.Sos saat memandu penggunaan aplikasi dimaksud.

Dinas Sosial Kabupaten Pakpak Bharat juga mengundang dan menghadirkan Kepala Cabang Medan PT. Mitra Sinergi Sukses (Bapak Ricky) yang merupakan salah satu Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) ke Negara Jepang.

Ricky, perwakilan PT. Mitra Sinergi Sukses menjelaskan informasi lapangan kerja yang tersedia di Negara Jepang, mekanisme/ proses keberangkatan yang sah, pembiayaan, gaji UMR setelah dikonversi dengan rupiah sebesar Rp. 18.000.000/bulannya, proses persiapan yang diawali dengan seleksi, serta persiapan pelatihan N5 dan N4.

 

(JB)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Nelayan di Asahan Kepergok Polisi Selundupkan 2 Kg Sabu dari Malaysia

Asahan, Ruangpers.com - Seorang nelayan bernama Ismail (37) ditangkap di perairan Kabupaten Asahan, Sumatera Utara…

2 jam ago

Polri Siap Amankan dan Sukseskan World Water Forum ke-10 di Bali

Simalungun, Ruangpers.com - Kasi Humas Polres Simalungun, AKP Verry Purba, mengumumkan, bahwa Bali akan menjadi…

5 jam ago

Saling Lapor, Polsek Siantar Barat Selesaikan Kasus Penganiayaan dengan Mediasi

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Barat melalui personil piket SPKT dan Unit Reskrim, menyelesaikan perkara…

5 jam ago

Polsek Siantar Selatan Amankan Sejumlah Senjata Tajam Saat Laksanakan KYRD

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polres Pematangsiantar melalui personil Polsek Siantar Selatan dan Koramil 03 Siantar Selatan,…

6 jam ago

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

16 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

16 jam ago