Sumut

Pemkab Pakpak Bharat Sosialisasi Penyelenggaraan Otorisasi Statistik Sektoral

Pakpak Bharat, Ruangpers.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat melaksanakan sosialisasi “Penyelenggaraan Otorisasi Statistik Sektoral”, di Aula Bale Sada Arih, Kantor Bupati Pakpak Bharat, Selasa (14/11/2023).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pakpak Bharat, Sahat Parulian Boangmanalu, S.Pd, MM menjelaskan, sosialisasi penyelenggaraan otorisasi statistik sektoral di Dinas Komunikasi dan Informatika ini berlatar belakang belum banyaknya tersedia Sumber Daya Manusia yang memahami statistik dimana konsep, defenisi dan klasifikasi yang digunakan masih belum baku sehingga kualitas data yang dihasilkan masih belum memadai.

Maka untuk itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pakpak Bharat sebagai walidata Kabupaten perlu melaksanakan kegiatan sosialisasi statistik sektoral untuk mewujudkan ketersediaan data yang berkwalitas dan mudah untuk diakses oleh pengguna data, jelas dia.

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor dalam sambutan tertulisnya yang disampaiakan oleh Sekretaris Daerah, Jalan Berutu, S.Pd, MM menjelaskan, betapa pentingnya menyediakan data yang akurat guna membantu merumuskan kebijakan pembangunan diberbagai lini sektor.

“Data ini begitu penting, yang harus kita susun sedemikian rupa, sehingga mampu memenuhi kebutuhan kita akan ketersedian sebuah informasi yang penting dan akurat. Kita harus pahami, bersama bahawa setiap perencanaan pembangunan selalu masalah data yang pertama sekali kita buka, dalam segala aspek baik pendidikan, infrastruktur, kesehatan, ekonomi dan lainnya. Ini, data ini yang harus kita benahi, meskipun menurut hemat kami mulai dari awal Kabupaten Pakpak Bharat bahwa data seperti ini belum ada, belum tersusun rapi dan tentunya ini menjadi tugas penting kita, “ungkap Bupati dalam sambutan tertulisnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sosialisasi ini dilaksanakan dengan beberapa tujuan penting diantaranya membangun sebuah basis data sebagai acuan pelaksanaan dan pedoman bagi instansi daerah dalam rangka tata kelola data, mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggung jawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakekan antar instansi pusat dan daerah, serta mendorong keterbukaan dan transparansi data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data.

Hadir sebagai pemateri dan narasumber adalah Kepala Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Pakpak Bharat, Mulikhatun bersama beberapa jajarannya.

Dalam kegiatan juga dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama menuju Satu Data Indonesia Kabupaten Pakpak Bharat oleh seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah.

 

(JB)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

6 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

6 jam ago

Heboh Emak-Emak Ngamuk-Tampar Polisi Berujung Dilaporkan

Makassar, Ruangpers.com - Seorang emak-emak berinisial M (43) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) marah-marah…

7 jam ago

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

23 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

24 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

24 jam ago