Hukum

Pendeta Tegaskan Tak Ada Gereja Dibakar Saat Tawuran Pecah di Medan

Medan, Ruangpers.com – Video berisi narasi ada gereja dibakar saat tawuran antarwarga pecah di Medan Belawan, Medan, viral. Pihak Gereja Pentakosta di Belawan menepis narasi itu.

Pendeta Gereja Pentakosta, Pdt MJ Sinaga, mengatakan memang ada bom molotov yang ditemukan di halaman gerejanya. Namun, dia mengatakan bom molotov itu bukan sengaja dilempar untuk membakar gereja.

Dia mengatakan bom molotov itu awalnya dilempar secara asal-asalan oleh para pelaku tawuran ke rumah-rumah warga. Salah satunya kemudian nyasar ke halaman gereja.

“Kami pastikan gereja kami tidak dibakar. Bom molotov itu juga bukan bom molotov yang sengaja dilempar dengan sasaran gereja,” ujar Pdt MJ Sinaga dalam keterangannya, Kamis (22/7/2021).

Dia juga memastikan aktivitas di Gereja Pentakosta tidak terganggu. Menurutnya, aktivitas saat ini berjalan normal seperti biasa.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Aktivitas di gereja kami sudah normal, bagian pintu yang sebelumnya sedikit kotor, juga sudah dicat kembali. Kami juga sudah menginfokan ke seluruh pendeta, untuk menjelaskan jika tidak ada gereja dibakar, agar tidak ada yang terpancing isu tidak benar yang menyebut jika ada gereja dibakar. Karena kami pastikan tidak ada gereja dibakar,” sebutnya.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi, juga menegaskan tak ada gereja yang dibakar seperti narasi pada video viral tersebut. Polisi juga telah menangkap provokator tawuran.

“Situasi kondusif, beberapa pelaku sebagai provokator sudah diamankan dan kita masih mendalami pelaku yang lainnya. Kita juga menyiagakan 1 peleton Brimob, Sabhara dan TNI untuk melakukan patroli lokasi tawuran dan lokasi lainnya yang dianggap rawan tawuran dan akan kita tindak tegas jika kembali terulang,” ujar Hadi.

Sebelumnya, beredar video berdurasi 4 menit 18 detik yang menunjukkan Kapolsek Belawan, Kompol Daniel, sedang berada di sekitar lokasi tawuran. Video itu diunggah oleh akun Facebook bernama Maya Simanjuntak.

“Ngapain bapak di sini berdiri? Ngapain berdiri sendiri kalian? Apa tindakan? Ini kapolsek. Foto, saya foto. Saya pengacara Poltak Tampubulon. Apa yang kalian lakukan? Masa berdiri aja? Amankan sana,” teriak perekam video.

“Yang berdiri siapa Pak?” balas Kapolsek Belawan.

“Ya ini buktinya. Itu gereja massa bakar,” kata perekam video.

“Saya sudah ke depan tadi. Saya kena serang juga,” ujar Daniel.

Polda Sumut telah menjelaskan soal video itu. Menurut Polda Sumut, Daniel sedang menunggu bantuan karena melihat jumlah personel tidak sebanding dengan massa yang tawuran.

“Yang mungkin tidak dipahami oleh masyarakat. Tetapi yang jelas Kapolsek dengan anggota beberapa datang itu sudah berusaha untuk melerai sebenarnya. Hanya saja pada saat dia datang itu jumlah kekuatannya tidak sebanding dengan jumlah massa yang terlibat tawuran,” ujar Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi.

Baca Juga : 6 Pelaku Tawuran Berujung Penjarahan di Medan Ditangkap Polisi, Ada Anak 14 Tahun

Tawuran antarwarga itu terjadi di Medan Belawan, Medan, Rabu (21/7) dini hari. Aparat gabungan dari TNI dan Kepolisian yang datang ke lokasi kemudian membubarkan tawuran warga yang terjadi saat PPKM darurat masih diterapkan di Medan.

“Benar. Kapolres, saya dan pejabat Polres langsung turun ke TKP (tempat kejadian perkara),” kata Wakapolres Belawan, Kompol Herwansyah, saat dimintai konfirmasi.

“Dibantu dengan Marinir dapat kita bubarkan,” tuturnya.

 

Sumber : detik.com

 

 

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

4 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

4 jam ago

Heboh Emak-Emak Ngamuk-Tampar Polisi Berujung Dilaporkan

Makassar, Ruangpers.com - Seorang emak-emak berinisial M (43) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) marah-marah…

4 jam ago

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

21 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

21 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

21 jam ago