Pendidikan

Pengumuman PPDB Online Semrawut, Ombudsman Sumut Minta Dinas Pendidikan Tanggung Jawab

Medan, Ruangpers.com – Pengumuman seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online Sumatera Utara 2021 menuai protes dari orang tua siswa khususnya dari jalur prestasi. Karena itu, Ombudsman perwakilan Sumut meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut untuk bertanggung jawab terkait permasalahan tersebut.

Kepala Ombudsman Perwakilan Sumut Abyadi Siregar meminta Disdik Sumut untuk mengumumkan PPDB jalur prestasi secara transparan agar orang tua dan calon siswa bisa mengetahui hasil yang diperoleh.

“Ya, seharusnya memang pengumuman PPDB jalur prestasi itu, harus transparan. Nilai yang lulus harus di-publish. Sehingga semua calon siswa bisa melihat semua nilai yang lulus dan berapa nilai terendah yang tidak lulus,” kata Abyadi Siregar, Selasa (22/6/2021).

Abyadi mengatakan Ombudsman Sumut sebelumnya sudah mengingatkan kendala dan potensi permasalahan pengumuman hasil PPDB online ke Disdik Sumut. Sebelumnya, pihaknya turun langsung ke Disdik Sumut dan memberikan rekomendasi terkait kendala aplikasi yang bermasalah.

“Kesalahan Disdik sebagai penyelenggara PPDB, jangan ditimpakan kepada calon peserta didik. Jangan karena kesalahan aplikasi yang menjadi tanggung jawab Disdik, tapi calon peserta didik yang disalahkan,” ucapnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Abyadi mengatakan ada dugaan proses perankingan PPBD tidak transparan karena kerusakan aplikasi. Kondisi ini membuat calon peserta siswa dirugikan sehingga Disdik Sumut harus bertanggung jawab.

“Kekalahan (tidak lulus) siswa akibat aplikasi yang rusak, harus menjadi tanggung jawab disdik. Jadi, jangan menyalahkan calon peserta didik,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, panitia PPDB online 2021 Sumut telah mengumumkan hasil seleksi dari tiga jalur hasil seleksi yakni afirmasi, prestasi dan jalur perpindahan orang tua. Namun proses seleksi hingga hasilnya, menuai polemik.

Puluhan orang tua calon siswa kembali mendatangi kantor Disdik Sumut. Kedatangan mereka untuk memprotes hasil seleksi jalur prestasi yang dinilai tidak objektif dan transparan.

Binsar M Simatupang, orang tua siswa yang hadir di Aula Amir Hamzah gedung Disdik Sumut mengatakan, kedatangan mereka untuk meminta pihak dinas  transparan dan membuka nilai hasil seleksi siswa pada jalur prestasi.

“Saya atau mungkin seluruh orang tua yang hadir dalam ruangan ini akan legowo menerima kalau anak kami itu kalah dari segi prestasi. Kami hanya butuh penjelasan dari pihak dinas,” kata Binsar saat ditemui di kantor Dinas Pendidikan Sumut, Senin (21/6/2021).

 

Sumber : iNews.id

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

KPU Tetapkan 45 Anggota DPRD Asahan Terpilih, Ini Nama-namanya

Asahan, Ruangpers.com - KPU menetapkan 45 anggota DPRD Kabupaten Asahan periode 2024-2029 terpilih. Selanjutnya 45…

18 jam ago

Demo Jalan Rusak Tak Digubris, Warga Air Joman Sweeping Kantor Bupati Asahan

Asahan, Ruangpers.com - Puluhan warga di Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) merangsek…

18 jam ago

Mobil Tabrak-Seret 3 Pria di Depan Universitas Nommensen Siantar, 2 Tewas

Siantar, Ruangpers.com - Satu mobil menabrak dan menyeret tiga pria di depan Universitas Nommensen Kota…

19 jam ago

Polsek Siantar Utara Selesaikan Kasus Pencurian HP

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Personil piket SPKT Polsek Siantar Utara - Polres Pematangsiantar, selesaikan perkara pencurian…

1 hari ago

Staf Ahli Bupati Pakpak Bharat Buka Acara MTQ Kecamatan Tinada

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Gema Musabaqah Tilawatil Qur'an telah berkumandang di Kecamatan Tinada. Dusun Kuta…

1 hari ago

Perayaan Paskah Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Penuh Sukacita

Pematangsiantar, Ruangpers.com -  Pagi ini, suasana ceria dan penuh kebersamaan menghiasi Lapas Kelas IIA Pematangsiantar,…

1 hari ago