Pariwisata

Pesona Keindahan Batu Termanu di Pulau Rote, Aneh Kerap Berpindah Tempat

Jakarta, Ruangpers.com – Menjelajahi wisata di Nusa Tenggara Timur (NTT) belum lengkap tanpa mengunjungi Kepulauan Rote. Pulau Rote merupakan pulau terbesar dan memiliki banyak penduduk. Pulau ini juga terkenal memiliki berbagai destinasi wisata.

Salah satunya Batu Termanu yang eksotis. Objek wisata ini memiliki dua bongkahan batu yaitu Batu Hun dan Batu Suelai.

Mengutip melalui Instagram @aqilavviv, Jumat (16/4/2021), Batu Termanu memiliki cerita mitos yaitu Batu Termanu Sualai adalah batu rejeki bagi penduduk Rote Ndao.

Puncak Batu Termanu Sualai merupakan tempat pemujaan bagi warga Rote Tengah.

“Menurut cerita rakyat, batu ini dahulunya sering berpindah-pindah mengelilingi Pulau Rote dan ketika tiba di Rote Tengah, batu ini berhenti karena ritual adat untuk menyambut kedatangannya sangat disenangi oleh penunggu batu ini,” tulis Instagram @aqilavviv.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ada dua batu di sini, satu jenis pria yang berada di pinggir Pantai Lely dan satu jenis wanita terletak di sebelah kanan agak ke dalam laut.

Mulanya, Batu Termanu ini dari Vietnam pindah ke Maluku, suatu ketika pindah ke Rote Barat Laut Oelaba lalu berpindah lagi ke Termanu, Rote Tengah.

“Karena keadaan seperti itu maka orang Rote menganggap sebagai Batu Kramat di mana para tetua adat sering berdoa di kaki batu untuk memohon turunnya hujan. Batu Termanu ini salah satu spot yang wajib banget kalian kunjungi karena bener-bener keren banget viewnya jaraknya hanya 15km dari kota Ba’a,” tulis akun @aqilavviv.

Lantas, apa saja keunikan dan keindahan Batu Termanu yang terkenal di kalangan wisatawan ini? Berikut ulasannya:

1.Mitos

Batu Termanu Sualai dianggap sebagai batu rejeki, karena dipercaya dapat menurunkan hujan menurut penduduk Rote Ndao. Dalam cerita rakyat batu ini dahulunya sering berpindah-pindah mengelilingi Pulau Rote dan ketika tiba di Rote Tengah, batu ini berhenti karena ritual adat untuk menyambut kedatangannya sangat disenangi oleh penunggu batu ini.

2.Keunikan

Ada dua batu di sini, satu jenis pria yang berada di pinggir Pantai Lely dan satunya lagi wanita terletak di sebelah kanan agak ke dalam laut. Mulanya Batu Termanu ini dari Vietnam pindah ke Maluku, ketika pindah ke Rote Barat Laut Oelaba lalu berpindah lagi ke Termanu, Rote Tengah.

Karena keadaan seperti itu maka orang Rote menganggap sebagai Batu Kramat dimana para tetua adat sering berdoa.

3.Lokasi

Batu Termanu terletak di wilayah Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sedangkan secara geografis, berada di sebelah timur Ba’a, Ibu Kota Pulau Rote.

4.Rute

Dari Jakarta atau kota lain kita bisa terbang dulu ke Kupang. Ada beberapa maskapai yang melayani rute ini, lalu langsung transit di Denpasar. Dari pusat kota atau bandara di Kupang naik kendaraan ke Pelabuhan Tenau sekitar 30 menit. Kemudian dari Pelabuhan Tenau menyeberang ke Pulau Rote dengan kapal cepat. Perjalanan laut  kurang lebih 2,5 jam. Kapal merapat di ibu kota Kabupaten Rote, yaitu Kota Ba’a. Dari Ba’a ke Batu Termanu berkendara selama 30 menit.

5.Instagramable

Buat yang gemar fotografi dan ingin mencari destinasi, wisata Rote cocok untuk dijadikan spot berburu foto. Batu Termanu memiliki kondisi geografis yang menarik dan pemandangan eksotis yang akan memanjakan lensa kamera milikmu. Mulai dari ekosistem hutan dan juga padang yang mengering layaknya daratan Afrika dan juga pantai indah bisa ditemukan di Batu Termanu.

 

Sumber : iNews.id

 

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

KPU Tetapkan 45 Anggota DPRD Asahan Terpilih, Ini Nama-namanya

Asahan, Ruangpers.com - KPU menetapkan 45 anggota DPRD Kabupaten Asahan periode 2024-2029 terpilih. Selanjutnya 45…

24 jam ago

Demo Jalan Rusak Tak Digubris, Warga Air Joman Sweeping Kantor Bupati Asahan

Asahan, Ruangpers.com - Puluhan warga di Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) merangsek…

24 jam ago

Mobil Tabrak-Seret 3 Pria di Depan Universitas Nommensen Siantar, 2 Tewas

Siantar, Ruangpers.com - Satu mobil menabrak dan menyeret tiga pria di depan Universitas Nommensen Kota…

1 hari ago

Polsek Siantar Utara Selesaikan Kasus Pencurian HP

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Personil piket SPKT Polsek Siantar Utara - Polres Pematangsiantar, selesaikan perkara pencurian…

1 hari ago

Staf Ahli Bupati Pakpak Bharat Buka Acara MTQ Kecamatan Tinada

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Gema Musabaqah Tilawatil Qur'an telah berkumandang di Kecamatan Tinada. Dusun Kuta…

1 hari ago

Perayaan Paskah Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Penuh Sukacita

Pematangsiantar, Ruangpers.com -  Pagi ini, suasana ceria dan penuh kebersamaan menghiasi Lapas Kelas IIA Pematangsiantar,…

2 hari ago