Hukum

Pihak Bharada E Harap Rekonstruksi Tunjukkan Sambo Sebagai Pemberi Perintah

Jakarta, Ruangpers.com – Bharada Richard Eliezer atau Bharada E bakal memperagakan langsung pembunuhan Brigadir J dalam rekonstruksi yang akan digelar Polri. Pengacara Bharada E, Ronny Talapessy, berharap rekonstruksi dapat memperlihatkan Bharada E diperintah oleh Ferdy Sambo.

“Harapan saya dengan adanya rekonstruksi itu, bahwa peran klien saya sebenarnya melaksanakan perintah dalam perkara penembakan Brigadir J,” ujar Ronny saat dihubungi, Sabtu (27/8/2022).

Terlebih menurut Ronny hal ini sesuai dengan keterangan kliennya dalam BAP. Ronny juga berharap rekonstruksi dapat membuat kasus semakin terang.

“Apalagi harapan itu sesuai dengan keterangan Bharada E yang sudah dituangkan dalam BAP. Juga secara terbuka telah menyampaikan semua dan fakta sehingga kasus ini terbuka dan bahwa Bharada E melaksanakan perintah dan tidak terlibat perencanaan pembunuhan. Semoga rekonstruksi besok membuat semakin terang perkara ini,” tuturnya.

Ronny menyebut pihaknya akan mendampingi Bharada E dalam rekonstruksi. Ia menyebut hal ini untuk menjaga Bharada E agar tidak merasa tertekan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Pengacara juga akan menemani agar intinya dia nggak akan tertekan. Kita akan tanyakan teknisnya bagaimana dengan Penyidik dan LPSK,” ujar Ronny.

Bharada E sendiri sebelumnya disebut tidak mau bertemu secara langsung dengan Ferdy Sambo. Namun Ronny memastikan kliennya akan kooperatif dalam mengikuti rekonstruksi tersebut.

“Bahwa secara hukum bahwa rekonstruksi adalah kewenangan penyidik, sehingga bukan dalam posisi bersedia atau bukan. Bahwa ketika penyidik meminta rekonstruksi setiap pihak wajib kooperatif kecuali yang sudah meninggal akan digantikan peran pengganti,” ujarnya.

Sambo dan Bharada E akan Bertemu Langsung di Rekonstruksi

Diketahui, Polri akan menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Rencananya Bharada Richard Eliezer atau Bharada E bakal memperagakan langsung pembunuhan Brigadir J dalam rekonstruksi tersebut.

“(Bharada E) kalau rekonstruksi info dari penyidik dapat dihadirkan (langsung),” kata Kadiv Humas Irjen Dedi Prasetyo saat dihubungi, Sabtu (27/8).

Rekonstruksi pembunuhan Brigadir J akan dilaksanakan pada Selasa (30/8) besok. Kehadiran langsung Bharada E di rekonstruksi bertujuan agar Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendapatkan gambaran fakta di TKP.

Baca Juga : Dicecar 80 Pertanyaan, Putri Candrawathi Tetap Ngotot Jadi Korban Pelecehan Seksual Brigadir J

“(Kehadiran langsung Bharada E) agar JPU mendapat gambaran fakta di TKP,” jelasnya.

Tak hanya Bharada E, lanjut Dedi, empat tersangka lainnya yakni Irjen Ferdy Sambo dan istrinya Putri Chandrawathi, Bripka Ricky Rizal atau RR, dan Kuat Ma’ruf juga turut dihadirkan.

 

Sumber : detik.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Wakapolres Hadiri Pelantikan Anggota PPK Se – Kota Pematangsiantar

Pematangsiantar, Ruangpers.com – Kapolres diwakili Wakapolres Pematangsiantar, Kompol Ahmad Wahyudi, hadiri pelantikan Anggota Panitia Pemilihan…

4 jam ago

Polsek Siantar Utara Ringkus DPO Pelaku Bongkar Rumah Karyawan BUMN

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Utara berhasil mengamankan Daftar Pencarian Orang (DPO), pelaku pembongkaran rumah…

5 jam ago

Polsek Siantar Martoba Amankan Pencuri Dompet dan HP, Pelaku Tak Berkutik Dikepung Warga

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Martoba yang dipimpin Kanit Reskrim, AIPTU Ricardo Rajagukguk, mengamankan pelaku…

5 jam ago

Tim Panelis Provsu Apresiasi Penurunan Stunting di Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com - Tim Penilai dan Panelis Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sumatera Utara, apresiasi…

7 jam ago

Pohon Tumbang Timpa Kantor Desa dan 3 Rumah Warga di Toba, Rusak Parah Bagian Atap

Toba, Ruangpers.com - Pohon tumbang menimpa empat bangunan rumah warga di Desa Jangga Toruan, Kecamatan…

7 jam ago

Menangis, Azlan Ngaku Diperintah Senior di KPU-Bawaslu hingga Di-OTT Polda

Medan, Ruangpers.com - Tangis anggota Bawaslu Medan nonaktif, Azlansyah, pecah saat mengikuti sidang dengan agenda…

7 jam ago