Hukum

Polda Sumut Klaim Temukan Ladang Ganja Terbesar di Indonesia di Madina

Madina, Ruangpers.com – Polda Sumut mengklaim menemukan ladang ganja terbesar di Indonesia seluas 150 hektare. Ladang ganja itu tersebar di 18 titik di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut).

Klaim tersebut disampaikan oleh Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi dalam keterangan yang diterima SuaraSumut.id, Senin (13/11/2023).

“Ini merupakan ladang ganja terbesar di Indonesia yang ditemukan aparat kepolisian dalam perang pemberantasan narkoba,” kata Agung.

Penemuan ladang ganja itu merupakan hasil pengembangan dari penangkapan tiga kurir asal Padang, Sumatera Barat (Sumbar), berinisial FHM (18), FR (23), dan FE (16).

Mereka ditangkap saat membawa 15 kg ganja di jalan umum Desa Gunung Baringin, Penyabungan Timur, Kabupaten Madina, Rabu 1 November 2023.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Ganja tersebut diletakkan di bagian belakang mobil yang mereka tumpangi,” ungkap Agung.

Agung mengatakan ketiga kurir ini mengaku diperintahkan membawa 15 kg ganja oleh narapidana kasus narkoba yang mendekam di Lapas Kelas IIA Padang.

“Inilah pengendalinya, berinisial ZR alias Kijok,” ucapnya.

Petugas juga menangkap pemilik lahan yang digunakan untuk menanam ganja berinisial GN warga Huta Bangun.

Pihak kepolisian kemudian mengembangkan keberadaan ladang ganja di sekitar Kabupaten Madina. Hasilnya, ditemukan 18 titik ladang ganja yang tersebar pada 150 hektare.

Ladang ganja itu tersebar di 10 titik berbeda di Desa Rao-rao, Penyabungan Timur, Kabupaten Madina. Kemudian 8 titik ladang ganja siap panen berada di Desa Huta Tua, Penyabungan Timur.

“Hingga Minggu sudah 9 titik ladang ganja yang dimusnahkan. Masih ada 9 titik lagi harus dimusnahkan di lokasi,” katanya.

 

Sumber : Suara.com

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Lahan Ganja 5 Hektare di Madina Dideteksi dari Teknologi Milik BRIN

Medan, Ruangpers.com - Pihak kepolisian menemukan dan memusnahkan ladang ganja seluas lima hektare di Kabupaten…

17 menit ago

Polsek Siantar Marihat Edarkan Himbauan agar Anak – Anak Tidak Terlibat Tawuran dan Kenakalan Ramaja

Pematangsiantar, Ruangpers.com  - Polsek Siantar Marihat - Polres Pematangsiantar mengedarkan himbauan agar anak - anak…

29 menit ago

Jari Putus Dibegal, Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Masuk Bintara Polri

Pematangsiantar, Ruangpers.com – Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, memberikan penghargaan kepada calon siswa Bintara Polri…

40 menit ago

Wakapolres Hadiri Pelantikan Anggota PPK Se – Kota Pematangsiantar

Pematangsiantar, Ruangpers.com – Kapolres diwakili Wakapolres Pematangsiantar, Kompol Ahmad Wahyudi, hadiri pelantikan Anggota Panitia Pemilihan…

10 jam ago

Polsek Siantar Utara Ringkus DPO Pelaku Bongkar Rumah Karyawan BUMN

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Utara berhasil mengamankan Daftar Pencarian Orang (DPO), pelaku pembongkaran rumah…

11 jam ago

Polsek Siantar Martoba Amankan Pencuri Dompet dan HP, Pelaku Tak Berkutik Dikepung Warga

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Martoba yang dipimpin Kanit Reskrim, AIPTU Ricardo Rajagukguk, mengamankan pelaku…

11 jam ago