Sumut

Polsek Parapat dan Unsur Forkopimca Girsang Sipangan Bolon Buktikan Berita Hoax Perjudian

Simalungun, Ruangpers.com – Menanggapi informasi hoax yang disebarkan oleh Persada Bhayangkara Sembiring melalui media online miliknya, Polsek Parapat – Polres Simalungun bersama dengan Unsur Forkopimca Kecamatan Girsang Sipangan Bolon melakukan patroli skala besar, pada Sabtu (23/3/2024), mulai pukul 10:00 WIB hingga selesai.

Kegiatan sambang dan patroli ini dilaksanakan di beberapa lokasi, antara lain Huta Sidallogan Nagori Sipangan Bolon Mekar, Huta Sidasuhut Nagori Sipangan Bolon Mekar, dan Girsang II Kelurahan Girsang, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun.

Patroli ini merupakan respons dari informasi yang menyebar luas tentang maraknya perjudian togel di wilayah tersebut. Dalam kegiatan ini, personel Polsek Parapat yang dipimpin oleh Kanit Reskrim IPDA Ivan Purba, S.H., serta tim, melakukan pemeriksaan dan memberikan arahan serta himbauan kepada warga mengenai dampak negatif perjudian.

Dalam patroli yang berlangsung di bulan puasa ini, Bhabinkamtibmas juga mengajak warga untuk hidup rukun dan saling menjaga ketertiban umum. Masyarakat dihimbau untuk melapor kepada aparat berwajib jika menemukan gangguan keamanan.

Hasil dari kegiatan patroli dan sambang ini adalah tidak adanya temuan terkait praktik perjudian di wilayah Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, membantah klaim berita yang disebarkan oleh Persada Bhayangkara Sembiring.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kegiatan ini diikuti personel Polsek Parapat, termasuk IPDA Ivan Purba, S.H., IPDA D.M.T. Sinaga, AIPTU M. Sinaga, AIPDA Adi Sinaga, BRIPKA K. Sinaga, dan BRIGADIR A. Ginting, yang semuanya mendapatkan apresiasi atas dedikasi dan upaya mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Kapolsek Parapat, AKP Jonni Silalahi, S.H., menegaskan, bahwa kegiatan patroli ini adalah bentuk komitmen kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta memastikan informasi yang beredar di masyarakat adalah informasi yang akurat.

“Kami benar-benar merasa lega dengan hasil kegiatan patroli yang dilakukan Polsek Parapat bersama Forkopimca,” ujar Pak Hutasoit, salah satu warga Simpangan Bolon Mekar.

Menurutnya, berita yang menyebut adanya praktik perjudian di wilayahnya adalah salah, dan telah menciptakan kekhawatiran di kalangan masyarakat.

“Saya berharap bahwa Persada Bhayangkara Sembiring dapat mengambil pelajaran dari kejadian ini dan menjadi wartawan yang lebih bertanggung jawab. Informasi yang disebarkan haruslah yang benar dan bisa dipercaya, bukan membuat masyarakat resah dengan informasi bohong,”katanya.

Warga setempat mengucapkan terima kasih kepada Polsek Parapat dan seluruh tim yang telah melaksanakan patroli dan memastikan keamanan di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

Mereka merasa lebih aman dan nyaman berkat upaya kepolisian dalam mengungkap kebenaran dan membantah berita hoax tersebut.

Apresiasi juga disampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran kegiatan ini, sekaligus mengedepankan informasi yang akurat bagi masyarakat.

Kegiatan ini menjadi contoh penting akan pentingnya verifikasi informasi sebelum disampaikan atau dibagikan kepada publik. Masyarakat diharapkan menjadi lebih bijak dalam menerima informasi dan selalu mencari kebenaran dari sumber yang kredibel.

Dengan kondisi cuaca yang cerah, kegiatan berlangsung lancar dan menghasilkan dampak positif serta menumbuhkan rasa kebersamaan dan gotong royong di kalangan masyarakat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

 

(rel)

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

6 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

6 jam ago

Heboh Emak-Emak Ngamuk-Tampar Polisi Berujung Dilaporkan

Makassar, Ruangpers.com - Seorang emak-emak berinisial M (43) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) marah-marah…

7 jam ago

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

23 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

24 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

24 jam ago